Puasa Ramadhan Perdana DKM An Nur ASKI

Gunawan Arraja • 12 March 2024

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, 

 

Selasa, 1 Ramadhan 1445 (12 Maret 2024) 

Alhamdulillah, puji dan syukur kita panjatkan kepada hadirat Allah SWT, yang telah memberikan nikmat Iman & Islam sampai saat ini. 

Kajian Tafsir Surat Al Balad
Kajian Tafsir Qur'an Surat Al Balad

 

DKM An Nur ASKI pada kesempatan ini tengah mengawali kegiatan di awal Bulan Ramadhan dengan mengadakan Kajian Tafsir Qur'an Al Jalalain Surat Al Balad. 

Kegiatan Kajian DKM An Nur
Suasana Kajian Ba'da Dzuhur di Awal Ramadhan

 

Isi Kandungan Surah Al Balad :

Terdapat dua tema besar tentang isi kandungan surah Al Balad, yaitu:

 

1. Manusia diuji dengan perasaan lelah dan tertipu dengan kekuatan, kekuasaan, dan hartanya (ayat 1-7)

Allah SWT bersumpah demi Makkah, bahwa Dia telah menciptakan manusia dengan kesulitan dan kelelahan menghadapi hidup di dunia. Allah SWT mencela pemikiran, keyakinan, dan pandangan manusia, bahwa tidak ada yang mampu mengalahkan mereka. Mereka ingkar, bahwa Allah SWT mengetahui seluruh tindakan mereka. Kelak, Allah SWT akan menanyakan asal harta yang didapat dan untuk apa harta tersebut.

 

2. Permulaan ikhtiar dan jalan kesuksesan menuju akhirat (ayat 8-20)

Apa pun yang ada pada manusia sejatinya adalah nikmat Allah SWT. Kenikmatan itu menjadi pilihan, apakah manusia akan beriman atau kufur, bahagia atau celaka, menjadi baik atau buruk.

 

Lebih lanjut dijelaskan, seharusnya kenikmatan itu membuat manusia bersyukur kepada Allah SWT. Keimanan kepada Allah SWT adalah syarat mutlak diterimanya amal. Mereka yang kelak menerima catatan dengan tangan kanan adalah golongan yang beriman, sedangkan yang menerima dengan tangan kiri adalah golongan para orang kafir. 

Semoga kajian yang singkat ini bermanfaat, 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, 

 

Gunawan

-DKM An Nur ASKI-

 

Tag
Awal Ramadan