Adab Berwudhu

rizky yulanda • 5 Mei 2021

*Pembelajaran Adab Harian*

*Adab Berwudhu*

ثم خذ غرفة لوجهك، فاغسل بها من مبتدأ تسطيح الجبهة إلى منتهى ما يقبل من الذقن في الطول، ومن الأذن في العرض، وأوصل الماء إلى موضع التجديف، وهو ما يعتاد النساء تنحية الشعر عنه، وهو ما بين رأس الأذن إلى زاوية الجبين، أعني ما يقع منه في جبهة الوجه
Kemudian ambillah satu cakupan air untuk wajahmu ,basuhlah wajahmu dari permulaan lebarnya dahi sampai belakangnya janggut ini dalam ukuran panjangnya wajah , dan dari telinga dalam ukuran lebarnya wajah. dan sampaikanlah air tersebut ke tempat tajdiif.
Yang dimaksud tempat tajdif adalah tempat yang biasanya seorang perempuan itu menyingkirkan rambutnya dari situ,yaitu tempat diantara telinga sampai pinggirnya dahi,maksudnya tempat jatuhnya rambut dari dahinya wajah.

وأوصل الماء إلى منابت الشعور الأربعة: الحاجبين، والشاربين، والأهداب، والعذران (وهما ما يوازيان الأذنين، من مبتدأ اللحية) 
dan sampaikanlah airnya ke tempat-tempat tumbuhnya rambut yang 4, yaitu dua alis, dua kumis, bulu mata dan rambut ditepi pipi,maksudya 'idzron (rambut ditepi pipi) adalah rambut yang menghadapi telinga dari tempat permulan tumbuhnya jenggot.

ويجب إيصال الماء إلى منابت الشعر من اللحية الخفيفة، دون الكثيفة؛ وقل عندن غسل الوجه: اللهم بيض وجهي بنورك يوم تبيض وجوه أوليائك، ولا تسود وجهي بكلماتك يوم تسود وجوه أعدائك
dan wajib sampainya air ketempat-tempat tumbuhnya rambut yaitu jenggot yang tipis kalau yang tebal tidak wajib. dan ketika membasuh wajah ucapknlah :

اَللَّهُمَّ بَيِّضْ وَجْهِيْ بِنُوْرِكَ يَوْمَ تَبْيَضُّ وُجُوْهُ أَوْلِيَائِكَ، وَلَا تُسَوِّدْ وَجْهِيْ بِكَلِمَاتِكَ يَوْمَ تَسْوَدُّ وُجُوْهُ أَعْدَائِكَ
"Yaa Allah putihkanlah wajahku dengan cahaya-Mu dihari putihnya wajah2 para walimu, dan janganlah Engkau hitamkan wajahku dengan kalammu dihari hitamnya wajah-wajah musuh-Mu "

 

ولا تترك تخليل اللحية الكثيفة 
dan janganlah kau tinggalkan mensela-selai jenggot yang tebal.

Perusahaan Grup Astra
TOYOTA
Wilayah Grup Astra
Jadetabek