๐Ÿƒ๐ŸŒท Kontroversi Dzikir dan Shalawat Di Sela-Sela Tarawih๐ŸŒท๐Ÿƒ

ย 

โ–ชโ–ชโ–ชโ–ชโ–ซโ–ซโ–ซโ–ซ

ย 

Bismillahirrahmanirrahim ..

ย 

Masalah ini memang diperselisihkan ulama sejak dahulu sampai sekarang.

Imam Al Kasani Rahimahullah mengatakan:

ย 

ูˆู…ู†ู‡ุง -ุฃูŠ ุณู†ู† ุตู„ุงุฉ ุงู„ุชุฑุงูˆูŠุญ- ุฃู† ุงู„ุฅู…ุงู… ูƒู„ู…ุง ุตู„ู‰ ุชุฑูˆูŠุญุฉ ู‚ุนุฏ ุจูŠู† ุงู„ุชุฑูˆูŠุญุชูŠู† ู‚ุฏุฑ ุชุฑูˆูŠุญุฉ ูŠุณุจุญุŒ ูˆูŠู‡ู„ู„ ูˆูŠูƒุจุฑุŒ ูˆูŠุตู„ูŠ ุนู„ู‰ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูˆูŠุฏุนูˆ ูˆูŠู†ุชุธุฑ ุฃูŠุถุง ุจุนุฏ ุงู„ุฎุงู…ุณุฉ ู‚ุฏุฑย 

Di antara Sunnah2 shalat tarawih adalah bahwa imam di tiap shalat tarawih dia duduk di antara dua shalat, dia bertasbih, tahlil, takbir, BERSHALAWAT atas Nabi ๏ทบ, berdoa, dan menunggu juga setelah yg shalat yg kelima seukuran sekali rehat, sebab hal ini adalah warisan kaum salaf. Ada pun istirahat setelah lima kali salam apakah ini disunnahkan? Sebagian katakan: YA, sebagian lain mengatakan tidak sunnnah, dan inilah yang benar, sebab itu menyelisihi perilaku kaum salaf.

(Bada'i Ash Shana'i, 1/290)

ย 

Imam Ibnu Hajar Al Haitami ditanya tentang shalawat ditiap-tiap setelah shalat tarawih, Beliau mengatakan bahwa itu bid'ah jika dilakukan karena mengkhususkannya, tapi tidak apa-apa bagi yang tidak mengkhususkannya, Beliau mengatakan:

ย ุงู„ุตู„ุงุฉ ููŠ ู‡ุฐุง ุงู„ู…ุญู„ ุจุฎุตูˆุตู‡ ู„ู… ู†ุฑ ุดูŠุฆุงู‹ ููŠ ุงู„ุณู†ุฉ ูˆู„ุง ููŠ ูƒู„ุงู… ุฃุตุญุงุจู†ุง ูู‡ูŠ ุจุฏุนุฉ ูŠู†ู‡ู‰ ุนู†ู‡ุง ู…ู† ูŠุฃุชูŠ ุจู‡ุง ุจู‚ุตุฏ ูƒูˆู†ู‡ุง ุณู†ุฉ ููŠ ู‡ุฐุง ุงู„ู…ุญู„ ุจุฎุตูˆุตู‡ ุฏูˆู† ู…ู† ูŠุฃุชูŠ ุจู‡ุง ู„ุง ุจู‡ุฐุง ุงู„ู‚ุตุฏุŒ ูƒุฃู† ูŠู‚ุตุฏ ุฃู†ู‡ุง ููŠ ูƒู„ ูˆู‚ุช ุณู†ุฉ ู…ู† ุญูŠุซ ุงู„ุนู…ูˆู… ุจู„ ุฌุงุก ููŠ ุฃุญุงุฏูŠุซ ู…ุง ูŠุคูŠุฏ ุงู„ุฎุตูˆุต ุฅู„ุง ุฃู†ู‡ ุบูŠุฑ ูƒุงู ููŠ ุงู„ุฏู„ุงู„ุฉ ู„ุฐู„ูƒ. ุงู†ุชู‡ู‰.

ย 

Bershalawat pada posisi ini secara khusus, kami belum melihat ini sebagai sunnah, tidak pula kami melihat ini sebagai perkataan sahabat-sahabat kami (Syafi'iyah). Maka, ini adalah bid'ah yang terlarang bagi yang mengkhususkannya, tapi bukan bagi yang melakukannya dgn tidak mengkhususkannya.ย 

(Al Fatawa Al Fiqhiyah Al Kubra, 1/186)

ย 

Syaikh Abdullah Al Faqih Hafizhahullah mengatakan:

ย  ูˆุฃู…ุง ุงู„ุชู‡ู„ูŠู„ ูˆุงู„ุชุณุจูŠุญ ูˆุงู„ุตู„ุงุฉ ุนู„ู‰ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูˆู†ุญูˆ ุฐู„ูƒ ู…ู† ุฃู†ูˆุงุน ุงู„ุฐูƒุฑ ุจุนุฏ ูƒู„ ุฑูƒุนุชูŠู† ููŠ ุตู„ุงุฉ ุงู„ุชุฑุงูˆูŠุญ ุฃูˆ ุจุนุฏ ูƒู„ ุฃุฑุจุน ูู…ุญู„ ุฎู„ุงู ุจูŠู† ุฃู‡ู„ ุงู„ุนู„ู… ุฑุญู…ู‡ู… ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ุŒ ูู…ู†ู‡ู… ู…ู† ุงุณุชุญุจู‡ ูˆู…ู†ู‡ู… ู…ู† ุฃุฌุงุฒู‡ ูˆู…ู†ู‡ู… ู…ู† ุนุฏู‡ ุจุฏุนุฉ ู…ู†ู‡ูŠุง ุนู†ู‡ุง.

Ada pun tahlil, tasbih, shalawat kepada Rasulullah ๏ทบ, dan dzikir lainnya, setelah tiap-tiap dua rakaat tarawih, atau empat rakaat, adalah zona khilafiyah para ulama Rahimahullah, di antara mereka ada yang menyunnahkan, membolehkan, dan ada juga yg menilainya bid'ah terlarang.

(Fatawa Asy Syabakah Al Islamiyyah no. 69133)

ย 

Maka, lapang dada saja. Bagi yang meyakini itu ada, maka silahkan jalankan penuh khidmat jangan sampai dijadikan gurauan. Jangan ingkari yang lain.

Bagi yang meyakini itu tidak ada, silahkan jalankan keyakinannya. Jangan pula ingkari yang lain pendapat.

ย 

Imam Sufyan Ats Tsauri Rahimahullah

ุฅุฐุง ุฑุฃูŠุช ุงู„ุฑุฌู„ ูŠุนู…ู„ ุงู„ุนู…ู„ ุงู„ุฐูŠ ู‚ุฏ ุงุฎุชู„ู ููŠู‡ ูˆุฃู†ุช ุชุฑู‰ ุบูŠุฑู‡ ูู„ุง ุชู†ู‡ู‡.

โ€œJika engkau melihat seorang melakukan perbuatan yang masih diperselisihkan, padahal engkau punya pendapat lain, maka janganlah kau mencegahnya.

(Imam Abu Nuโ€™aim Al Asbahany, Hilaytul Auliya, 3/133)

Demikian. Wallahu a'lam

๐Ÿ“™๐Ÿ“˜๐Ÿ“•๐Ÿ“’๐Ÿ“”๐Ÿ““๐Ÿ“—

๐Ÿ–‹ Farid Nu'man Hasan

๐Ÿ”ˆ Join Channel: bit.ly/1Tu7OaC

๐Ÿ…ฟ๏ธ Fanpage: https://facebook.com/ustadzfaridnuman

โ„๏ธ Kunjungi website resmi: alfahmu.id