Kajian Iftor oleh ustadz Dimas Manggala, dan bertempat di masjid albarokah dengan tema: Pengertian taqwa

mengutip firman Allah SWT, taqwa adalah menjalankan segala perintah-perintah Allah dan menjauhi segala larangan-larangan Allah. Taqwa juga diartikan oleh sebagian ulama menjaga diri dari segala sesuatu yang dapat mengundang atau mendatangkan murka dan siksa sebagai hukuman dari Allah SWT. Pengertian taqwa yang lain menurut para ulama adalah mentaati perintah-perintah Allah dan berlindung kepada Allah dari melakukan pelanggaran dan melampaui hukum-hukum Allah.

Lebih jauh manusia menjelaskan sifat-sifat daripada orang yang bertaqwa menurut Alqur'an surat Al-Baqarah ayat 2 sampai dengan 4, terdapat beberapa sifat diantaranya,

beriman kepada yang ghaib, atau percaya kepada sesuatu yang maujud yang tidak bisa ditangkap oleh panca indra, hal tersebut diyakinkan pada dalil yang menunjukkan adanya sesuatu yang maujud seperti adanya Allah SWT, adanya malaikat Allah dan adanya hari akhirat. Sifat taqwa berikutnya adalah mendirikan shalat secara tepat waktu dan terus menerus dilaksanakan dengan memperhatikan rukun dan syarat serta adab-adab shalat itu sendiri. Selanjutnya sifat orang bertaqwa lainnya selalu menafkahkan rezeki yang diberikan allah kepada mereka (fakir miskin, yatim piatu, panti jompo, dll).

Beriman kepada Alqur'an yang diturunkan Allah kepada Rasulullah dan kitab-kitab yang diturunkan sebelum Alqur'an juga salah satu sifat orang bertaqwa. Terakhir, percaya pada hari akhir akan menambah luas sifat taqwa manusia itu sendiri. Untuk mencapai derajat kemulian Allah tidak cukup hanya itu saja namun ada tiga syarat agar kemuliaan taqwa bisa diraih, pertama memiliki ilmu, kedua memiliki amal dan ketiga istiqomah. Menurut ulama lagi taqwa adalah terpadunya tiga unsur tersebut. Orang akan bodoh tanpa ilmu, tentu tidak akan bisa memahami apa itu taqwa. Amal tanpa ilmu juga tidak akan bisa berjalan baik, dan ilmu yang diamalkan tidak dengan istiqomah, maka akan merugi jauh dari arah kemuliaan.

Jadi dapat disimpulkan orang yang bertaqwa sebagaimana disebutkan di dalam Alqur'an, adalah siapa saja berpotensi untuk meraih derajat kemulian disisi Allah. Tidak melihat dari ras, golongan dan status bahkan warna kulit sekalipun. Kemuliaan hanya bisa diukur dengan ketaqwaan seseorang, sebagaimana disebutkan dalam Alqur'an,”sesungguhnya orang yang mulia diantara kamu disisi Allah, adalah orang yang takwa,” ujar Humas mengutip ayat Alqur'an.
Pengertian iman, Iman berarti percaya,dikutip dari hadis nabi cara beriman yg benar itu ada 3 yaitu:
1.Iman yg diyakini dalam hati contohnya beriman kepada allah bahwa allah itu ada sebagai tuhan selalu mengawasi hambanya
2.diucapkan dengan lisan yaitu iman dengan mengucapkan / berkata membaca syahadat membaca alquran sebagai contoh rasa iman kepada kitab al quran
3.dilakukan dg amal perbuatan yaitu berkaitan dg fisik dimana iman itu dilakukan dengan perbuatan contoh beriman kepada allah yaitu dg cara beribadah melakukan perintahnya contohnya puasa dll.

Dkm Pama sangata
Kaltim