Banyak Feedback, Bukan Berarti Jelek

Ahad, 24 Maret 2024. Setelah disubmit ke email pak Bambang Jatmiko, Jurnalis Kompas.com. Alhamdulillah mendapatkan banyak feedback dari Pak Bambang atas caption yang dibuat di link berikut amaliah.id/node/24093. Banyak feedback bukan berarti jelek, tapi feedback adalah cara terbaik untuk memperbaiki apa yang sudah ada untuk menjadi lebih sempurna.

ss

Tugas 1 - Sayang Dibuang, Mending Barang Dilelang

Ahad, 25 Februari 2024. Yayasan Amanah Astra (YAA) melalui Program Sedekah Barang, mengajak insan Astra bersedekah barang yang tidak terpakai di sela-sela pertandingan Kambing CUP 2024, dimana barang akan dilelang dan hasil lelang barang dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas kebaikan.

Pelelangan dilakukan secara online melalui website amaliah.id dan insan Astra dapat memberikan penawaran langsung atas barang-barang yang diincar dan dibutuhkan.

“Lelang Sedekah Barang ini diminati oleh karyawan Grup Astra karena barang yang ditawarkan lebih murah.” ungkap Ganjar

Jadi sayang dari pada barang dibuang, mending barang dilelang karena selain berpahala, Insyaa Allah barang tersebut lebih bermanfaat bagi pemenang lelang.

Berikut feedback tugas pertama 

  • Tulisan sudah cukup bagus dan runtut
  • Caption memuat informasi tambahan yang bisa memperkaya isi tulisan, seperti halnya ada informasi tempat lelang yakni di amaliah.id
  • Tulisan juga oke karena ada ajakan atau call to action agar pembaca mengikuti program yang dijalankan
  • Sedikit masukan: ejaan perlu disesuaikan dengan EYD.

dd

Tugas 2 - Ingin Bumi Cantik, Jangan Bawa Botol Plastik

Ahad, 25 Februari 2024. Komitmen Astra Gema Islami terhadap Astra Sustainability kembali dibuktikan dalam penyelenggaraan Kambing CUP 2024 dimana Panitia tidak menyediakan minuman kemasan dan melarang peserta membawa botol plastik atau kemasan, karena dengan komitmen ini, maka panitia telah berusaha menjalin hubungan baik dengan alam (Hablum Minal Alam).

Tidak tanpa solusi, komitmen tersebut diaktualisasikan melalui Kampanye Zero Waste Amaliah, dimana panitia menyediakan begitu banyak galon isi ulang yang bisa dimanfaatkan para peserta Kambing Cup untuk bisa mengisi ulang tumbler-tumbler mereka.

Alhasil, sampah plastik signifikan berkurang dan komitmen ini akan menjadi bukti bahwa insan Astra ingin Bumi Semakin Cantik tanpa Botol Plastik.

Berikut feedback tugas kedua

  • Tulisan sudah mengandung narasi yang bagus: Komitmen Astra Gema Islami terhadap Astra Sustainability kembali dibuktikan dalam penyelenggaraan Kambing CUP 2024 dimana Panitia tidak menyediakan minuman kemasan dan melarang peserta....
  • Tulisan runtut
  • Dalam tulisan terdapat informasi tentang implementasi dari komitmen tersebut.
  • Sedikit masukan, di paragraf 1 perlu dijadikan 2 kalimat agar tidak terlalu panjang dan membuat pembaca lebih nyaman dalam membacanya. Jika direvisi untuk paragraf 1, kurang lebih menjadi:  Komitmen Astra Gema Islami terhadap Astra Sustainability kembali dibuktikan dalam penyelenggaraan Kambing CUP 2024. Dalam acara ini panitia tidak menyediakan minuman kemasan dan melarang peserta membawa botol plastik atau kemasan.  
  • Kalimat atau bagian dari paragraf 1 ini  baiknya ditaruh di paragraf paling akhir karena ini adalah kesimpulan:  Dengan komitmen ini, maka panitia telah berusaha menjalin hubungan baik dengan alam (Hablum Minal Alam).

Nah dua feedback ini, sangat bermanfaat untuk penulisan kedepannya sehinga diharapkan hasilnya lebih baik lagi. Intinya jangan khawatir dalam menulis, tuangkan saja yang ada di pikiran kita, perkara bagus atau tidak tulisannya, semua butuh proses dan proses itu nanti yang akan menyempurnakan. Terima kasih buat Pak Bambang atas masukan dan feedback yang sangat luar biasa dan konstruktif.

 

Tupon Setiawan

DKM Baitussalam PT Akebono Brake Astra Indonesia 

Tag
Kegiatan Ramadan