Adzan Anak Kecilย 

ย 

Ustadz Menjawabย 

Hari/Tanggal : Rabu, 17 April 2024

Ustadz : Farid Nu'man Hasanย 

=========================

๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒธ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒธ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒธ๐Ÿƒ๐Ÿƒ

ย 

ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชุฉย 

ย 

Ustadz... Saya mau bertanya, sahkah adzan anak yang belum baligh?

ย 

Jawabanย 

=========

ูˆุนู„ูŠูƒู… ุงู„ุณู„ุงู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชุฉย 

Anak kecil yang belum baligh ada dua macam:

1. Mumayyiz

Yaitu usia 7 tahun atau lebih, Ini pendapat jumhur. Sementara sebagian ulama mengatakan mumayyiz tidak ada batasan umur tapi ketika anak itu sudah mampu berdialog dengan baik dengan orang dewasa dan mampu memahaminya.

ย 

Untuk usia mumayyiz ini, mereka sudah dibolehkan menjadi muadzin menurut mayoritas ulama kecuali Malikiyah. Pihak yang membolehkan tetap mengatakan selama ada orang dewasa atau muadzin rawatib (muazin tetap) maka tidak dianjurkan adzan diserahkan ke anak kecil.

Syaikh Muhammad Shalih Al Munajjid mengatakan:

ุงุฎุชู„ููˆุง ููŠ ุตูุญู‘ูŽุฉ ุฃุฐุงู† ุงู„ุตุจูŠ ุงู„ู…ูู…ูŽูŠู‘ูุฒ ( ูˆู‡ูˆ ู…ูŽู† ุจู„ุบ ุณุจุนู‹ุง ุฅู„ู‰ ุงู„ุจู„ูˆุบ ) ุŒ ูุฃุฌุงุฒูŽู‡ ุฌู…ู‡ูˆุฑ ุงู„ุนู„ู…ุงุก ู…ุง ุฏุงู… ูŠุนู‚ู„ ุงู„ุฃุฐุงู† ุŒ ูˆู‡ูˆ ู‚ูˆู„ ุนุทุงุก ูˆุงู„ุดุนุจูŠ ูˆุงุจู† ุฃุจูŠ ู„ูŠู„ู‰ ูˆุฃุจูŠ ุซูŽูˆุฑ ุŒ ูˆุงุฎุชุงุฑูŽู‡ ุงุจู† ุงู„ู…ู†ุฐูุฑ .

ูˆุงุญุชุฌู‘ููˆุง ุจู…ุง ุฌุงุก ุนู† ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุจู’ู†ู ุฃูŽุจููŠ ุจูŽูƒู’ุฑู ุจู’ู†ู ุฃูŽู†ูŽุณู ู‚ูŽุงู„ูŽ : " ูƒูŽุงู†ูŽ ุนูู…ููˆู…ูŽุชููŠ ูŠูŽุฃู’ู…ูุฑููˆู†ูŽู†ููŠ ุฃูŽู†ู’ ุฃูุคูŽุฐู‘ูู†ูŽ ู„ูŽู‡ูู…ู’ ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุง ุบูู„ูŽุงู…ูŒ ู„ูŽู…ู’ ุฃูŽุญู’ุชูŽู„ูู…ู’ ุŒ ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุณู ุจู’ู†ู ู…ูŽุงู„ููƒู ุดูŽุงู‡ูุฏูŒุŒ ูู„ูŽู…ู’ ูŠูู†ู’ูƒูุฑู’ ุฐูŽู„ููƒูŽ " .

ย 

"Ulama berbeda pendapat tentang adzannya anak kecil yang sudah mumayyiz (yaitu sudah berusia 7 th), mayoritas ulama membolehkan selama dia paham adzan. Ini pendapat 'Atha, Asy Sya'bi, Ibnu Abi Laila, Abu Tsaur, dan yang dipilih oleh Ibnul Mundzir.

ย 

Hujjah mereka adalah riwayat dari Abdullah bin Abu Bakar bin Anas, beliau berkata: "Paman-pamanku memerintahkan aku untuk azan saat itu aku belum mimpi basah (belum baligh), Anas bin Malik menyaksikan itu dan dia tidak mengingkarinya." (Al Islam Su'aal wa Jawaab no. 221492)

ย 

Ada pun Malikiyah mengatakan tidak boleh:

ู„ูŽุง ูŠูุนู’ุชูŽุฏู‘ู ุจูุฃูŽุฐูŽุงู†ู ุงู„ุตุจูŠ ุŒ ุฅู„ุง ุฅุฐุง ุงุนุชู…ุฏูŽ ุนู„ู‰ ุจุงู„ุบ ุ› ู„ุฃู†ู‘ูŽ ุงู„ุฃุฐุงู† ู…ุดุฑูˆุน ู„ู„ุฅุนู„ุงู… ุŒ ูˆู„ุง ูŠุญุตู„ ุงู„ุฅุนู„ุงู… ุจู‚ูˆู„ ุงู„ุตุจูŠ ุ› ู„ุฃู†ู‘ูŽู‡ ู…ู…ู‘ูŽู† ู„ุง ูŠูู‚ุจูŽู„ ุฎุจุฑูู‡ ูˆู„ุง ุฑูˆุงูŠุชู‡ ุŒ ูˆู„ุง ูŠูˆุซูŽู‚ ุจู‚ูˆู„ู‡ ุŒ ูู‚ุฏ ู„ุง ูŠุนุฑู ู…ุชู‰ ุชุฒูˆู„ ุงู„ุดู‘ูŽู…ุณ ุŒ ูˆู…ุชู‰ ูŠูƒูˆู† ุธู„ู‘ู ูƒู„ู‘ู ุดูŠุก ู…ุซู„ู‡ ูˆุบูŠุฑ ุฐู„ูƒ

"Adzan anak kecil tidaklah dianggap kecuali sudah baligh, karena adzan itu syariat untuk pemberitahuan, dan pemberitahuan tidaklah bisa dicapai dengan perkataan anak kecil, karena anak kecil tidak diterima kabar dan riwayat darinya, belum kuat perkataannya, dia juga belum tahu kapan tergelincir matahari, kapan terjadinya bayangan segala hal yang melingkupi semisalnya, dan lainnya. (Ibid)

ย 

2. Ghairu Mumayyiz

Yaitu usia di bawah tujuh tahun. Ini tidak sah, dan tidak ada beda pendapat ulama.

Dalam Bada'i Shana'i tertulis:

ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุฃูŽุฐูŽุงู†ู ุงู„ุตู‘ูŽุจููŠู‘ู ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ู„ูŽุง ูŠูŽุนู’ู‚ูู„ู ููŽู„ูŽุง ูŠูุฌู’ุฒูุฆู ุŒ ูˆูŽูŠูุนูŽุงุฏู ุ› ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽ ู…ูŽุง ูŠูŽุตู’ุฏูุฑู ู„ูŽุง ุนูŽู†ู’ ุนูŽู‚ู’ู„ู ู„ูŽุง ูŠูุนู’ุชูŽุฏู‘ู ุจูู‡ู ุŒ ูƒูŽุตูŽูˆู’ุชู ุงู„ุทู‘ููŠููˆุฑู" ุงู†ุชู‡ู‰ .

"Adzannya anak kecil yang belum berakal maka tidak sah dan tidak dianggap, karena apa yang keluar dari orang yang belum berakal tidaklah dinilai, dianggap seperti suara burung saja. (Bada'i Shana'i, 1/150)

ย 

Imam Ibnu Qudamah mengatakan:

ย ูˆู„ุง ู†ุนู„ู… ููŠู‡ ุฎู„ุงูู‹ุงย 

Kami tidak ketahui adanya perbedaan pendapat dalam hal ini. (Al Mughni, 1/300)

Demikian. Wallahu A'lam

ย 

๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒธ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒธ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒธ

Dipersembahkan oleh : www.manis.id

Subscribe YouTube MANIS : https://youtube.com/c/MajelisManisOfficial

Follow IG MANIS : http://instagram.com/majelismanis

๐Ÿ“ฑInfo & Pendaftaran member : https://bit.ly/gabungmanis

๐Ÿ’ฐ Donasi Dakwah, Multi Media dan Pembinaan Dhuafa

An. Yayasan Manis

No Rek BSI : 7113816637

Konfirmasi:

wa.me/6285279776222

wa.me/6287782223130