Tiga Pesan Ramadhan untuk Kondisi Akhir Zaman


Jumat, 5 April 2024, menjadi Jumat terakhir di bulan Ramadhan dan ada materi khutbah Jumat yang sangat penting yang disampaikan oleh Ust. Yuin Efendi S.pdi – Khotib Jumat pada Sholat Jumat di Masjid Baitussalam PT Akebono Brake Astra Indonesia. Materi kali ini yaitu terkait dengan langkah-langkah penting dalam menghadapi fitnah akhir zaman. Sebelum masuk ke materi, dalam awal pembukaan khutbah, beliau menyampaikan latar belakang yang menjadi materi khutbah yaitu tersurat dalam QS Al Imran Ayat 137 yang berbunyi,

Sungguh, telah berlalu sebelum kamu sunnah-sunnah (Allah), karena itu berjalanlah kamu ke (segenap penjuru) bumi dan perhatikanlah bagai-mana kesudahan orang yang mendustakan (rasul-rasul).

Dari ayat tersebut dijelaskan bahwa dulu rasul yang diutus kaumnya bertugas untuk meluruskan kerusakan akhlak umatnya. Nabi Nuh berhadapan dengan kaum yang musyrik, nabi Luth berhadapan dengan kaum LGBT, nabi Syuaib berhadapan dengan kaum yang mempermainkan timbangan dan Nabi Muhammad SAW berhadapan dengan seluruh kerusakan yang telah terjadi pada rasul-rasul sebelumnya dan karena tidak ada nabi dan rasul setelahnya. Artinya tantangan dakwah kaum Nabi Muhammad SAW sangat luar biasa, tantangan akhir zaman yang perlu ditangkal dengan tiga cara yaitu.

Hb
Suasana Sholat Jumat di Masjid Baitussalam


Pertama, Sholat sebagai ibadah pertama yang dihisab Allah SWT. Ada tingkatan dalam menegakkan sholat yaitu jangan pernah tinggalkan sholat, sholatlah tepat waktu dan terakhir yaitu sholatlah di masjid bagi kaum pria. Karena pada dasarnya orang orang yang memakmurkan masjid merekalah orang-orang yang beriman.

Kedua, bacalah Al Quran karena Al Quran akan memberikan syafaat bagi para pembacanya. Di bulan Quran ini perbanyakah baca Al Quran karena keagungan pahala yang akan didapat ketika membacanya apalagi di bulan Ramadhan.

Ketiga, tingkatkan semangat bersedekah, karena pada dasarnya sedekah mempunyai banyak keutamaan antara lain memanjangkan usia, menghindarkan diri dari kematian yang buruk, pelipatgandaan balasan sedekah, menjauhkan dari siksa neraka, bisa memasuki syurga dengan pintu sedekah dan menjadi naungan saat hari kiamat.

Dd
Ilustrasi sedekah

Masyaa Allah, khutbah yang syarat dengan makna, singkat, jelas, padat dan penting untuk bekal kita semua dalam menghadapi tantangan di akhir zaman. Semoga Allah SWT mudahkan kita dalam menerapkan bekal bekal tersebut dengan sebaik-baiknya. 

Wallahu’alam bishowwab
Tupon Setiawan - DKM Baitussalam PT Akebono Brake Astra Indonesia

Tag
Sholat Jumat