Siksa Kubur Itu Nyata, Siapkan Diri Kita

Selasa, 16 April 2024. Viral, tontonan di Hari Raya Idul Fitri sebuah film yang mengangkat judul Siksa Kubur. Alam kubur yang merupakan waktu transisi antara kehidupan dunia dan akhirat yang didalamnya terdapat dua kemungkinan yaitu nikmat kubur atau sebaliknya siksa kubur. Dalam tulisan ini, tidak akan membahas tentang konten, teori dan kontroversi dari film tersebut, namun setelah dua kali menonton film ini tanpa skip mengantuk, terdapat beberapa hal yang perlu kita renungkan bersama antara lain:

  1. Siksa Kubur Itu Nyata

Begitu banyak ayat dan hadist-hadist nabi Muhammad SAW yang menggambarkan tentang eksistensi kehidupan di alam kubur, salah satunya tercantum dalam QS Ibrahim Ayat 27 yang berbunyi

“Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu dalam kehidupan di dunia dan di akhirat; dan Allah menyesatkan orang-orang yang lalim dan memperbuat apa yang Dia kehendaki.”

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menerangkan tentang ayat “Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu dalam kehidupan di dunia dan di akhirat”, beliau mengatakan,

“Di dalam kubur akan ditanyakan siapa Rabbmu, apa agamamu, dan siapa nabimu.” (HR. Tirmidzi, no. 3120, Bukhari, no. 1369 dan Muslim, no. 2871).

Ingatlah, bisa jadi ketika kita didunia dengan mudah menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, namun tidak ketika kita berada di alam kubur, jika iman kita tidak diteguhkan Allah Taála, maka bisa saja kita kesulitan mengucapkan Allah, saat ditanya siapa Rabbmu.

  1. Perhatikan Apa yang Kita Lakukan di Dunia

Dalam film Siksa Kubur, begitu banyak kejahatan/keburukan manusia yang dipaparkan selama berada di kehidupan dunia seperti pelecehan, kesyirikan, pembunuhan (termasuk bunuh diri), perzinaan, durhaka kepada orang tua, pembiaran terhadap kejahatan, dan tentu hal-hal tersebut menjadi sebab adanya siksa kubur bagi para pendosa.

Image removed.
Sumber Gambar : https://kalam.sindonews.com/read/918349/69/gambaran-siksa-kubur-dan-4-amalan-yang-menyelamatkan-1666282212

Selain itu, terdapat juga hadist yang familiar terkait siksa kubur bagi yang menghiraukan adab buang air kecil (kencing), dimana diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bersihkanlah diri dari kencing. Karena kebanyakan siksa kubur berasal dari bekas kencing tersebut.”

  1. Amalan supaya Terhindar dari Siksa Kubur

Walau bagaimanapun, terdapat beberapa amalan yang bisa menghindarkan diri dari siksa kubur yang bisa kita lakukan. Pertama yaitu membersihkan diri dari bekas kencing dengan sebenar-benarnya dari badan atau pakaian kita sehingga kita dalam kondisi suci, khususnya saat hendak melaksanakan ibadah sholat. Kedua yaitu membaca surat Al Mulk yang berjumlah 30 ayat setiap malam menjelang tidur, dimana keutamaan surat ini yaitu penghalang dari siksa kubur. Ketiga yaitu membaca doa sebelum salam pada setiap sholat, dimana doa yang dianjurkan yaitu berlindung dari siksa neraka Jahannam, dari siksa kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari kejahatan fitnah Al-Masih Ad-Dajjal).

Image removed.
Sumber Gambar : https://www.blibli.com/friends/blog/bacaan-doa-sebelum-salam-20/

Ya Allah jauhkanlah kami dari siksa kubur yang mengerikan dan terangilah alam kubur dengan amalan yang kami lakukan dan terimalah amalan yang kamil lakukan tersebut.

Wallahuálam bishowwab

 

Tupon Setiawan

DKM Baitussalam PT Akebono Brake Astra Indonesia