Jamaah, Jika Anda Lelah, Istirahatlah

Rasa Lelah, adalah bentuk kasih sayang yang diberikan Allah SWT kepada manusia, begitu juga kantuk. Rasa lelah dan kantuk adalah signal dari Allah SWT terhadap tubuh manusia untuk dapat diobati dengan cara beristirahat sejenak, memulihkan rasa lelah dan kantuk tersebut, sehingga bisa melanjutkan aktivitas yang sedang dan akan dilakukan.

Karyawan PT Akebono Brake Astra Indonesia, sekaligus sebagai jamaah Masjid Baitussalam, mulai bekerja efektif sejak pukul 07.30 hingga 16.15 WIB. Pada pukul 12.00 WIB, bel berbunyi pertanda waktu untuk melaksanakan istirahat, makan dan sholat. Kita pasti dapat membayangkan rutinitas pekerjaan ini akan berdampak pada tubuh kita, yaitu akan timbul rasa lelah dan kantuk. Dipastikan mereka akan mencari tempat yang nyaman, hanya untuk sekedar melepas rasa lelah dan kantuk dengan meregangkan otot-otot yang kaku dan letih.

Menghampiri Masjid Baitussalam adalah pilihan yang tepat, yang pasti untuk menjalankan ibadah sholat Dhuhur berjamaah, berdzikir dan dilanjutkan merebahkan tubuh sejenak, memejamkan mata, kurang lebih hingga bel istirahat selesai berbunyi. Hal ini senada dengan hadist Rasulullah SAW yang berbunyi “Tidurlah qailulah (tidur siang) karena setan tidaklah mengambil tidur siang.” (HR Abu Nu’aim dalam Ath-Thibb 1: 12; Akhbar Ashbahan, 1: 195, 353; 2: 69).

Tidur
Suasana Masjid Bada Sholat Dhuhur Berjamaah

Sabda Nabi Muhammad SAW tersebut, mengacu pada Firman Allah SWT dalam QS Ar-Ruum: 23 tentang keberkahan melakukan tidur di tengah hari, yang artinya “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan." 

tidur
Jamaah, Jika Anda Lelah, Istirahatlah

Jamaah, Jika Anda Lelah, Istirahatlah. Pastikan saat tidur siang di Masjid Baitussalam, dalam keadaan suci dan tetap menjaga kebersihan dan jangan sampai mengambil tempat bagi orang yang akan melaksanakan sholat atau mengganggu orang yang menjalankan ibadah sholat dan ibadah lainnya. Wallahua’lam

 

Tupon Setiawan

DKM Baitussalam - PT Akebono Brake Astra Indonesia