Cara agar bisa lolos seleksi awal di Lomba Tahfidz yang diselenggarakan oleh Yayasan Amaliah Astra secara Online untuk Tingkat Nasional adalah ikuti panduan di ketentuan lomba yang tercantum di poster untuk mendaftar dengan mengisi formulir online di Amaliah.id dengan lengkap dan benar.

Kesalahan calon peserta dalam mengisi formulir online dapat mengakibatkan peserta gugur tidak lanjut dalam proses penilaian berikutnya.

Apa saja kesalahan yang banyak dilakukan oleh pendaftar?

 

Usia Peserta

Usia peserta yang tidak sesuai dengan kategori lomba, dapat mengakibatkan peserta menjadi gugur, tidak dapat melanjutkan ke proses penilaian selanjutnya. Jika lomba memiliki batas minimal dan maksimal usia peserta, maka di luar batas tersebut peserta tidak diperbolehkan mengikuti lomba di kategori usia yang dilombakan tersebut. Pada bagian usia ini ada 2 kelompok calon peserta yang gugur yaitu:

  • Usia peserta lebih tinggi ketentuan
  • Usia peserta lebih rendah dari batas ketentuan

Ada satu lagi yang terlihat di peserta yang gugur karena masalah usia ini yaitu saat mengisi formulir online saat mendaftar salah dalam memilih tanggal lahir, misal tahun lahir tidak diubah sehingga masih memilih tahun lahir pada Tahun 2023.

 

Jumlah Hafalan

Lomba tahfidz yang diselenggarakan juga memiliki ketentuan untuk jumlah hafalan yang dilombakan. Peserta dengan jumlah dan juz hafalan yang tidak sesuai dengan ketentuan lomba akan gugur dan tidak dapat lanjut untuk proses penilaian selanjutnya.

 

Link Video Youtube

Ada beberapa kesalahan yang ditemukan pada link video Youtube yang dikirimkan oleh peserta lomba, diantaranya adalah:

  • Link yang dikirimkan BUKAN link video Youtube
  • Link yang dikirimkan bukan link video Youtube tetapi link Channel Youtube
  • Link Video Youtube yang dikirimkan tidak bisa dibuka oleh Tim Juri Ustadz, karena setting akses video dipilih sebagai private.
  • Link Video Youtube yang dikirim tidak bisa dibuka oleh Tim Juri Ustadz, karena video Youtube telah dihapus

Terkait dengan Link Video Youtube, pada proses penilaian TIm Juri Ustadz juga ada beberapa kesalahan bahwa video yang dikirimkan tidak sesuai dengan keterangan maqra pilihan ayat yang dicantumkan.

 

Nama dan Keterangan Lainnya

Proses penilaian hanya berdasarkan dari data pendaftaran yang dikirimkan oleh peserta melalui formulir pendaftaran secara online. Pastikan data telah lengkap dan benar, karena jika terjadi salah nama dan keterangan lainnya, panitia tidak akan melakukan koreksi dari input awal yang dikirimkan oleh peserta pada saat mendaftar, sehingga seluruh proses lomba akan menggunakan data tersebut. Beberapa kerugian untuk peserta diantaranya:

  • Jika nama tidak sesuai dengan nama peserta, maka peserta tersebut tidak diperbolehkan untuk melanjutkan lomba
  • Keterangan pada seluruh materi lomba baik daftar nilai live real time, video real time saat lomba hingga sertifikat yang diterbitkan oleh panitia akan salah dan tidak dapat diperbaiki

 

Selamat mengikuti lomba online selanjutnya, lomba dimulai sejak saat niat dan mengisi formulir online untuk mendaftar sebagai peserta. Hindari kesalahan-kesalahan di atas agar sejauh mungkin bisa bertahan di lomba online yang diselenggarakan ini.

Jangan sampai gugur di awal!