Pray for Gorontalo

Bakharudin Yusuf • 16 July 2024

PRAY FOR GORONTALO

Karena sesungguhnya setiap musibah yang terjadi di bumi ini dan yang menimpa seorang hamba semua atas izin Allah ﷻ dan sudah menjadi ketetapan-Nya. Allâh ﷻ berfirman:

مَآ اَصَابَ مِنْ مُّصِيْبَةٍ فِى الْاَرْضِ وَلَا فِيْٓ اَنْفُسِكُمْ اِلَّا فِيْ كِتٰبٍ مِّنْ قَبْلِ اَنْ نَّبْرَاَهَا ۗاِنَّ ذٰلِكَ عَلَى اللّٰهِ يَسِيْرٌۖ

“Tidak ada bencana (apa pun) yang menimpa di bumi dan tidak (juga yang menimpa) dirimu, kecuali telah tertulis dalam Kitab (Lauhul Mahfuz) sebelum Kami mewujudkannya. Sesungguhnya hal itu mudah bagi Allah.”(Qs. Al-Ḥadīd[57]:22)

Dan apabila ditimpa musibah sangat dianjurkan mengucapkan istirja', Allâh ﷻ berfirman:

اَلَّذِيْنَ اِذَآ اَصَابَتْهُمْ مُّصِيْبَةٌ ۗ قَالُوْٓا اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّآ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَۗ

“(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan “Innā lillāhi wa innā ilaihi rāji‘ūn” (sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya hanya kepada-Nya kami akan kembali).”(Qs. Al-Baqarah[2]:156)

Semoga setiap musibah yang telah terjadi bisa menjadikan pelajaran dan dapat meningkatkan keimanan serta ketakwaan kepada Allah ﷻ. Allah ﷻ berfirman:
“Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa (seseorang), kecuali dengan izin Allah. Siapa yang beriman kepada Allah, niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”(Qs. At-Tagābun [64]:11)

Kami turut berduka cita atas setiap musibah yang terjadi di daerah Gorontalo yang tengah dilanda musibah berupa banjir dan longsor di beberapa titik wilayah tersebut.

Semoga yang sedang diuji dan tertimpa musibah dapat tabah menerima setiap ujian yang telah menimpanya dan semakin kuat dalam berdoa juga semakin taat dalam beribadah kepada Allah Ta’ala.

Team Media DKM Baabut Taubah