Karawang – Seperti biasa produktifitas makin meningkat setelah beberapa bulan sebelumnya harus “meredup” mengikuti arahan Pemerintah Kabupaten Karawang untuk Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Dilansir dalam detik.com Pemkab Karawang memperlakukan PSBB selama 14 hari kerja mulai dari 8 Februari – 22 Februari 2021. Hal tersebut berdampak pada peraturan kebijakan baru perusahan. Atas dasar tersebut PT Toyota Astra Motor (TAM) NVDC Karawang mulai memberlakukan kebiasaan baru hidup sehat bagi seluruh karyawan. Dengan menggandeng tim SHE (Safety Healty and Environment), SPSI (Serikat Pekerja Seluruh Indonesia) dan tentunya DKM Safinnatunnajah, Toyota Astra Motor selaku pelaku bisnis proses yang menaungi dan bertanggung jawab atas kondisi kesehatan karyawan memberikan upaya yang terbaik untuk semua lini, di antaranya:

  1. Seluruh karyawan wajib melakukan tes rapid covid19.
  2. SHE wajib mengecek suhu tubuh karyawan sebelum memasuki area parbik.
  3. Seluruh karyawan wajib mengisi aplikasi SHD sebagai upaya control dan tracking kondisi kesehatan karyawan serta wajib memakai masker, baik saat di area dalam maupun di luar pabrik.
  4. Memberlakukan WFH 50% dan WFO 50% bagi karyawan dengan system gilir setiap Minggu.
  5. Tidak diperkenankan menerima tamu dari luar area kecuali dapat menunjukan surat hasil tes rapid yang berlaku 3 hari setelah rapid dengan hasil negative.
  6. Khatib Jumat eksternal akan digantikan dengan khotib internal yang diatur sesuai aturan DKM.
  7. Memberlakukan pembatasan jarak shaf solat dengan jarak 1 meter.

Dengan adanya kebijakan tersebut diharapkan mampu mengurangi penularan Covid-19. Hal ini tentu sesuai dengan himbauan pemerintah tentang penanggulangan penyebaran Covid-19.

Di lain sisi, hal tersebut ternyata tidak mengurangi rasa semangat karyawan dalam ikut meyemarakan perhelatan akbar Astra Gema Islami 2021. Tepatnya pada Jumat (30/4) yang bertepatan dengan peluncuran mobil baru Toyota Raize GR, DKM Safinatunnajah yang diprakasi oleh Rizky Yulanda (27) selaku salah satu anggota DKM untuk membangunkan kembali singa yang tertidur. Dengan mengusung tema Ramadhan tahun ini “Saatnya Ramadhan Charging Hati" Toyota melalui Badan Koordinasi Toyota (BKMT) siap berkompetisi dalam ajang bergengsi tersebut.

“Ya, nggak papa kita coba dulu, walaupun ini sudah telat di tengah jalan dalam ajang perlombaan AGI tapi paling tidak kita sudah berusaha.”Imbuhnya dalam pesan whatsaap.

Selain proses prouduksi yang terus meningkat pun bertepatan dengan peluncuran model baru yang mana rata-rata anggota DKM adalah orang yang berperan dibalik peluncuran mobil tersebut. Sehingga di awal Ramadhan focus kami pada persiapan peluncuran model yang digadang-gadang akan meramaikan penjualan Toyota periode Mei 2021.  – SP

Perusahaan Grup Astra
TOYOTA
Wilayah Grup Astra
Purwakarta/Subang/Karawang