Bekasi, 05 April 2023 / 14 Ramadhan 1444 H

Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokaatuh

Alhamdulillah Wa Syukurillah, tak ada ucapan yang pantas diucapkan untuk mengawali artikel ini selain ucapan syukur kita karena kita selalu diberikan kemudahan dalam beribadah utamanya di Ramadhan yang penuh berkah ini.

Kali ini kami akan meliput agenda teman-teman jamaah Al-Kautsar di hari ke 14 Ramadhan yakni Kajian Muslimah Ramadan dengan judul "Sejarah Puasa Ramadan". Masya Allah Tabarakallah.

Sejarah puasa Ramadhan merupakan yang melatar belakangi puasa Ramadhan itu menjadi ibadah yang harus dilakukan khususnya di bulan Ramadhan. Sejarah puasa Ramadhan bagi umat Islam memiliki makna yang sangat mendalam terutama untuk mempercayai adanya kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan dan beribadah kepada Allah SWT. Puasa juga dilakukan tidak hanya saat waktu bulan Ramadhan saja. Namun orang Islam juga melakukan puasa-puasa lain di luar bulan Ramadhan.

Perintah untuk melaksanakan puasa sendiri sudah tercantum dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 183 berikut ini:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa.

 

Copyright by Dwi Jayanti

Semoga sedikit tulisan artikel pada kesempatan kali ini bisa memberikan motivasi untuk terus meningkatkan ibadah kita di bulan suci Ramadhan.

Apabila ada kekurangan atau kesalahan dalam penulisan, kami selaku penulis memohon maaf karena sejatinya kebenaran hanya datang dari Alloh Subhanahu Wa Ta’Ala dan semoga kita mendapat bimbingan-Nya untuk selalu berada di jalan kebenaran Aamiin Yaa Robbal’Alamiin.

Wassalamualaikum Warohmatullohi Wabarokaatuh.