Kajian Tafsir Qur'an Surat Asy-Syams

Gunawan Arraja • 14 February 2024

Ngaji Tafsir

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, 

Segala puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, yang sudah memberikan nikmat Iman & Islam untuk kita semua. 

Sholawat beserta salam semoga terlimpah curahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. 

Alhamdulillah DKM An Nur ASKI masih konsisten melakukan Pengajian Ba'da Dzuhur yang pada kesempatan kali ini akan membahas tentang Tafsir Qur'an Surat Asy-Syams. Yang menjadi rujukan tafsir diambil dari Kitab Tafsir Jalalain Karya Al-Imam As-Suyuthi & Al-Imam Jalaludin Al Mahali.

Asy-Syams Ayat 1-5

Asy-Syams Ayat 6-10

Asy-Syams Ayat 10-15

Surat Asy Syams adalah surat ke-91 dalam Alquran, dan termasuk Surat Makkiyah. Namun jika dilihat dari turunnya wahyu Surat Asy-Syams berada di urutan ke-26 setelah Surat Al-Qadr. Surat ini berisi tentang pilihan bagi setiap orang, apabila menyucikan jiwanya akan mendapatkan keberuntungan dan bagi yang mengotori jiwanya akan diazab oleh Allah SWT.

Hikmah yang terkandung dalam Surat Asy-Syams adalah :

  • Allah memberitahukan tentang jalan takwa yang dapat membawa manusia menuju keberuntungan dan jalan kekafiran yang akan membawa mereka pada kerugian.

  • Terdapat motivasi untuk manusia agar selalu berusaha membersihkan jiwa demi mendapat keberuntungan di dunia dan di akhirat. Sekaligus memberi bukti bahwa Allah pernah dan akan menimpakan azab kepada orang-orang yang mengotori jiwa dengan keingkaran dan kekafiran, seperti yang terjadi kepada kaum Tsamud.

  • Kaum Tsamud dihancurkan Allah akibat kedurhakaan. Allah menggambarkan bahwa hal ini sungguh mudah bagi-Nya, sebagaimana mudahnya menciptakan benda-benda alam, siang dan malam, dan menciptakan jiwa yang tersebut dalam sumpah-Nya.

Semoga tulisan yang singkat ini bermanfaat khususnya untuk diri pribadi dan umumnya untuk kita semua.

Wallahu A'lam Bishawab 

 

Salam, 

Gunawan

DKM An Nur ASKI