Bahan Bakar Umat Islam Pada Bulan Ramadhan

DKM Nurul Iman Astra Otoparts • 28 March 2023

6 Ramadhan 1444 H

Alhamdulillah hari ini para jamaah Masjid Nurul Iman Astra Otoparts mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat dan disampaikan dengan materi yang cukup unik dan ringan.

Berdasarkan kesimpulan dari kajian pada hari ini, bulan ramadhan adalah bahan bakar untuk umat muslim.

1. Premium - Pere Makan dan Minum
Allah SWT. memberikan kebaikan kepada kita dengan berpuasa. Kebaikan itu terbagi menjadi 3 fase, yaitu: (1) Pada 10 hari pertama kita berpuasa, akan terjadi proses detoksifikasi yaitu mekanisme pembersihan racun secara alami selama berpuasa. (2) Selanjutnya 10 hari kedua terjadi regenerasi dan (3) 10 hari ketiga terjadi stabilisasi atau penyesuaian kembali.

 

2. Solar - Sholatnya Tambah Rajin
Bukan hanya sholat wajib tapi juga sholat tarawih pada malam hari. Karena ibadah yang dilakukan dengan iman dan keikhlasan, maka akan dihapus dosa-dosanya.

 

3. Pertalit - Perhatikan Tetangga Jangan Pelit
Rosulullah adalah orang yang paling dermawan, dan bertambah kedermawanannya ketika bulan ramadhan. Untuk itu, kita harus mengikuti contoh dari baginda Rosul SAW dengan perbanyak sodaqoh dibulan ramadhan, karena sedekah adalah bukti keimanan dari seseorang dan sesungguhnya sedekah itu tidak akan mengurangi harta yang kita miliki.

 

4. Pertamax - Pertahankan Ketaqwaan yang Maksimal
Dengan menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah SWT., niscaya akan Allah bukakan keberkahan dari langit dan bumi, tetapi kebanyakan mereka mendustai ayat-ayat Allah SWT.

 

Semoga kita bisa selalu istiqomah mengamalkan dari setiap ilmu yang kita dapatkan pada catatan kajian hari ini.