Tingkatkan Ta'at di Akhir Ramadhan

Miftah Astra • 6 April 2024

Berikut adalah ringkasan khutbah jum'at, 4 april 2024, yang disampaikan oleh ustadz adjat.

 

2 nikmat yg tertipu... yaitu kesehatan dan waktu luang..
Ketika Alloh memberikan 2 nikmat ini jangan sampai di sia sia kan.
Ketika Kita menyia-nyiakan nikmat sehat, ketahuilah  diluar sana banyak sekali yg sedang memohon kepada Alloh untuk diberikan sehat, tiada lain agar mereka bisa taat dan beribadah kembali.

Andai kita melalaikan waktu luang, kesempatan umur yg Alloh berikan. Ketahuilah diluar sana banyak sekali orang orang yang tidak ada waktu untuk beribadah, untuk taat kepada Alloh.
Makanya kata ulama, ketika berkumpul 2 nikmat ini jangan sampai disia-siakan.

jangan lah kalian menjadi orang orang yang lupa kepada Alloh, nanti Alloh akan melupakan kita.
ciri orang yg dilupakan oleh Alloh, ialah akan dibuat hamba itu tidak nyaman dalam beribadah, sulit dalam beribadah dan cenderung akan dijauhkan dari kebaikan.

Dunia ini tidak berlangsung lama, maka siapapun yg pergi dari dunia ini, sementara cukup bekal untuk Menuju Alloh, maka dialah pemenangnya.

Siapapun yg pergi  meninggalkan dunia ini tanpa bekal tanpa amal sholeh tanpa taqwa, maka ibarat ia berlayar ke tengah lautan tanpa sampan atau tanpa perahu.

Tidak terasa hari berasa begitu cepat, artinya semakin mendekatkan kita kepada kematian. Waktu adalah modal, sebaik baiknya manusia adalah ketika diberi modal, diberi waktu diberi kesempatan diberi umur ia gunakan sebaiknya untuk berbekal kepada Alloh.

Kita saat ini berada diakhir akhir perjalanan bulan romadhon, saat terakhir bisa jadi ini saat terbaik buat kita untuk meraih lailatul qodar. Tidak ada yang diharapkan dari mereka kecuali agar berharap dipertemukan dengan malam lailatul qodar.
Ketika memasuki 10 malam terakhir, kita harus semangat dalam beribadah agar kita mendapatkan malam Lailatul qodar. Jgn lupa untuk.membangunkan keluarganya untuk sholat malam.
Amalan rasul dalam 10 malam romadhon, ialah
1. totalitas beribadah kepada Alloh. Membangunkan keluarganya untuk menghidupkan malam lailatul qodar.
2. Merasa gembira /senang hati dalam melaksanakan ibadah romadhon.

Semoga semangat kita di bulan ramadhan ini mendapat hasil yg baik di 11 bulan ke depan.

Sekian ringkasan khutbah jum'at dari ustadz Adjat.

 

wassalamua'laikum,

Miftah