Kajian subuh 9 Ramadhan

Kajian ini bersama ustadz Thofiq Hartono beliau melanjutkan materi kultum tarawih,bnyak hal yg disampaikan diantaranya berkah, Berkah itu kaitannya bukan sedikit atau banyaknya harta, melainkan bagaimana cara kita mendapatkan dan menggunakannya. Ada salah satu doa yang diamanatkan Rasulullah kepada sahabat nya Muadz bin jabal agar diberikan kekayaan dan bisa melunasi hutangnya atas nama Allah SWT, yaitu

اللَّهُمَّ اكْفِنِي بِحَلالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِي بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

"Ya Allah! Cukupilah aku dengan rezekiMu yang halal (hingga aku terhindar) dari yang haram. Perkayalah aku dengan karuniaMu (hingga aku tidak minta) kepada selainMu."

Dalam surat An-Nahl ayat 96-97 Allah membrikan gambaran bahwa apa yang ada pada diri kita saat ini di dunia pasti akan berangsur-angsur berkurang, akan tetapi yang ada di sisi Allah lah itulah yang abadi. Dan Allah juga berjanji memberikan kehidupan yang terbaik kepada orang yang beriman dan beramal soleh. Cara kita memperoleh harta dan umur yang berkah salah satunya yang dibahas pagi ini adalah taat. 
Sesungguhnya iman itu kita tidak perlu tau alasan nya apa, ikuti saja apa yang diperintahkan Allah dan Rasulullah kepada kita. Apabila kita berfikir bahwa harus paham dulu baru mengerjakan nya, maka itu akan memakan waktu yang sangat lama. Inilah yang menjadikan hidup kita berkah karena kita melakukan perintah-Nya dengan taat. 
 
Dkm Pama sangata
Sangata Kaltim