Shift !

Perubahan adalah sesuatu yang pasti, dari peradaban ke peradaban manusia selalu berhadapan dengan sebuah perubahan, baik itu perubahan kecil (Change) sampai perubahan yang signifikan (Shift). Dampak pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak 2020 memaksa manusia beradaptasi dengan perubahan besar dalam berkehidupan salah satunya dalam pengadaan kegiatan / event.

DKM yang merupakan motor kegiatan di lingkungan sekitar mesjid (yang kebetulan berada di Perusahaan) tentunya harus mengikuti perubahan dalam menyelenggarakan berbagai macam kegiatan.

Oleh karena itu, pada Tahun 2020 - 2022 DKM Ibaadurrahmaan menyelenggarakan kegiatan ramadhan yang bersifat online, pengecualian ada pada tahun 2022 dimana kegiatan mulai dilakukan dengan mode Hybrid.

Diantara kegiatan yang dilaksanakan ada satu kegiatan yang secara konsisten diadakan secara online yaitu QUIZ RAMADHAN. Quiz ramadhan merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk berbagi pengetahuan islami dengan seluruh insan muslim Patria.

Pada 2020-2021 Quiz ramadhan dilakukan melalui media email, dimana pertanyaan dan jawaban akan dikirim menggunakan email internal, hal ini tentunya membuat panitia harus bekerja luar biasa untuk mengoreksi jawaban peserta, namun antusiasme peserta sendiri tidak terlalu tinggi mengingat media yang digunakan tidak dimiliki oleh sebagian insan muslim patria.

Pada 2022, panitia memutuskan untuk mengubah metode quiz ramadhan dengan menggunakan aplikasi Quizziz, Astra Gema Islami tentunya memberikan banyak sekali inspirasi untuk ini. Saya (Rizky) dan Majib merupakan dua orang yang bertanggungjawab untuk pelaksanaan Quiz Ramadhan Patria tahun ini, kami berdua bisa dibilang adalah salah dua orang dari Patria yang secara konsisten mengikuti kegiatan Astra Gema Islami (terutama CCIA) sejak 2015, bahkan kami berada di tim yang sama saat menjadi juara 3 di CCIA AGI 2017.

Juara AGI

(Rizky & Majib memegang Sign Juara 3 Lomba CCIA)

Kami berdua tentunya terpengaruh dari AGI dalam proses penyelenggaraan kegiatan Quiz Ramadhan Patria 1433 H bahkan untuk soal-soal pun ada banyak yang kami ambil dari Bank SOal AGI 2021, kami sangat berterimakasih untuk hal ini.

Skip ke fasa penyelenggaraan, saya dan Majib mencoba untuk mendefine step penyelenggaraan quiz sbb :

  1. Penentuan Jumlah Quiz (ditentukan akan ada 5 edisi quiz yang akan terbit setiap selasa / kamis selama bulan ramadhan),
  2. Penentuan tema soal quiz per edisi (disini Majib berperan besar dalam memilah dan memilih tema soal quiz untuk setiap edisinya),
  3. Pembuatan soal quiz,
  4. Pembuatan Flyer,
  5. Penyelenggaraan per edisi.

Alhamdulillah hari ke hari berhasil dijalankan, namun pada pelaksanaannya tentu ada banyak problema yang harus dihadapi, salah kasih soal, jawaban tidak ada, jawaban benar ada dua bahkan sampai permasalahan tautan yang ternyata tidak terafiliasi. Pada akhirnya alhamdulillah semua hal bisa diatasi dengan baik.

Yang kami syukuri antusiasme dari Insan Muslim patria ternyata cukup tinggi, hingga kami harus menambah edisi quiz sampai edisi ke 7.

Alhamdulillah hari ini tanggungjawab kami sudah selesai, quiz sudah sampai ke edisi ke 7, seluruh pemenang sudah didapatkan, insyaallah besok hadiah akan meluncur ke e-wallet masing-masing pemenang untuk menemani perjalanan mudik mereka.

Banyak hal yang kami pelajari, bahwa tidak mudah mengadakan quiz, memfilter soal, dan lain sebagainya, salut untuk panitia AGI yang secara konsisten mengadakan CCIA setiap tahunnya, semoga selalu berinovasi dalam change maupun shift.

Remember, SHIFT DO HAPPENS !

Editor : Rizky Nugraha

Quizas

QUizan