Khutbah Jum'at 2 Ramadhan 1444 H

Ibadah bukanlah sekedar gerakan jasad yang terlihat oleh mata, namun juga harus menyertakan yang lain. Sebagaimana seseorang yang sedang melaksanakan sholat, ia tidak hanya bergerak untuk melaksanakan setiap rukun dan wajib sholat, tetapi juga harus menghadirkan hati sebagai ruh sholat tersebut. 

Ketahuilah, bahwa ibadah seorang hamba harus dibangun oleh 3 landasan, dan ketiganya harus terkumpul seluruhnya dalam setiap muslim. Ibadah seseorang tidaklah akan benar dan sempurna kecuali dengan adanya landasan-landasan tersebut. Bahkan sebagian ulama mengatakannya sebagai ‘rukun ibadah’. Tiga hal itu adalah “Mahabbah (cinta kepada Allah), Khauf (takut kepada Allah) dan Raja' (berharap kepada Allah)”.

Dalil Mahabbah (rasa cinta) dalam ibadah yaitu firman Allah :

“Dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah” (QS. Al Baqarah: 165)

Dalil Khauf (rasa takut) dalam Ibadah yaitu firman Allah :

“Orang-orang yang mereka seru itu, mereka sendiri mencari jalan kepada Tuhan mereka, siapakah di antara mereka yang lebih dekat (kepada Allah) dan mengharapkan rahmat-Nya dan takut akan azab-Nya. Sesungguhnya azab Tuhanmu adalah suatu yang (harus) ditakuti.” (QS. Al-Isra’: 57)

Dalil Raja’ (berharap) dalam Ibadah yaitu firman Allah :

“Untuk itu, barangsiapa yang mengharap perjumpaan dengan Rabbnya, maka hendaklah ia mengerjakan amal shaleh dan janganlah mempersekutukan dengan apapun dalam beribadah kepada Rabbnya” (QS. Al-Kahfi: 110).

Sumber :

Khutbah Jum'at 2 Ramadhan 1444 H

DKM An Nur 

PT. ASKI

 

Khutbah Jum'at 2 Ramadhan 1444 HKhutbah Jum'at 2 Ramadhan 1444 H