Pintu syurga Ar Royyaan

Sutrisno Tnoz • 7 April 2023

ONE DAY ONE HADITS

Pintu Ar-Rayyan Bagi Orang Yang Berpuasa 

عن سهل بن سعد رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال : [إن في الجنة بابا يقال له الريان يدخل منه الصائمون يوم القيامة لا يدخل منه أحد غيرهم يقال : أين الصائمون ؟ فيقومون لا يدخل منه أحد غيرهم ، فإذا دخلوا أغلق فلم يدخل منه أحد]

Dari Sahl bin Sa’ad, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,"Sesungguhnya di surga ada pintu yang dinamakan Ar-Rayyan. Orang-orang yang berpuasa di hari kiamat masuk dari pintu itu. Tidak dibolehkan seorang pun memasukinya selain meraka. Lalu dikatakan, ‘Dimana orang-orang yang berpuasa?' Mereka pun bangkit, tidak ada seorang pun yang masuk kecuali dari mereka. Ketika mereka telah masuk, (pintunya) ditutup dan tidak seorang pun masuk lagi." (HR. Bukhari 1896 dan Muslim 1152).

Pelajaran yang terdapat di dalam hadits :

1. Betapa istimewanya orang-orang yang berpuasa di hadapan Allah Ta’ala. Bukan saja mereka akan meraih surga dengan izin-Nya, bahkan juga akan memasuki juga lewat pintu yang hanya dibuka khusus orang-orang yang berpuasa.
2. Ibnu Hajar Al Asqolani dalam Al Fath menyebutkan, “Ar Rayyan dengan menfathahkan huruf ro’ dan mentasydid ya’, mengikuti wazan fi’il (kata kerja) dari kata ‘ar riyy‘ yang maksudnya adalah nama salah satu pintu di surga yang hanya dikhususkan untuk orang yang berpuasa memasukinya. 
3. Ar Rayyan bisa berarti puas, segar, dan tidak haus. Sehingga Ibnu hajar mengatakan, kata Ar Rayyan adalah turunan dari kata ar riyy yang artinya bersesuaian dengan keadaan orang yang berpuasa. Orang yang berpuasa kelak akan memasuki pintu tersebut dan tidak pernah merasakan haus lagi.” (Fathul Bari, 4: 131).
4. Hadits di atas juga menunjukkan al jaza’ min jinsil ‘amal, yaitu balasan dari Allah sesuai dengan jenis amalan.  Seperti dalam hadits,

إِنَّكَ لَنْ تَدَعَ شَيْئاً اتِّقَاءَ اللَّهِ جَلَّ وَعَزَّ إِلاَّ أَعْطَاكَ اللَّهُ خَيْراً مِنْهُ

“Jika engkau meninggalkan sesuatu karena Allah ‘azza wa jalla, maka Allah akan mengganti padamu dengan yang lebih baik” (HR. Ahmad)
5. Surga memiliki delapan pintu, salah satunya bernama Ar Rayyan, seperti tersebut dalam hadits,

عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ – رضى الله عنه – عَنِ النَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – قَالَ « فِى الْجَنَّةِ ثَمَانِيَةُ أَبْوَابٍ ، فِيهَا بَابٌ يُسَمَّى الرَّيَّانَ لاَ يَدْخُلُهُ إِلاَّ الصَّائِمُونَ »

Dari Sahl bin Sa’ad radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ia berkata, “Surga memiliki delapan buah pintu. Di antara pintu tersebut ada yang dinamakan pintu Ar Rayyan yang hanya dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa” (HR. Bukhari no. 3257).
6. Maka rugi dan celakalah siapapun yang tidak memanfaatkan bulan Ramadhan untuk meraih ampunan dan memasuki pintu khusus, yakni Ar Rayyan.
7. Puasa yang dijanjikan dengan pintu Ar Rayyan adalah puasa yang bisa : Hifzul Lisan (menjaga lisan), Kaffus Sam’i (menjaga pendengaran), Ghaddul Bashar (menjaga pandangan), Kaffu baqiyatil abdan minal atsam (menjaga badan dari perbuatan dosa dan tdk beanfaat) dan sebagainya. Bukan sekedar menahan lapar dan dahaga.

Tema hadits yang berkaitan dengan Al Qur'an :

- Banyak kebaikan-kebaikan yang akan diterima oleh orang yang berpuasa, salah satunya ada masuk dari pintu yang khusus yakni Ar Rayyan. Jika berbagai macam kebaikan itu diketahui oleh manusia, pasti mereka akan berlomba-lomba ingin mendapatkannya. Allah ta’ala berfirman,

فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ ۚ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ ۖ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." (QS Al-Baqarah ; 184)