Kajian bakda dhuhur bersama ustad hamim thohari 
Tema sifat/karakter ke 5 seorang mukmin yaitu sifat kejujuran
Seperti dalam firman allah surat at taubah ayat 119
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ
Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah, dan bersamalah kamu dengan orang-orang yang benar

Kita dipanggil  sebagai orang beriman dan kita diperintahkan untuk bertaqwa kepada allah,membuktikan keimanan kita dan menjadi orang yang jujur dan bersama mereka yang jujur.
Ada keadaan dimana kita disebut sebagai orang jujur.
Yang pertama sesuainya keadaan dohir kita dan batin kita.
Yang kedua antara perkataan dan perbuatan harus sama.
Maka itulah yang disebut kejujuran apa yang kita katakan dan apa yang kita lakukan itu sama,apa yang ada di batin,kita harus buktikan juga dalam perbuatan.
Rasulullah SAW bersabda

عَنِ ابـْنِ مَسْعُوْدٍ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: عَلَـيْكُمْ بِـالصِّدْقِ فَاِنَّ الصِّدْقَ يَـهْدِى اِلىَ اْلبِرِّ وَ اْلبِرُّ يَـهْدِى اِلىَ اْلجَنَّةِ. وَ مَا يَزَالُ الـرَّجُلُ يَصْدُقُ وَ يَـتَحَرَّى الصِّدْقَ حَتَّى يُكْـتَبَ عِنْدَ اللهِ صِدِّيـْقًا. وَ اِيـَّاكُمْ وَ اْلكَذِبَ فَاِنَّ اْلكَذِبَ يَـهْدِى اِلىَ اْلفُجُوْرِ وَ اْلفُجُوْرُ يَـهْدِى اِلىَ النَّارِ. وَ مَا يَزَالُ اْلعَبْدُ يَكْذِبُ وَ يَـتَحَرَّى اْلكَذِبَ حَتَّى يُكْـتَبَ عِنْدَ اللهِ كَـذَّابـًا.

Dari Ibnu Mas’ud RA ia berkata : Rasulullah SAW bersabda : “Wajib atasmu berlaku jujur, karena sesungguhnya jujur itu membawa kepada kebaikan dan kebaikan itu membawa ke surga. Dan terus-menerus seseorang berlaku jujur dan memilih kejujuran sehingga dicatat di sisi Allah sebagai orang yang jujur. Dan jauhkanlah dirimu dari dusta, karena sesungguhnya dusta itu membawa kepada kedurhakaan, dan durhaka itu membawa ke neraka. Dan terus menerus seorang hamba itu berdusta dan memilih yang dusta sehingga dicatat di sisi Allah sebagai pendusta”.
Kesimpulannya kita sebagi seorang mukmin harus selalu jujur dan menhindari kebohongan
 

DKM PAMA SANGATA
Sangata Kaltim