Cahaya dari Indonesia Timur

Diki Faisal • 1 April 2024

Memasuki 10 hari yang terkahir dkm pama sangata memghadirkan seorang ustadz dari papua yang lebih di kenal dengan ustadz sabun mandi iya beliau adalah Ust Fadlan Garamathan asli orang papua lahir di Kabupaten Fakfak.

 

Pada hari pertama beliau mengisi tabligh akbar di pama sangatta beliau tidak banyak membahas Al Qur'an dan hadits. Tapi beliau bercerita bagaimana perjalanan dakwah beliau di papua.

 

Mujahadah yang luar biasa yang beliau lakukan ketika mengawali dakwah di papua.

Beliau mengawali dakwah dengan mengajak diskusi seorang pendeta yang bernama pendeta alfon.

Tiap pagi beliau selalu kerumah pendeta alfon untuk bertemu dan orang rumahnya selalu mengatkan pendeta alfon tidak dirumah,tapi beliau tidak putus asa, pekerjaan itu beliau lakukan sampai 3 bulan berturut-turut tiap pagi, dan pada akhirnya ust Fadlan mendengar pendeta alfon sakit dan belaiu menjenguknya.

Disitulah awal bertemu dengan pendeta alfon,sehingga singkat cerita hari berikutnya beliau bisa diskusi tentang agama dirumah pendeta alfon.

Dan Subhanallah dalam waktu 5 hari diskusi itu pendeta alfon dan keluarganya masuk islam.

 

Setelah pendeta alfon masuk islam jamaah pendeta alfon pada ribut dan kemudian ust fadlan di penjara 3 bulan.

Didalam penjara beliau lanjutkan dakwahnya dan banyak orang dipenjara bersyahadat,mengetahui hal itu pihak penjara memutuskan untuk melepas ust fadlan.

 

Selang beberapa hari beliau melanjutkan lagi dakwahnya ke suku suku di papua.

Dan tak disangka sangka ketika beliau masuk kesebuah kampung beliau di tombak dan kena kaki beliau.

Dan beliau langusng dibawa ke rumah sakit.

Esok harinya beliau kembali ke kampung itu dan didapati kepala suku yang menombak beliau sakit malaria dengan sigap beliau langsung membawa kepala suku ke rumah sakit dan membiayai semua pengobatanya.

Begitulah akhlak mulia beliau yang mencerminkan seperti akhlak Nabi Muhammad.

Karena kebaikan beliau kemudian si kepala suku dan orang kampung berbondong bondong masuk islam.

 

Beredar informasi bahwa ada satu kampung masuk islam kemudian beliau ditangkap lagi dan dipenjara. Peristiwa beliau dipenjara berulang sampai 3kali. Sampai seorang sipir penjara dekat dengan beliau dan banyak diskusi dengan beliau akhirnya si sipir itu dan keluarganya masuk islam.

 

Mujahadah yang luar biasa yang beliau lakukan untuk mendakwahkan islam di papua.Sehingga membuahkan hasil dengan banyaknya orang papua masuk islam.

 

Karena waktu kultum beliau sudah habis beliau mengakhiri cerita beliau dan akan melanjutkan cerita perjalan dakwah beliau sampai beliau dikenal dengan ust Sabun mandi dan mengislamkan kan 3000 orang sekaligus .

 

Semoga bermanfaat,dan nantikam episode berikutnya kisah perjalan dakwah ust fadlan dipapua.

Diffas