Kultum oleh Ust. Ishanifan
Kultum ust ishanifan

 

Jum'at malam sabtu, 24 maret 2023

Assalamualaikum Wr Wb

Alhamdulillah kita sudah memasuki ramadan hari ke 3. Seperti hari sebelumnya jamaah sholat isya dan tarawih berbondong-bondong dari yang muda, yang tua, anak-anak. Baik pria maupun wanita. Didalam dan di serambi masjid alhamdulillah semua terisi penuh, bahkan tenda tambahan yang sudah disiapkan juga terisi penuh. Masyaallah.

Sholat isya pun ditunaikan, dan dilanjutkan dengan sholat tarawih. Usai sholat tarawih diisi dengan kultum yang diisi oleh Ustadz Ishanifan. Kultum tersebut berisi pengingat kepada kita umat muslim, yang isinya :

"Suatu hari baginda Nabi Muhammad SAW naik keatas mimbar seraya mengucapkan amin, amin, amin. Lalu beliau kembali turun. Para sahabat pun dibuat bingung. Biasanya baginda nabi kalau naik mimbar pasti menyampaikan sesuatu(khotbah/kultum), tapi kali ini tidak. Lantas bertanyalah seorang sahabat, "wahai baginda, kenapa engkau naik mimbar hanya mengucap amiin, amiin, amiin dan tidak menyampaikan sesuatu?" maka baginda nabi pun menjawab, " makaikat jibril datang kepadaku, ia berkata "celaka!! Sungguh celaka hamba yang mendapati bulan ramadhan tapi tidak diampuni dosanya. Maka akupun berkata : amiin.

Kemudian dia (jibril) berkata padaku : "celakalah jika Seorang hamba, mendapati kedua atau salah satu orang tuanya masih hidup, namun keberadaan orang tuanya tidak membuatnya masuk surga. Maka aku berkata : amiin.

Ketiga,dia (jibril ) berkata padaku : "celakalah seorang hamba jika namamu(muhammad) disebut mereka tidak bershalawat untukmu. Maka aku pun berkata : amiin."

Begitulah isi kultum singkat yang disampaikan oleh ustadz Ishanifan. Semoga menjadi pengingat dan bermanfaat untuk kita. Aamiin.

Lalu usai kultum dilanjutkan sholat witir 3 raka'at.Dan dilanjutkan tadarus Al-Qur'an.

Demikian rangkaian kegiatan rutin dimasjid baiturrahman. Dengan bergantian kultum dari managenen, ustadz, hingga karyawan selama satu bulan penuh.

Wassalam 🙏