Qurban dan Pembahasannya (Bag. 2)
ย
๐ Selasa, 26 Dzulqa'dah 1445H / 04 Juni
ย 2024
๐ Fiqih dan Hadits
๐ Pemateri: Ustadz Farid Nu'man Hasan, S.S., M.Sos.
๐๐๐บ๐๐บ๐๐
3โฃย ย ย ย Hukumnya
Para ulama berbeda pendapat tentang hukumnya, ada yang mengatakan wajib bagi yang memiliki kelapangan rezeki, ada pula yang mengatakan sunah muโakadah, dan inilah pendapat mayoritas sahabat, tabiโin, dan para ulama.
Ulama yang mewajibkan berdalil dengan hadits berikut, dari Abu Hurairah Radhiallhu โAnhu bahwa Rasulullah Shalallahu โAlaihi wa Sallam bersabda:
ู ููู ููุงูู ูููู ุณูุนูุฉู ููููู ู ููุถูุญูู ููููุง ููููุฑูุจูููู ู ูุตููููุงููุง
ย ย ย ย ย ย ย ย โBarangsiapa yang memiliki kelapangan (rezeki) dan dia tidak berkurban, maka jangan dekati tempat shalat kami.โ[1]
ย ย ย ย ย ย ย ย Mengomentari hadits ini, berkata Imam Amir Ash Shanโani Rahimahullah:
ููููุฏู ุงุณูุชูุฏูููู ุจููู ุนูููู ููุฌููุจู ุงูุชููุถูุญูููุฉู ุนูููู ู ููู ููุงูู ูููู ุณูุนูุฉู ููุฃูููููู ููู ููุง ููููู ุนููู ููุฑูุจูุงูู ุงููู ูุตููููู ุฏูููู ุนูููู ุฃูููููู ุชูุฑููู ููุงุฌูุจูุง ููุฃูููููู ููููููู ููุง ููุงุฆูุฏูุฉู ููู ุงูุตููููุงุฉู ู ูุนู ุชูุฑููู ููุฐูุง ุงููููุงุฌูุจู ูููููููููููู ุชูุนูุงููู { ููุตูููู ููุฑูุจูููู ููุงููุญูุฑู } ููููุญูุฏููุซู ู ูุฎููููู ุจููู ุณูููููู ู ู ูุฑููููุนูุง { ุนูููู ุฃููููู ููููู ุจูููุชู ููู ููููู ุนูุงู ู ุฃูุถูุญููููุฉู } ุฏูููู ููููุธููู ุนูููู ุงููููุฌููุจู ุ ููุงููููุฌููุจู ูููููู ุฃูุจูู ุญููููููุฉูย ย
ย ย ย ย ย ย ย ย โHadits ini dijadikan dalil wajibnya berkurban bagi yang memiliki kelapangan rezeki, hal ini jelas ketika Rasulullah melarang mendekati tempat shalat, larangan itu menunjukkan bahwa hal itu merupakan meninggalkanย kewajiban,seakan Beliau mengatakan shalatnya tidak bermanfaat jika meninggalkan kewajiban ini. Juga karena firmanNya: โmaka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkurbanlah.โ Dalam hadits Mikhnaf bin Sulaim secara marfuโ (sampai kepada Rasulullah) berbunyi: โ (wajib) atas penduduk setiap rumah pada tiap tahunnya untuk berkurban.โ Lafaz hadits ini menunjukkan wajibnya. Pendapat yang menyatakan wajib adalah dari Imam Abu Hanifah.[2]
ย ย ย ย ย ย ย ย Sementara yang tidak mewajibkan, menyatakan bahwa dua hadits di atas tidak bisa dijadikan hujjah (dalil), sebab yang pertama mauquf (hanya sampai sahabat nabi, bukan Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam), hadits kedua dhaโif. Sedangkan ayat Fashalli li Rabbika wanhar, tidak bermakna wajib kurban melainkan menunjukkan urutan aktifitas, yakni menyembelih kurban dilakukan setelah shalat Id.
Berikut keterangan dari Imam Ash Shanโani:
ููููููู ููุง ุชูุฌูุจู ููุงููุญูุฏููุซู ุงููุฃูููููู ู ูููููููู ููููุง ุญูุฌููุฉู ููููู ููุงูุซููุงููู ุถูุนููู ุจูุฃูุจูู ุฑูู ูููุฉู ููุงูู ุงููุฎูุทููุงุจูููู : ุฅููููู ู ูุฌูููููู ููุงููุขููุฉู ู ูุญูุชูู ูููุฉู ููููุฏู ููุณููุฑู ูููููููู ( { ููุงููุญูุฑู } ) ุจูููุถูุนู ุงููููููู ุนูููู ุงููููุญูุฑู ููู ุงูุตููููุงุฉู ุฃูุฎูุฑูุฌููู ุงุจููู ุฃูุจูู ุญูุงุชูู ู ููุงุจููู ุดูุงููููู ููู ุณููููููู ููุงุจููู ู ูุฑูุฏููููููู ููุงููุจูููููููููู ุนููู ุงุจููู ุนูุจููุงุณู ููููููู ุฑูููุงููุงุชู ุนููู ุงูุตููุญูุงุจูุฉู ู ูุซููู ุฐููููู ูููููู ุณููููู ู ูููููู ุฏูุงูููุฉู ุนูููู ุฃูููู ุงููููุญูุฑู ุจูุนูุฏู ุงูุตููููุงุฉู ูููููู ุชูุนูููููู ููููููุชููู ููุง ููููุฌููุจููู ููุฃูููููู ููููููู ุฅุฐูุง ููุญูุฑูุช ููุจูุนูุฏู ุตูููุงุฉู ุงููุนููุฏู ููุฅูููููู ููุฏู ุฃูุฎูุฑูุฌู ุงุจููู ุฌูุฑููุฑู ุนููู ุฃูููุณู { ููุงูู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููููุญูุฑู ููุจููู ุฃููู ููุตูููููู ููุฃูู ูุฑู ุฃููู ููุตูููููู ุซูู ูู ููููุญูุฑู } ููููุถูุนููู ุฃูุฏููููุฉู ุงููููุฌููุจู ุฐูููุจู ุงููุฌูู ููููุฑู ู ููู ุงูุตููุญูุงุจูุฉู ููุงูุชููุงุจูุนูููู ููุงููููููููุงุกู ุฅููู ุฃููููููุง ุณููููุฉู ู ูุคููููุฏูุฉู ุจููู ููุงูู ุงุจููู ุญูุฒูู ู ููุง ููุตูุญูู ุนููู ุฃูุญูุฏู ู ููู ุงูุตููุญูุงุจูุฉู ุฃููููููุง ููุงุฌูุจูุฉู .ย ย
ย ย ย ย ย ย ย ย โDikatakan: Tidak wajib, karena hadits pertama adalah mauquf dan tidak bisa dijadikan hujjah (dalil). Hadits keduaย (dari Mikhnaf bin Sulaim) dhaif karena dalam sanadnya ada Abu Ramlah. Berkata Imam Al Khathabi: โDia itu majhul (tidak dikenal).โ Sedangkan firmanNya: โโฆberkurbanlah.โ adalah tentang penentuan waktu penyembelihan setelah shalat. Telah diriwayatkan oleh Abu Hatim, Ibnu Syahin di dalam sunan-nya, Ibnu Mardawaih, dan Al Baihaqi dari Ibnu Abbas dan didalamnya terdapat beberapa riwayat dari sahabat yang seperti ini, yang menunjukkan bahwa menyembelih kurban itu dilakukan setelah shalat (โIed). Maka ayat itu secara khusus menjelaskan tentang waktu penyembelihnnya, bukan menunjukkan kewajibannya. Seolah berfirman: Jika engkauย me
nyembelih maka (lakukan) setelah shalat โIed. Ibnu Jarir telah meriwayatkan dari Anas: โBahwa Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam pernah menyembelih sebelum shalat Id, lalu Beliau diperintahkan untuk shalat dulu baru kemudian menyembelih.โ Maka nyatalah kelemahan alasan mereka yang mewajibkannya. Sedangkan, madzhab jumhur (mayoritas) dari sahabat, tabiโin, dan ahli fiqih, bahwaย menyembelih qurban adalah sunah muโakkadah, bahkan Imam Ibnu Hazm mengatakan tidak ada yang shahih satu pun dari kalangan sahabat yang menunjukkan kewajibannya.โ[3]
ย ย ย ย ย ย ย ย Seandainya hadits-hadits di atas shahih, itu pun tidak menunjukkan kewajibannya. Sebab dalam riwayat lain Rasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallambersabda:
ุฅูุฐูุง ุฏูุฎูููุชู ุงููุนูุดูุฑู ููุฃูุฑูุงุฏู ุฃูุญูุฏูููู ู ุฃููู ููุถูุญูููู ููููุง ููู ูุณูู ู ููู ุดูุนูุฑููู ููุจูุดูุฑููู ุดูููุฆูุงย ย ย ย ย
ย ย ย ย ย ย ย ย โJika kalian memasuki tanggal 10 (Dzulhijjah) dan hendak berkurban maka janganlah dia menyentuhย ย sedikit pun dariย rambutnya dan kulitnya.โ[4] [5]
ย ย ย ย ย ย ย ย Hadits tersebut dengan jelas menyebutkan bahwa berkurban itu terkait dengan kehendak, manusianya oleh karena itu Imam Asy Syafiโi menjadikan hadits ini sebagai dalil tidak wajibnya berkurban alias sunah.[6]
ย ย ย ย ย ย ย ย Syaikh Wahbah Az Zuhaili Hafizhahullah mengatakan:
ุชุฌุจ ุงูุฃุถุญูุฉ ู ุฑุฉ ูู ูู ุนุงู ุนูุฏ ุฃุจู ุญูููุฉุ ููู ุณูุฉ ู ุคูุฏุฉ ุนูุฏ ุฌู ููุฑ ุงูุฃุฆู ุฉ.
ย ย ย ย ย ย ย ย Wajib berqurban sekali dalam setahun menurut Abu Hanifah, dan menurut mayoritas imam adalah sunah muakadah. [7]
ย ย ย ย ย ย ย ย Hadits lainnya:
ููุชูุจู ุนูููููู ุงููููุญูุฑู ููููู ู ููููุชูุจู ุนูููููููู ู
ย ย ย ย ย โAku diwajibkan untuk berkurban, namun tidak wajib bagi kalian.โ [8]
ย ย ย ย ย ย ย ย Tetapi hadits ini didhaifkan para ulama seperti Syaikh Al Albani.[9] Jugaย Syaikh Syuโaib Al Arnaโuth.[10]
ย ย ย ย ย ย ย ย Tertulis dalam Al Mausuโah Al Fiqhiyah Al Kuwaitiyah:
ุงูุฃููุถูุญูููุฉู ููุฑูุถู ุนูููู ุฑูุณููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุฏูููู ุฃูู ููุชููู ููุญูุฏููุซู ุงุจููู ุนูุจููุงุณู ุงููู ูุชูููุฏููู ู : ุซููุงูุซู ููููู ุนูููููู ููุฑูุงุฆูุถู ููููููู ู ุชูุทููููุนู : ุงููููุญูุฑู ููุงููููุชูุฑู ููุฑูููุนูุชูุง ุงูุถููุญูู
ย ย ย ย ย ย ย ย
Berqurban adalah fardhu (wajib) atas Nabi Shallallahu โAlaihi wa Sallam, tidak bagi umatnya. Berdasarkan hadits dari Ibnu Abbas yang telah lalu: ada tiga hal yang diwajibkan kepada diriku,ย namun bagi kalian adalah sunah: berqurban, witir, dan dua rakaat dhuha. [11]
Hadits yang disebutkan ini diriwayatkan olehย Ahmad No. 2050. Ad Daruquthni dalam Sunannya, 2/21. Al Hakim dalam Al Mustadrak, 1/300. Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra No. 4248. Al Hakim dalam Al Mustadrak No. 1119, Abdurrazzaq dalam Al Mushannaf No. 4573, Abu Nuโaim dalam Hilayatul Auliya, 9/232. [12]ย Wallahu Aโlam
Bersambung ...
๐ด๐ด๐ด๐ด๐ด
[1]ย HR. Ibnu Majah No.ย 3123, Al Hakim No. 7565, Ahmad No. 8273, Ad Daruquthni No. 53, Al Baihaqi dalamย Syuโabul Imanย No. 7334
ย ย ย ย ย ย ย ย Hadits ini dishahihkan oleh Imam Al Hakim dalam Al Mustadraknya No. 7565, katanya:โShahih sesuai syarat Bukhari dan Muslim, tapi keduanya tidak meriwayatkannya.โ Imam Adz Dzahabi menyepakati hal ini.
ย ย ย ย ย ย ย ย Syaikh Al Albani menshahihkan dalam Shahihul Jamiโ No. 6490, namun hanya menghasankan dalam kitab lainnya seperti At Taโliq Ar Raghib, 2/103, dan Takhrij Musykilat Al Faqr,No. 102.
ย ย ย ย ย ย ย ย Sementara Syaikh Syuโaib Al Arnauth mendhaifkan hadits ini, dan beliau mengkritik Imam Al Hakim dan Imam Adz Dzahabi dengan sebutan: โwa huwa wahm minhuma โ ini adalah wahm (samar/tidak jelas/ragu) dari keduanya.โ Beliau juga menyebut penghasanan yang dilakukan Syaikh Al Albani dengan sebutan: โfa akhthaโa โ keliru/salah.โ (Lihat Taโliq Musnad Ahmad No. 8273)
[2] Imam Amir Ash Shanโani, Subulus Salam,ย 6/308.ย ย
[3] Ibid
[4] HR. Muslim No. 1977
[5] Berkata Imam An Nawawi tentang maksud hadits ini:ย
ููุงุฎูุชููููู ุงููุนูููู ูุงุก ูููู ููู ุฏูุฎูููุชู ุนููููููู ุนูุดูุฑ ุฐูู ุงููุญูุฌููุฉ ููุฃูุฑูุงุฏู ุฃููู ููุถูุญูููู ููููุงูู ุณูุนููุฏ ุจูู ุงููู ูุณููููุจ ููุฑูุจููุนูุฉ ููุฃูุญูู ูุฏ ููุฅูุณูุญูุงู ููุฏูุงููุฏ ููุจูุนูุถ ุฃูุตูุญูุงุจ ุงูุดููุงููุนููู : ุฅูููููู ููุญูุฑูู ุนููููููู ุฃูุฎูุฐ ุดูููุก ู ููู ุดูุนูุฑู ููุฃูุธูููุงุฑู ุญูุชููู ููุถูุญููู ููู ููููุช ุงููุฃูุถูุญููููุฉ
ุ ููููุงูู ุงูุดููุงููุนููู ููุฃูุตูุญูุงุจู : ูููู ู ูููุฑููู ููุฑูุงููุฉ ุชูููุฒููู ููููููุณู ุจูุญูุฑูุงู ู ุ ููููุงูู ุฃูุจูู ุญููููููุฉ : ููุง ููููุฑูู ุ ููููุงูู ู ูุงููู ููู ุฑูููุงููุฉ : ููุง ููููุฑูู ุ ููููู ุฑูููุงููุฉ : ููููุฑูู ุ ููููู ุฑูููุงููุฉ : ููุญูุฑูู ููู ุงูุชููุทููููุน ุฏููู ุงููููุงุฌูุจ .ย
ย ย ย ย ย ย ย ย Ulama berbeda pendapat tentang orang yang memasuki 10 hari bulan Zulhijjah dan orang yang hendak berquban. Saโid bin Al Musayyib, Rabiโah, Ahmad, Ishaq, Daud, dan sebagian pengikut Asy SyafiโI mengatakan: sesungguhnya haram baginya memotong rambut dan kukunya sampai dia berqurban pada waktuย berqurban. Asy Syafiโi dan pengikutnya mengatakan: hal itu makruh, yakni makruh tanzih (makruh mendekati boleh), tidak haram. Abu Hanifah mengatakan: tidak makruh. Malik mengatakan: tidak makruh. Pada riwayat lain dari Malik; makruh. Pada riwayat lain: diharamkan pada haji yang sunah, bukan yang wajib. (Al Minhaj Syarh Shahih Muslim,ย 6/472)
[6] Imam Amir Ash Shanโani, Subulus Salam, Juz. 6, Hal. 308-309.ย
[7] Syaikh Wahbah Az Zuhaili, Al Fiqhul Islami wa Adillatuhu, 6/388
[8] HR. Ahmad,ย ย No. 2917. Al Baihaqi, As Sunan Al Kubra, Juz. 9, Hal. 264. Ath Thabarani, Al Muโjam Al Kabir No.ย 11802, 11803, 12044
[9]ย Lihat Tahqiq Misykah Al Mashabih No. 5775
[10] Lihat Taโliq Musnad Ahmad No. 2917, Cet. 1, 1421H-2001M. dengan tahqiq: Syuโaib Al Arnaโuth, Adil Mursyid, dan lainnya, Muasasah Ar Risalah
[11]ย Al Mausuโah Al Fiqhiyah Al Kuwaitiyah,ย 2/ 259-260
[12] Dalam hadits ini terdapat rawi bernama Abu Janab Al Kalbi , Imam Al Baihaqi mengatakan:
ุฃูุจูู ุฌูููุงุจู ุงููููููุจูููู ุงุณูู ููู ููุญูููู ุจููู ุฃูุจูู ุญููููุฉู ุถูุนูููู ุ ููููุงูู ููุฒููุฏู ุจููู ููุงุฑูููู ููุตูุฏูููููู ููููุฑูู ูููู ุจูุงูุชููุฏููููุณู.
Abu Janab Al Kalbi namanya adalah Yahya bin Abi Hayyah, seorang yang dhaif. Adalah Yazid bin Harun yang menilainya jujur, namun menuduhnya sebagai pelaku tadlis (menggelapkan sanad atau matan). (Sunanul Kubra No. 4248)
Sementara Al Hafizh Ibnu Hajar Rahimahullah mengatakan:
ูู ุฏุงุฑู ุนูู ุฃุจู ุฌูุงุจย ุงูููุจู ุนู ุนูุฑู ุฉ ูุฃุจู ุฌูุงุจ ุถุนูู ูู ุฏูุณ ุฃูุถุง ููุฏ ุนูุนูู ูุฃุทูู ุงูุฃุฆู ุฉ ุนูู ูุฐุง ุงูุญุฏูุซ ุงูุถุนู ูุฃุญู ุฏ ูุงูุจูููู ูุงุจู ุงูุตูุงุญ ูุงุจู ุงูุฌูุฒู ูุงููููู ูุบูุฑูู
Masalahnya seputar pada Abu Janab Al Kalbi dari โIkrimah. Abu Janab adalah dhaif danmudallis juga, dan dia telah meriwayatkan secara โanโanah. Para imam telah memutlakan bahwa hadits ini dhaif, seperti Imam Ahmad, Imam Al Baihaqi, Imam Ibnush Shalah, Imam Ibnul Jauzi, Imam An Nawawi, dan lainnya. (Imam Ibnu Hajar, At Talkhish Al Habir, 2/45, No. 530. Darul Kutub Al โIlmiah)
ย Imam Adz Dzahabi Rahimahullah dengan tegas mendhaifkan hadits ini:
ู ุง ุชููู ู ุงูุญุฃูู ุนูููุ ููู ุบุฑูุจ ู ููุฑุ ููุญูู ุถุบูู ุงููุณุงุฆู ูุงูุฏุงุฑูุทูู.
Al Hakim tidak mengomentari hadits ini, dan hadits ini gharib munkar, dan Yahya didhaifkan oleh An Nasaโi dan Ad Daruquthni. (Syaikh Syuโaib Al Arnauth, Taโliq Musnad AhmadNo. 2050)
๐๐๐บ๐๐บ๐๐ย
Dipersembahkan oleh : www.manis.id
Subscribe Youtube MANIS: https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial
Follow IG MANIS :ย
https://instagram.com/majelis_manis?igshid=YmMyMTA2M2Y=
๐ฑInfo & Pendaftaran member :ย https://bit.ly/gabungmanis
๐ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa
An. Yayasan Manis
No Rek BSI : 7113816637
Konfirmasi:
wa.me/62852-7977-6222
wa.me/6287782223130