Kajian Sirah Nabawiyah (Perang Badar)

Gunawan Arraja • 20 Maret 2024

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, 

Selasa, 19 Maret 2024 (8 Ramadhan 1445 H) 

Ustadz Saiful Bahri
Pemateri : Ustadz Saiful Bahri
(Pimpinan Ponpes Barokatul Musthafa, Bogor) 

 

Alhamdulillah, segala puji dan syukur mari kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, yang telah memberikan nikmat sehat lahir dan batin, juga nikmat yang tiada tara yaitu nikmat Iman dan Islam. 

Pada kesempatan kali ini, DKM An Nur ASKI tengah mengadakan Pengajian Rutin di bulan Ramadhan yang alhamdulillah dilaksanakan ba'da shalat Dzuhur. 

Tema Kajian hari ini adalah tentang Sirah Nabawiyah atau Sejarah Perjalanan Hidup Nabi Muhammad SAW. 

Suasana Kajian Sirah Nabawiyah
Suasana Kajian Sirah Nabawiyah

 

Jika dibahas dari awal hingga akhir, kisah Nabi Muhammad SAW tentunya tidak akan cukup waktu untuk membahasnya. Mengingat waktu kajian hanya berdurasi -+ 30 menit. Maka pembahasan kajian pun akhirnya diringkas menyesuaikan waktu yang tersedia. Kisah yang diceritakan oleh Ustadz Saiful Bahri  hanya sepenggal kisah Nabi yang terjadi di bulan Ramadhan. Salah satu peristiwa yang menjadi sejarah bagi umat Islam yang mana pada bulan Ramadhan tepatnya tanggal 17 Ramadhan tahun ke 2 Hijriah terjadi Pertempuran di lembah Badar antara umat Islam dengan kaum kafir Quraisy.

Pertempuran ini dinamakan Perang Badar. 

Jumlah pasukan kaum muslimin pada perang ini hanya berjumlah 313 orang, sedangkan pasukan kaum kafir Quraisy berjumlah 1000 orang lebih. Jika dilihat dengan logika, mustahil kaum muslimin akan menang di Pertempuran ini. Namun Allah SWT punya rencana yang begitu luar biasa yang menunjukkan kepada kita semua bahwa jumlah bukanlah suatu ukuran untuk menjadi pemenang dalam suatu pertempuran. Jika kita berada di jalan yang benar niscaya Allah akan memberikan kemenangan untuk kita.

Pada akhirnya, kaum muslimin berhasil mengalahkan kaum kafir Quraisy, bahkan ketua suku Quraisy Abu Zahal yang dahulu selalu menyakiti Rasulullah selama berada di Mekkah pun terbunuh.

Wallahu A'lam Bishawab

Demikian informasi kajian DKM An Nur ASKI yang dapat kami sampaikan, mohon maaf jika ada pemaparan materi yang kurang jelas atau sulit difahami. 

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, 

 

Gunawan, 

DKM An Nur ASKI