Mauidhoh Hasanah Ust. Nasirin, Safari Ramadhan Batch 2

Foto bersama

Jum'at, 22 maret 2023

Kegiatan safari ramadhan batch 2 telah selesai di laksanakan di 8 afdeling PT GSIP. Salah satunya Afdeling Charly GSIP. Sebagai pengisi mauidhoh hasanahnya yaitu ust. Nasirin dan diikuti oleh jama'ah warga Charly GSIP dan rombongan Safari Ramadhan

Dalam mauidhoh hasanahnya Ust. Nasirin menjelaskan tentang waktu larangan berpuasa.

Puasa itu ada 2 jenis, yang wajib dan sunah. Namun ada beberapa waktu kita sebagai umat muslim dilarang untuk mengerjakan puasa yaitu : 

1. Puasa setiap hari atau sepanjang masa hidupnya

"Dari Abdullah bin Amr RA berkata, Rasulullah SAA bersabda : "tidak termasuk berpuasa  orang yang berpuasa selamanya(terus memerus)."(HR dua guru hadits dan juga riwayat an-Nasai, ibnu Majah dan Ahmad)

2. Puasa di dua hari raya, yaitu Hari raya idul fitri dan idhul adha

"Umar bin Khatab RA berkata : "pada dua hari ini Nabi Muhammad SAW telah melarang orang berpuasa, yaitu pada hari raya idul fitri sesudah ramadhan dan hari raya idul adha sesudah wuquf diarafah."(HR.Bukhari, kitab ke 30, kitab shaum bab ke-66, bab shaum dihati fitri)

3. Istri yang melakukan puasa sunah namun tidak mendapat izin dari suaminya

"tidaklah halal bagi seorang wanita untuk berpuasa sedangkan suaminya ada(tidak bepergian) kecuali dengan izin suaminya."(HR. Muttafaqun 'alaih dari Abu Hurairah)

4. Puasa dihari tasyrik

Dari ibnu Ibnu 'umar radhyallahu anhum: "tidak diperkenankan untuk berpuasa pada hari tasyrik kecuali bagi siapa yang tidak mendapatkan hewan qurban." (HR. Bukhari. no 1859)

5. Puasa di hari jum'at (makruh), melainkan puasa dihari sebelum atau sesudahnya. 

"janganlah kalian puasa hari jum'at melainkan puasa sebelum atau sesudahnya." (HR. Bukhari)