Tradisi Ramadhan Asli Indonesia: Takjil On The Road

Setelah usai kerja banyak karyawan berlomba-lomba segera pulang ke rumah agar dapat berbuka puasa bersama keluarga. Kenikmatan berbuka puasa bersama keluarga memang salah satu moment quality family time yang dinanti kebanyakan keluarga muslim Indonesia. Kadang kita terlupa, banyak pula keluarga lain yang tak bisa mendapat kenikmatan ini karena jenis pekerjaan yang berbeda, lokasi kantor yang jauh dari rumah, atau keperluan lain yang membuat mereka terpaksa berbuka puasa dijalan. Untuk itulah kami melihat program berbagi takjil dengan pelintas jalan menjadi salah satu peluang ibadah Ramadhan kami.

Jum'at (5/6/2017) 10 menit menjelang maghrib tim UT Call telah bersiap diri di depan gerbang kantor PT United Tractors untuk berbagi takjil gratis bagi pelintas jalan raya Bekasi.

Dengan menyiapkan 200 paket takjil perhari, rencananya program ini akan dijalankan sebanyak 7x selama Ramadhan. Kegiatan ini telah menjadi tradisi dalam menyambut bulan suci Ramadhan bagi tim contact center UT yang dikenal dengan nama UT Call 1500 072 setiap tahunnya sejak 2014.

Kegiatan dilakukan dengan kesadaran dalam mengamalkan Al Qur'an surah Al Baqarah ayat 148 yang artinya: "...maka berlomba lombalah (dalam membuat) kebaikan..." terutama dibulan Ramadhan yang pahalanya dilipat gandakan oleh Allah SWT.

Pemilihan kegiatan berbagi takjil sekaligus mengamalkan hadist riwayat Imam Turmudzi yaitu: "Siapa yang memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa orang itu sedikitpun".

Begitu azan maghrib berkumandang, rekan-rekan pembagi takjil membatalkan dahulu puasanya dengan beberapa teguk minum, kemudian langsung berpencar di sisi jalan untuk membagikan paket takjil. Beberapa pengendara motor berhenti untuk mengambil takjil yang kami bagi, ada yang pula yang melipir ke sisi dalam jalan untuk segera berbuka puasa dengan menyantap takjilnya. Tak kalah pula angkot dan para penumpangnya meminta takjil kami, serta para pengemudi truk yang cukup banyak juga melintasi jalan raya Bekasi.

Juni 2017
masjid_alfurqaan_ut


Berita Terkait