Pesan penting dari alam barzah

Ringkasan khutbah jum'at yang disampaikan oleh ustadz Isa Abdulloh di masjid Al-Kautsar sangat menyentuh hati kita.

Ustadz Isa Abdulloh

Berikut adalah ringkasannya,

       Kematian adalah merupakan penghancur segala kelezatan. Jika kita masih hidup, kita masih bisa mencicipi kelezatan makanan. Yang enak bisa kita rasakan. Tapi begitu mati, maka semua itu sirna. Semua akan hancur. Rasulullah menyampaikan, banyak lah kalian mengingat penghancur kenikmatan, yaitu kematian, kematian itu merupakan tanda bahwa kita tidak bisa lagi beramal sholeh.


        Rasulullah menyampaikan, apabila manusia itu telah mati, maka amalnya sudah selesai. Dan amalnya tidak bisa bertambah. Maka selama masih hidup, kita bebas mau beramal soleh apa saja. Yg kuat zikir ya zikir, yg kuat tilawah ya tilawah, yg kuat sholat malam ya sholat malam, yg mampu shodaqoh ya shodaqoh. Yang kuat puasa sunah ya puasa sunah. Nanti begitu kita meninggal dunia,  maka tidak ada lagi kesempatan buat beramal sholeh.
kematian itu juga pembuka tabir hati kita. Disitu Kita akan tau mana yg penting mana yg tidak penting, mana yg berharga dan tidak berharga, mana yg sebenernya kebaikan mana yg keburukan, semua itu akan terbuka setelah manusia meninggal dunia. Ketika manusia masih hidup, mungkin kita anggap enteng sholat sunah 2 raka'at, Kita anggap enteng ucapan subhanallah wabihamdih, kita anggap enteng persoalan akhirat, ketika kita meninggal barulah semua akan terbuka, hakikat segala sesuatu akan nyata. Manusia akan merasa menyesal, banyak yg menyatakan dulu anggap remeh yg tidak kita kerjakan.
Kematian itu akan menjadikan manusia sadar. Bahwa selama hidup di dunia itu tertidur /lalai. Dengan adanya kematian, maka manusia akan langsung mengerti dan paham setelah itu perjalanan hidup yg hakiki yg sebenar benarnya baru akan dimulai. Yaitu kehidupan yg bermula dr alam barzah dan berakhir di syurga atau di neraka.
kematian bukan hal yg tabuh, kita sebagai muslim, kematian itu menjadi hal yg biasa. Kematian itu pasti terjadi dan sudah ditetapkan Alloh SWT.
kita yg sedang diatas bumi, kita adalah termasuk calon calon jenazah yg akan di tanam dibawah tanah dan kita tidak bisa kembali lagi ke dunia.
Orang yg sudah mati dulu di dunia hidupnya bermacam2.
ada yg baik, ada yg berdosa ada juga yg munafik. Semua hidup di alam barzah. Mereka semua mendapatkan sebagian kecil balasan dari apa yg mereka lakukan di dunia.
andai org mati bisa berbicara, maka pesan inilah yg akan disampaikan kepada kita.
1. Jika kalian mati, kalian tidak bisa beramal lagi. Mumpung masih hidup beramal lah jgn menunda-nunda amal, jangan menyatakan nanti, baru kita melakukan ini dan itu. Kita tidak tau kapan mati akan menjemput kita.
Maka mumpung di bulan romadhon, amal kecil dinilai besar, waktu nya penuh barokah dan kebaikan. Saat sedang sibuk bekerja, sempatkan lah membaca lailahaillaloh, subhanalloh wabihamdi, la haula walakuata illa billah, atau amal2 lain yg bisa kita kerjakan. Jgn sampe kita menunda nundanya. Sehingga kesempatan beramal hilang, atau mungkin kesempatannya ads, kita nya sudah tidak ada.
maka rumus alam sholeh di dalam qur'an adalah selalu  segera, cepat, buruan karena kesempatan tidak datang 2x. Maka dr itu orang yg sudah meninggal mereka benar benar menyesal, kenapa waktu masih hidup kita tidak menggunakan untuk beramal sholeh, kami pikir suatu saat nanti kami bisa beramal besar ternyata semua salah. Kami emnunda2 amal soleh dan akhirnya ajal datang.
kata lukman al-hakim berkata kepada anaknya. Wahai anakku, cepetan taubat, ketika kamu berbuat dosa tidak usah menunggu, tidak usaha menunggu nanti beramal sholeh. Langusng lah istigfar. Karena kematian itu mendadak dan tidak direncanakan.

Maka dari itu lah jgn sampai kita menunda amal.
Nabi muhammad mengajarkan kita Manfaatkan 5 perkara sebelum datang 5 perkara.
1.  manfaatkan lah hidupmu sebelum mati mu
2. Manfaatkan lah sehatmu sebelum sakit mu
3. Manfaatkan Masa masa senggang mu sebelum kamu sibuk
4. Manfaatkan masa kaya mu sebelum kamu jatuh miskin,
5. Manfaat kan masa muda mu sebelum masa tuamu.

Pesam kedua. Wahai manusia jika waktu amal terbatas, maka siapkan amal yg tidak terbatas. Siapkan sejak sekarang amal jariah, kamu punya ilmu ajarkan kepada orang lain, kita punya kemampuan tapi tidak diajarkan.
shodaqoh/waqof lah, menanam pohon yg bisa dimakan buahnya, bisa buat berteduh, bisa juga menyumbang mushaf alquran untuk orang yg membutuhkan. Didiklah anak kita sebagai amal jariah.
semuanya adalah shadaqah untuk kita semua.
3. Jgn lah panjang angan angan. Jgn berfikir terlalu jauh sehingga kita berfikir tidak pernah mati.
isilah hari ini saja dan maksimalkan. Manfaat kan waktu yg ada.


Khutbah kedua,
Karena kabar dr alam barzah itu tidak bisa kita akses, maka Alloh SWT pun mengirimkan pesan didalam alquran. ALLoh menyebutkan orang orang kaya tidak shodaqoh, maka ketika mereka meninggal dunia, mereka akan menyesal, sembari berkata berikanlah waktu swdikit agsr kami bisa bersedekah dan beramal soleh. Untuk mereka yg meremehkan sunah2 rosululloh/perintha Alloh, mereka ingin dikembalikan didunia untuk melakukan oerintah Alloh dan menjadi pengikut setia nabi muhammad.
mereka semua tidak bisa bicara langsung, tapi Alloh yang menyampaikan.


Maka dari itu pesan dr alam barzah, jgn sampai kita sepelekan atau remehkan. Mari kita resapi dan kita jadikan spirit kehidupan  kita supaya kita kita melakukan kesalahan seperti orang orang sebelum kita.

 

Tag
Sholat Jumat