Cinta NKRI

Bang Pitung • 29 Agustus 2020
di grup Masjid Astra

"TABLIGH AKBAR KEMERDEKAAN"

Kajian Online Interaktif Masjid Astra
AHAD, 16 Agustus 2020

? Nara Sumber :
"Ustadz Dr. Firanda Andirja, Lc. MA."

?  ~ CINTA NKRI ~

Dalam rangka untuk merenungkan tentang nikmat yang Allah subhanahu wata'alaa berikan kepada kita kaun muslimin terutama di Tanah Air Indonesia,
- nikmat kemerdekaan
- nikmat ketentraman dan keamanan
- nikmat kita bisa beribadah dengan mudah di tanah air kita.

Kita bandingkan dengan sebagian negara-negara Islam di sana yang mereka mengalami hal-hal yang tidak disukai,
- kekacauan dan tidak ada kemanan
- sulitnya beribadah dengan tenang
- aktivitas dunia yang sulit mereka kerjakan karena ada kekacauan.

Oleh karena nikmat kita yang ada di Tanah Air harus kita syukuri.

Kita mungkin bertanya apakah mencintai Tanah Air Indonesia merupakan suatu ibadah atau bukan..?
Harus ada penjelasan secara Syar'i.

》Kapan mencintai Tanah Air adalah suatu ibadah
》Kapan mencintai tanah air bukanlah suatu ibadah bahkan bisa menjadi maksiat kepada Allah subhanahu wata'alaa.

◆ Mencintai / Mahabbah.

Dibagi menjadi 2, yaitu:
1. Mencintai yang disyari'atkan.
2. Mencintai karena tabi'at manusia.

1️⃣ Cinta yang disyari'atkan.

Contohnya :
- Cinta kepada Allah subhanahu wata'ala.
- Cinta kepada Rasulullaah shalallahu'alaihi wasallam.
- Cinta kepada Syari'at2 Allah subhanahu wata'alaa.

2️⃣ Cinta karena Tabi'at.

Ini merupakan dasar tabi'at manusia, seperti cinta kepada :
- hidup
- diri sendiri
- keluarga
- harta
- Tanah Air

Seperti dalam Quran Surat At-Taubah :

◆ Delapan perkara yang dicintai seseorang secara tabi'at :
1. Bapak-bapak atau Orang tua
2. Anak-anak
3. Saudara-saudara
4. Istri - suami
5. Kerabat
6. Harta yang kalian usahakan
7. Perdagangan yang kalian khawatir kerugiannya
8. Tempat tinggal

▶️ Dalil-dalil yang dari Al-Quran :

▪️QS At-Taubah : 24

 قُلْ إِن كَانَ ءَابَآؤُكُمْ وَأَبْنَآؤُكُمْ وَإِخْوَٰنُكُمْ وَأَزْوَٰجُكُمْ وَعَشِيرَتُكُمْ وَأَمْوَٰلٌ ٱقْتَرَفْتُمُوهَا وَتِجَٰرَةٌ تَخْشَوْنَ كَسَادَهَا وَمَسَٰكِنُ تَرْضَوْنَهَآ أَحَبَّ إِلَيْكُم مِّنَ ٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦ وَجِهَادٍ فِى سَبِيلِهِۦ فَتَرَبَّصُوا۟ حَتَّىٰ يَأْتِىَ ٱللَّهُ بِأَمْرِهِۦ ۗ وَٱللَّهُ لَا يَهْدِى ٱلْقَوْمَ ٱلْفَٰسِقِينَ 

"Katakanlah: "jika bapa-bapa, anak-anak, saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai dari Allah dan Rasul-Nya dan dari berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya". Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik.
[QS. At-Taubah : 24]

Di sini termasuk tempat tinggal, dan cinta Tanah Air pada dasar hukum asalnyatermasuk cinta tabi'at.

▪️QS An-Nisa' : 66

وَلَوْ أَنَّا كَتَبْنَا عَلَيْهِمْ أَنِ اقْتُلُوا أَنْفُسَكُمْ أَوِ اخْرُجُوا مِنْ دِيَارِكُمْ مَا فَعَلُوهُ إِلَّا قَلِيلٌ مِنْهُمْ ۖ وَلَوْ أَنَّهُمْ فَعَلُوا مَا يُوعَظُونَ بِهِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ وَأَشَدَّ تَثْبِيتًا

"Dan sesungguhnya kalau Kami perintahkan kepada mereka: "Bunuhlah dirimu atau keluarlah kamu dari kampungmu", niscaya mereka tidak akan melakukannya kecuali sebagian kecil dari mereka. Dan sesungguhnya kalau mereka melaksanakan pelajaran yang diberikan kepada mereka, tentulah hal yang demikian itu lebih baik bagi mereka dan lebih menguatkan (iman mereka)."

Maksudnya:
Allah mengatakan kalau seseorang dibebani untuk keluar dari negrinya maka itu adalah perkara yg berat, tdk ada yg bisa melakukan kecuali cuma sedikit.
Itu menunjukan bahwasanya cinta kepada negri adalah perkara Thobi'i yang sangat wajar, cinta tempat tinggalnya, tanah kelahirannya. 

▪️ QS Al-Baqarah : 246

 أَلَمْ تَرَ إِلَى ٱلْمَلَإِ مِنۢ بَنِىٓ إِسْرَٰٓءِيلَ مِنۢ بَعْدِ مُوسَىٰٓ إِذْ قَالُوا۟ لِنَبِىٍّ لَّهُمُ ٱبْعَثْ لَنَا مَلِكًا نُّقَٰتِلْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ ۖ قَالَ هَلْ عَسَيْتُمْ إِن كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلْقِتَالُ أَلَّا تُقَٰتِلُوا۟ ۖ قَالُوا۟ وَمَا لَنَآ أَلَّا نُقَٰتِلَ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ وَقَدْ أُخْرِجْنَا مِن دِيَٰرِنَا وَأَبْنَآئِنَا ۖ فَلَمَّا كُتِبَ عَلَيْهِمُ ٱلْقِتَالُ تَوَلَّوْا۟ إِلَّا قَلِيلًا مِّنْهُمْ ۗ وَٱللَّهُ عَلِيمٌۢ بِٱلظَّٰلِمِينَ 

"Apakah kamu tidak memperhatikan pemuka-pemuka Bani Israil sesudah Nabi Musa, yaitu ketika mereka berkata kepada seorang Nabi mereka: "Angkatlah untuk kami seorang raja supaya kami berperang (di bawah pimpinannya) di jalan Allah". Nabi mereka menjawab: "Mungkin sekali jika kamu nanti diwajibkan berperang, kamu tidak akan berperang". Mereka menjawab: "Mengapa kami tidak mau berperang di jalan Allah, padahal sesungguhnya kami telah diusir dari anak-anak kami?". Maka tatkala perang itu diwajibkan atas mereka, merekapun berpaling, kecuali beberapa saja di antara mereka. Dan Allah Maha Mengetahui siapa orang-orang yang zalim."

Maksudnya :
Mereka berkata kepada Nabi mereka bahwa mereka tetap akan berjihad walaupun mereka sudah terusir dari negrinya.
Yang membuat mereka tetap semangat untuk ikut berperang dijalan Allah adalah karena mereka terusir dari negri mereka.
Ini menunjukan bahwa cinta kepada negri itu adalah sesuatu yang besar didalam hati seseorang.

▪️QS Mumtahanah : 8

لَا يَنۡهٰٮكُمُ اللّٰهُ عَنِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يُقَاتِلُوۡكُمۡ فِى الدِّيۡنِ وَلَمۡ يُخۡرِجُوۡكُمۡ مِّنۡ دِيَارِكُمۡ اَنۡ تَبَرُّوۡهُمۡ وَ تُقۡسِطُوۡۤا اِلَيۡهِمۡ‌ؕ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الۡمُقۡسِطِيۡنَ‏

"Allah tidak melarang kamu berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tidak memerangimu dalam urusan agama dan tidak mengusir kamu dari kampung halamanmu. Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berlaku adil."

Maksudnya :
Ada orang2 non muslim tidak mengusir kita dari negri kita, tidak memerangi kita, maka kita berbuat baik kepada mereka.
Ini juga tentang hal yang tidak disukai jika keluar dari negri.

▶️ Dalil-Dalil yang dari Hadist.

▪️Ketika Nabi shalallahu'alaihi wasallam awal didatangi malaikat jibril, kemudian Nabi shalallahu'alaihi wasallam merasa khawatir dengan dirinya, kemudian Beliau turun dari gua Hira dan pulang ketemu Khadijah, kemudian Khadijah menenangkan Nabi shalallahu'alaihi wasallam dengan membawanya menemui Waraqah Bin Naufal. Dan Nabi menceritakan kejadian di Gua Hira. Dan Waraqah berkata bahwa orang2 Quraisy akan mengganggu, memusuhi Nabi shalallahu'alaihi wasallam.
Ketika Nabi mendengar ucapan ini Nabi masih terdiam.
Ketika Waraqah mengatakan bahwasanya Nabi akan di usir dari Mekkah, ketika itu Nabi langsung komentar.

Kata Nabi :
"Apakah mereka akan mengusirku..?
(Ini menyatakan bahwasanya ini berat bagi Nabi, cinta kepada negri adalah sesuatu yang thobi'i)

Ketika Nabi shalallahu'alaihi wasallam keluar dari Kota Mekkah, 
Nabi shalallahu'alaihi wasallam mengatakan :
"Wahai kota Mekkah, engkau adalah negri yang paling dicintai oleh Allah, negri yang terbaik di sisi Allah subhanahu wata'alaa. Kalau bukan kaummu mengusirku, aku tidak akan pergi keluar dari kota Mekkah."

Nabi diuji dengan : 
- meninggalkan kampung halaman, 
- meninggalkan satu kota yang sangat dicintai,
- meninggalkan satu kota yang sungguh banyak kenangan indah bersama istri dan anak2nya dan keluarganya,

=》Inilah kenapa mereka disebut kaum MUHAJIRIN :
"Meninggalkan kampung halaman karena Allah subhanahu wata-alaa."

Ketika tiba di kota Madinah, Nabi berdoa agar bisa mencintai kota Madinah.

◆ Nabi shalallahu'alaihi wasallam berdoa:
"Ya Allah anugrahkanlah kepadaku untul cinta kepada kota Madinah, sebagaimana cinta kami kepada kota Mekkah atau lebih dari pada cinta kami kepada kota Mekkah."

Maka Allah mengabulkan, dan Nabi sahalallahu'alaihi wasallam akhirnya sangat cinta kepada Kota Madinah.

▪️Hadist Shahih Bukhori dari Annas bin Malik radhiallahu'anhu.

Rasulullah shalallahu'alaihi wasallam kalau pulang dari safar menuju kota Madinah, dan melihat dari jauh tanda-tanda kota Madinah seperti gunung Uhud, karena cintanya kepada kota Madinah, maka berusaha mempercepat ontanya agar cepat sampai ke kota Madinah. Beliau rindu ingin cepat sampai di kota Madinah.

▪️Ibnu Hajar rahimahullah dalam Fathul Bari mengomentari hadist ini,

◆ Beliau berkata :
Hadist ini menunjukkan :
1. Keutamaan kota Madinah karena Nabi rindu ingin segera masuk ke kota Madinah.
2. Tentang disyari'atkannya cinta kepada negri dan kerinduan kepada negri.

◆ Perkataan seorang penyair :
- Pindahkanlah hatimu kepada siapa saja yang kau cintai, tapi cinta yang sejati adalah cinta yang pertama.
- Berapa banyak tempat dimuka bumi yang disinggahi oleh seorang pemuda, tapi kerinduannya selalu ketempat yang pertama.

"STATUS CINTA KEPADA NEGERI"

Ini adalah perkara yang penting :
1️⃣ Kapan cinta kepada Negeri di larang.
2️⃣ Kapan cinta kepada Negeri menjadi berpahala.

▪️Ada Hadist terkenal dan ini adalah ungkapan :
"Mencintai Negeri adalah Sebagian dari Iman."

=》Kalau dikatakan sebagai hadist maka ini adalah hadist palsu.
Kita gak boleh bilang ini sabda Rasul karena ini hadist palsu, Rasul tidak pernah mengatakan hal tersebut dan tidak ada sanadnya sama sekali.

=》Kalau dikatakan ini hanya ungkapan masyarakat, maka harus di tinjau. Karena ungkapan masyarakat bisa benar bisa salah.

Mencintai negeri secara mutlak maka banyak hal yg harus kita lakukan, berkaitan dengan :
- yang mencintai dan 
- yang dicintai.

◆ Ditinjau dari yang mencintai.
Orang mencintai Negeri ada muslim, ada kafir, ada munafiq. Semua mengaku cinta tanah air.
Sehingga ketika kita tau yang mencintai adalah bermacam-macam tidak hanya orang muslim saja :
"Maka kita tidak bisa mengatakan bahwa mencinta negeri adalah sebagian dari Iman secara mutlak, TIDAK BISA."

◆ Ditinjau dari yang dicintai.
Negeri yang kita cintai juga banyak, ada negeri kaum muslimin, ada negeri yang ternyata kejam kepada kaum muslimin, ada negeri suka ngerusak kaum muslimin.
Tidak bisa kita bilang :
"Cinta Negeri sebagian dari Iman."

1️⃣ KAPAN di LARANG

Kapan kecintaan kepada Negeri di larang: 

■ Jika fanatik kepada negeri ternyata sebab permusuhan di antara kaum muslimin di dunia ini.

Contoh :
- ribut gara-gara fanatik bola, akhirnya sesama kaum muslimin bermusuhan.
(Kaum muslimin sesungguhnya bersaudara)

2️⃣ KAPAN menjadi BERPAHALA

Di singgung oleh Syekh Utsaimin dalam Kitan Syarah Riyadhus Sholihin.

Kapan seseorang berpahala ketika mencintai negerinya.

▪️Kaedah seluruh cinta Thobi'i menjadi Syar'i berpahala jika masuk dalam koridor:
"Al Mahabbatul Fillah = Mencintai Karena Allah."

Contoh :
- mencintai seorang muslim karena Allah.
Mencintai seorang manusia itu adalah cinta Thabi'i tapi karena mencintainya karena Allah itu menjadikan cintanya berpahala di sisi Allah.

- Bagaimana perkataan Majenun Laila (Qois ibnul Mulauwah) :
"Aku melewati suatu kampung yaitu kampungnya laila, akupun mencium tembok2 yg ada di kampung tersebut, aku mencium tembok itu bukan karena aku cinta kepada tembok, tapi karena aku cinta kepada orang yang berada di balik tembok tersebut."
-> ini merupakan bentuk mencintai karena sesuatu.

Kita jika ingin cinta kita menjadi berpahala di sisi Allah maka kita bikin cinta-cinta Thabi'i mencintai karena Allah.

Contoh lain :
- Cinta dengan karena Allah, karena di rumah ini bisa berbakti kepada kedua orang tua.
Cinta kepada rumah adalah cinta Thabi'i tapi karena mencintai karena Allah maka jadi berpahala.
- Cinta sama istri atau suami. Tapi kalau hanya sekedar itu saja maka tdk ada pahalanya.
Tapi ketika mencintainya karena Allah, karena Allah saya harus mencintainya dan menyayanginya. 
Maka cintanya bukan hanya cinta Thobi'i tapi menjadi cinta yang Syar'i berpahala di sisi Allah.
- Cinta perdagangan, niatkan berdagang karena Allah dan mencari pahala Allah, karena perdagangannya bisa dekat dgn Allah, bis pergi haji dan umroh, maka dapat pahala.

➡️ Bagaimana kita jadikan Cinta NKRI menjadi berpahala di sisi Allah subhanahu wata'alaa.

⏹️ Banyak Tinjauan yang bisa kita ambil.

◆》 Di tinjau dari Penduduk

Kita harus akui karena Indonesia negeri mayoritas kaum Muslimin.
Kenapa saya cinta negeri ini.? Karena ini negeri kaum muslimin, saya harus menjaga negeri ini, karena ini negeri muslimin.
Karena saya cinta kaum muslimin dan saya mencintai karena Allah subhanahu wata'alaa. Saya tdk ingin negeri yg sudah aman tentram negeri yang mayoritas kaum muslimin ini porak poranda.

◆》Di tinjau dari Sejarah Kemerdekaan.

Mau tidak mau kita harus akui bahwasanya secara umum negeri ini merdeka dengan "AllAHU AKBAR",
dan tokoh-tokoh yang membentuk negeri ini rata-rata orang Islam.
Mau tidak mau kita harus akui bahwa penjajah Indonesia rata-rata non muslim.
Negeri kita ini di bangun di aras perjuangan pahlawan-pahlawan secara umum kaum Muslimin, yang mereka memperjuangkan jiwa raga mereka, nyawa mereka dengan takbir Allahu Akbar.

Negara Indonesia ini hasil perjuangan ratusan tahun, perjuangan yang harus kita hargai sehingga jadilah Negeri ini yang kita harus jaga itu semua.
Maka kita harus cinta Negeri ini, karena Negeri ini yang bangun orang Islam, walaupun ada orang kafir.
Tapi secara umum ini perjuangan orang Islam.

Dari dua sisi ini saja maka kita bisa menjadikan cinta kepada negeri ini.
- Ini negeri kaum muslimin.
- Kita cinta negeri ini karena Allah subhanahu wata'alaa.
- Kita harus jaga negeri ini.
- Kita jauhkan dari hal yang bisa mengganggu ketentraman negeri ini.
- Dan ini semua bernilai pahala di sisi Allah subhanahu wata'alaa.

"BUKTI-BUKTI CINTA KITA KEPADA NKRI"

Tidak semua pengakuan cinta kita akui kecuali kalau ada buktinya.

Perkataan seorang penyair :
"Semua orang mengaku punya hubungan kasih dengan Laila, tapi Laila tidak mengakui, Laila tidak kenal."

Banyak orang yang mengaku NKRI tapi perbuatannya justru merusak NKRI.

⏹️ Hal-hal yang perlu kita perhatikan, antara lain:

1️⃣ Menjaga Kedaulatan Negeri.

Artinya :
Segala hal-hal yang bisa merusak kemerdekaan yang telah diraih oleh para pahlawan harus kita hindari.

Karena ada saja usaha2 yang ingin merusak kedaulatan negeri dengan pemikiran-pemikiran yang timbul.
Misalnya yang anti kepada negara Indonesia ini yang harus kita hindari.

Negara Indonesia ini Allah beri nikmat dengan adanya kemerdekaan.
Kita lihat negera lain bagaimana masyarakat yang tidak merdeka dinegerinya, mereka terusir dari negerinya.
Mengerikan, bagaimana kondisi mereka.

Contoh :
- Negara Lybia kacau karena ada dualisme kepemimpinan.
Perang-perang dia antar saudara.
- Saudara2 kita di Suriah, mereka terusir dari negerinya.

2️⃣ Menjaga Keamanan Negeri.

Nikmat aman adalah nikmat yang luar biasa, kalau dia tidak punya keamanan maka percuma dia memilik yang lainnya.

Ketika Rasulullaah shallahu'alaihi wasallam menyebutkan kenikmatan, Rasul menyebutkan yang pertama nikmat aman.

▪️Dari ’Ubaidillah bin  Mihshan  Al Anshary dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

مَنْ أَصْبَحَ مِنْكُمْ آمِنًا فِى سِرْبِهِ مُعَافًى فِى جَسَدِهِ عِنْدَهُ قُوتُ يَوْمِهِ فَكَأَنَّمَا حِيزَتْ لَهُ الدُّنْيَا

“Barangsiapa di antara kalian mendapatkan rasa aman di rumahnya (pada diri, keluarga dan masyarakatnya), diberikan kesehatan badan, dan memiliki makanan pokok pada hari itu di rumahnya, maka seakan-akan dunia telah terkumpul pada dirinya.”
(HR. Tirmidzi no. 2346, Ibnu Majah no. 4141. Abu ’Isa mengatakan bahwa hadits ini hasan ghorib).

▪️ Doa Nabi Ibrahim alaihisallam tentang rasa aman:

وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّ اجْعَلْ هَذَا بَلَدًا آمِنًا وَارْزُقْ أَهْلَهُ مِنَ الثَّمَرَاتِ مَنْ آمَنَ مِنْهُمْ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ

"Ya Tuhanku jadikanlah negeri Mekkah ini negeri yang aman dan berilah rezeki berupa buah-buahan kepada penduduknya yaitu di antara mereka yang beriman kepada Allah dan hari kemudian."
(QS. Al-Baqarah : 126)

Karena kalau tidak aman kita tidak bisa berbuat apa2.

Contoh :
- Ada orang punya harta banyak, mobil banyak, tapi kalau keluar rumah dia merasa tidak aman, merasa akan di rampok orang.
- Punya perusahaan banyak tapi banyak kekacuan terjadi, maka tidak tentram.
- Seorang yang punya istri 4 tapi tidak aman, percuma.

Jadi semua kegiatan dan kenikmatan kalau tidak ada rasa aman maka selesai.
Jangankan kita bicara masalah dunia, masalah akhiratpun kita mencari keamanan.
- Masalah sholat, butuh ketenangan untuk bisa sholat, Allah berkata :
"Jika kalian sudah merasa aman maka sholatlah, kalau kalian dalam keadaan takut maka sholatlah dalam kondisi berjalan kaki atau dalam kondisi naik tunggangan."
- Butuh ketenangan untuk pergi Haji.
"Wajib bagi haji, bagi orang yang mampu diantaranya aman jalan, jalan harus aman."
- Dakwah juga butuh ketentraman.
"Kalau ada seorang kafir, musyrik, minta perlindungan darimu, maka lindungilah dia agar dia bisa baca Al-Quran dengan tenang."
Sehingga bisa masuk pelajaran kedalam benaknya dengan adanya kemanan, bagaimana kalau tdk ada keamanan, seseorang belajar ada bom sana-sini, bagaimana mau belajar dan hafal Quran.
- Nabi berdakwah di Mekkah 13 thn, di Madinah sampai perjanjian hidaibiyah yaitu 19 thn. Ketika itu yg masuk Islam sedikit, paling 2000 - 3000 orang. 
Namun ketika terjadi perjanjian Hudaibiyah (gencatan senjata antara kaum muslimin dan kaum musyrikin) sekitar 2 tahun saja, apa yg terjadi dalam 2 thn tersebut dalam kondisi yang aman interaksi antara kaum muslimin dan musyirikin, mereka mendengar islam, mereka berinteraksi, mereka bisa berfikir tenang tentang islam, akhirnya pengikut Islam banyak.
Dalam waktu 2thn tersebut ternyata yg masuk islam sekitar 6000 - 7000 orang, karena ada keamanan dan ketentraman.
Kita dakwah memang harus butuh keamanan.

Kata sebagian ulama nikmat setelah Iman adalah keamanan.

▪️Nabi shalallahu'alaihi wasallam ketika melihat Hilal, Nabi berdoa :

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالْإِيمَانِ وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّ

"Ya Allah, munculkan hilal kepada kami dengan penuh keamanan dan keimanan, serta keselamatan dan Islam.
Rabb-ku dan Rabb-mu (hilal) adalah Allah." 
(HR. Tirmidzi).

▪️Dalam dzikir pagi petang kita pun selalu meminta keamanan :
"Ya Allah tutuplah auratku dan juga tenangkanlah jiwaku."

》Menjaga keamanan ini adalah point yang sangat penting.

》Dan ini adalah tanggung jawab seluruh penduduk negeri bukan hanya polisi dan tentara.

》Segala hal yang bisa merusak keamanan di jauhi, jangan sampai kita punya andil dalam merusak keamanan. 
- Namanya pemerintah tidak ada yang sempurna, bahkan pemerintahan di zama khulafaur Rasyidin saja yang kita bilang sudah sempurna masih banyak yang protes, bukankah Umar di bunuh, Utsman diberontak dan di bunuh, Ali dibunuh, apa kurangnya mereka bertaqwa kepada Allah. Kalau kita bilang ada yg kurang pasti ada, kalau pemerintahan yang sempurna saja masih ada yang protes, bagaimana dengan pemerintahan yang masih jauh dari kesempurnaan dan banyak kekurangan.
- Bukan berarti jangan sampai kekurangan yang ada menjadikan kita menjadi pendukung kekacauan.
- Betapa banyak negeri yang mereka sudah mendapatkan kenikmatan, keamanan meskipun tidak sempurna, namun mereka mencari yang lebih sempurna ternyata lebih hancur.
Contoh : Negeri Yaman, Libya, Suriah.

》Bukan berarti kekurangan yang ada menjadikan kita menghalalkan kita untuk bikin kekacauan di Tanah Air yang sudah diperjuangkan oleh pahlawan2 kita ratusan tahun yang lalu. Ini harus kita jaga.

》Jika ada kekurangan kita perbaiki dengan prosedur yang baik, jangan sampai kita turut andil dalam menghilangkan keamanan di negeri kita ini. 

》Kita harus bersyukur kepada Allah, bukan dengan cara kita pasrah saja.
Silahkan jika ada yang punya kemampuan untuk memperbaiki negeri menjadi lebih baik. Jangan pakai anarkis dan arogan.
- Yang punya ilmu pandai berpolitik silahkan berpolitik
- Yang bisa berdakwah silahkan berdakwah.
- Yang bisa memperbaiki pendidikan maka lakukan.
- Bukan dengan hancur2an dan ribut bahkan lebih parah dari yang sebelumnya.

》Maka seseorang harus berfikir cerdas, kekurangan tetap ada, bagaimana dia menghadapi kekurangan tersebut dengan tidak menjadikannya lebih parah. Jangan sampai kita punya andil dalam kehancuran negeri.

3️⃣ Kalau ada kekurangan berusaha diperbaiki dengan prosedur yang benar.

- Jika ada keganjilan di pemerintahan, silahkan yang punya ilmu dipemerintahan untuk memperbaikinya.
- Jika pemerintahan baik di dukung
- Ada isu2 tidak bener di pemerintah, dibantah dengan benar.
- Masing2 punya beban dibenaknya untuk menjaga dan membuat negeri ini lebih baik.
- Bukan hanya sekedar omongan cinta-cinta tapi bikin kacau, ribut sana-sini, berkelahi dengan kaum muslimin lain, kemydian ngusir sana ngusir sini.

4️⃣ Fikih bernegara ketika menghadapi penduduk Indonesia yang non muslim.

Bahwa negeri Indonesia bukan hanya orang2 Islam, ada orang yang non muslim.
Kita harus tau bagaimana cara muamalah yang baik dengan mereka.

◆ Nabi ketika datang ke kota Madinah kemudian Nabi membuat "Perjanjian Kota Madinah", yang saat itu di Madinah ada 3 komunitas,
1. Komunitas Kaum Muslimin : kaum Anshor dan Muhajirin
2. Komunitas Kaum Musyirikin : suku Aus dan suku Khazraj yang saat itu masih musyirik belum masuk Islam.
3. Komunitas kaum Yahudi.

◆ Nabi buat perjanjian:
- Tentang kewarganegaraan
- Adanya kerjasama Yahudi dan Muslimin kalau ada musuh yang menyerang dari luar, sama2 berkorban bela negara.

Intinya adalah :
- Bagaiamana agar kita bisa menjadikan cinta kita kepada negeri kita berpahala dan kita bisa buktikan cinta kita kepada negeri kita. 
- Dan kita bisa pertanggungjawabkan di hadapan Allah Subhanahu wata'alaa.
- Semoga Allah menjaga negeri kita dari segala keburukan, dari segala usaha untuk memecah kedaulatan.
- Semoga Allah menjaga nikmat kesatuan dan keamanan yang Allah anugrahkan kepada negeri kita ini.

Wallahuta'alaa 'Alam bishowab.

 

?  SOAL - JAWAB

1️⃣ Apakah berjuang atau berperang untuk kemerdekaan negara mendapat pahala.?
↪️ Jawab :
Bahwasanya yang namanya jihad adalah semua karena Allah.
"Barangsiapa yang berperang demi untuk menegakkan kalimat-kalimat Allah, maka itu yang fisabillah."
◆ Ketika Nabi shalallahu'alaihi wasallam di tanya :
- Ya Rasulullah siapa yang berperang supaya di kenang.? 
- Ya Rasulullah siapa yang berperang dalam rangka membela kabilahnya.?
- Ya Rasulullah siapa yang berperang karena marah.?
- Ya Rasulullah saya mau berperang dalam rangka menunjukan keberaniannya!
- Ya Rasulullah siapa diantara mereka yang berperang Fisabilillah.?
◆ Nabi menjawab dengan kaedah :
- Yang berperang dan berjihad dalam rangka untuk menegakkan kalimat Allah itu yang Fisabillah.
- Kalau bukan karena Allah tapi karena duniawi itu tidak di bilang sebagai Fisabilillah.
Jika ada berperan karena cinta NKRI, perbedaannya hanya niat. Karena NKRI adalah negeri hasil perjuangan pahlawan2 Islam, NKRI tempat negeri kaum muslimin, banyak tempat2 ibadah kaum muslimin, bila negeri ini kacau bagaimana kita ibadah, bagaimana wanita2 dan anak2.
Kita niat membela kaum muslimin karena Allah subhanahu wata'alaa maka dia mati syahid.
◆ Nabi mengatakan, barang siapa berkelahi membela dirinya, membela hartanya, membela keluarganya karena Allah maka dia mati syahid.
Maka sangat mungkin kalau kita membela Negeri karena Allah, Insyaa Allah mati syahid. Kalau kalian diperintahkan untuk berperang maka berangkatlah.
Wallahu'alam

2️⃣ Cinta pada negara bisa mendatangkan pahala, apakah ada perbiatan yang mendatangkan dosa selain pengkhianatan kepada negara, apakah menghujat pemimpin dan demo juga termasuk dosa.?
↪️ Jawab :
Tadi sudah dijelaskan bahwa cinta kepada negeri adalah kita menjaga keamanan dan ketentraman, segala hal yang bisa merusak kedaulatan, hal yang menghilangkan stabilitas keamanan, itu diantara bentuk merusak kondisi negara yang sudah ada.
Kalau ada kesalahan kepada pemerintah dan negara ada prosedurnya yang harus kita jalani. Bukan dengan turun kejalan, bukan dengan hujat dan makian2, kekacauan, menarik kemarahan masa.
Kita lihat contoh2 yang sdh terjadi dinegara lain. Kejadian lebih hancur.
Maka jangan sampai kita punya andil dalam rangka merusak ketentraman yg sudah ada.
◆ Nabi berbicara tentang nasihat :
"Agama adalah nasehat kepada para pemimpin kaum muslimin dan kepada orang2 awam kaum muslimin secara umum."
Disini Nabi membedakan antara nasehat kepada pemimpin dengan nasehat kepada orang awam berbeda.
◆ Allah ketika mengutus Nabi Musa kepada Firaun :
"Ucapkanlah kata2 yang lembut, kepada Firaun, semoga dia sadar."
Berikan nasihat sesuai prosedur, bukankah kita memberikan nasihat supaya bisa didengar, supaya bisa dijalankan nasihat kita, maka cari cara yang terbaik.
◆ Nabi ketika menulis surat kepada Heroclius padahal kafir :
"Kepada Heroclius penguasa Romawi."
Harus ada adap2nya dalam menasehati penguasa.
◆ Kata Nabi:
"Jihat terbaik adalah perkataan yang benar di sisi penguasa yang dzolim."
Karena ketika dia maju bertemu penguasa yang dzolim ada kemungkinan akan dibunuh, tetapi tetap menyampaikan kebenaran.
Intinya kita harus hati2 jangan sampai kita punya andil dalam hal yang bisa merusak keamanan.
Setiap lisan kita yg membantu terjadi pembunuhan akan ada perhitungannya di sisi Allah subhanahu wata'alaa.
Ikuti prosedur, jika sudah sesuai prosedur mereka tdk berubah itu urusan mereka kepada Allah.
Wallahu'alam.

3️⃣ Mohon penjelasan tentang teks sumpah ini,
"Demi Allah saya bersumpah dan berjanji bahwa saya untuk diangkat menjadi pegawai negeri sipil, akan setia dan ta'at sepenuhnya kepada Pancasila dan UUD 45, negara dan pemerintah,"
Apakah ketaatan dan sumpah tersebut termasuk juga kecintaan dan kegigihan.?
↪️ Jawab :
Semua sumpah berlaku jika pada ketaatan, jika sumpah tersebut pada kemaksiatan maka jangan dijalankan.
Ketaatan yang mutlak hanya kepada Allah dan Rasulnya.
Sementara ketaatan kepada manusia, kepada penguasa Allah sudah atur dan hanya pada perkara yang ma'ruf.
Banyak ranah undang2 yang berkaitan dengan kenegaraan dan itu menurut orang2 yang melakukannya adalah kemaslahatan.
Contoh : 
- Undang2 lalu lintas, ada lampu merah.
- Undang2 pernikahan dan surat nikah.
Dan ini adalah contoh peraturan negara yg tdk bertentangan dengan syariat Islam. Maka wajib bagi kita taat.
Jika kita bersumpah "demi Allah saya akan taat kepada pemerintah,"
Maka bila pada perkara2 yang baik dan tidak melanggar syariat maka wajib dan itu berpahala.
Tapi kalau pemerintah menyuruh kepada keburukan dan maksiat maka jangan taat.
Insyaa Allah sumpah tersebut benar.
Jika kita jalankan sumpah tersebut pada perkara2 yang makruf maka kita telah menjalankan perintah Allah, karena Allah yang menyuruh kita untuk taat kepada peraturan pemerintah yang mendatangkan kemaslahatan.
Wallahu'alam bishowab.

4️⃣ Bagaimana bentuk nyata perbuatan seorang perempuan dalam mencintai negeri secara aktif.?
↪️ Jawab :
Mengurus anak yang baik, anaknya jangan suruh bikin kacau, anaknya di suruh menjadi warga negara yang baik yang cinta kepada negeri, membela bangsa dikemudian hari, memusuhi orang2 koruptor, memusuhi orang2 yang tidak benar.
Diajarkan syariat Insyaa Allah itu bentuk cinta negeri.
Kalau orang menjalankan syariat Islam dengan baik dia pasti cinta negerinya, dia pasti menginginkan kebaikan bagi negerinya.
Wallahu'alam bishowab.

5️⃣ Bolehkan membenci Negeri Amerika, karena negeri tersebut penyebab kerusakan atau menteror kepada negeri2 kaum muslimin, meskipun dinegeri Amerika juga ada saudara kita kaum muslimin.?
↪️ Jawab :
Jadi kembali cinta dan benci semuanya karena Allah subhanahu wata'alaa.
◆ Kata Nabi Shalallahu'alaihi wasallam :
"Barangsiapa mencintai karena Allah, membenci karena Allah, memberi karena Allah, mencegah karena Allah maka telah sempurna Imannya. Sekuat2nya tali keimanan adalah cinta karena Allah dan benci karena Allah."
Kita tau di Amerika sana bermacam2, ada orang muslim dan orang non muslim yang tentunya lebih banyak, dan mereka semuanya tdk membenci agama.
Tetapi kita bisa membenci pada person2, kalau misal kita tau benar bahwa pemerintahnya membenci Islam. Kita boleh benci dan itu tidak ada masalah. Kita benci karena mereka membenci syariat Islam. Dan Insyaa Allah berpahala di sisi Allah subhanahu wata'alaa.
Wallahu'alam bishowab.

?  PENCATAT :
~ Tim Kajian Online Masjid Astra ~