KEUTAMAAN SAHABAT RASULULLAH

Bahwasanya Allah subhanahu wa ta'ala telah memilih dari hati - hati dari hambanya ditengah tengah manusia, maka dipilihlah hati terbaik yaitu hati Rasulullah. Kemudian diambil untuk diri-Nya untuk dijadikan utusanNya.
Setelah itu Allah kembali memilih dari hati hati hambanya, maka di pilihlah hati yang terbaik setelah Nabinya yaitu para sahabat Rasulullah. Untuk dijadikan 'pembantu - pembantu' dalam rangka menegakkan dakwah dan jihad.

Diantara keutamaan sahabat Rasulullah dan kenapa kita harus mencontohnya adalah
1. Mereka sebaik baik manusia ditengah umat.
Āli 'Imrān : 110

كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ ۗ وَلَوْ آمَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ ۚ مِنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ الْفَاسِقُونَ

"Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, (karena kamu) menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka. Di antara mereka ada yang beriman, namun kebanyakan mereka adalah orang-orang fasik."

2. Mereka sebaik baik manusia dalam mentaati Allah dan Rasulnya.
Mereka adalah orang orang terpilih dan memang dilahirkan Allah subhanahu wa ta'ala untuk menemani Rasulullah. Dalam hal solat, puasa, membaca Al-qur'an, bahkan dalam hal berderma mereka sangat luar biasa.

3. Mereka sebaik baik manusia ketika hijrah.
At-Taubah : 20

الَّذِينَ آمَنُوا وَهَاجَرُوا وَجَاهَدُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ بِأَمْوَالِهِمْ وَأَنْفُسِهِمْ أَعْظَمُ دَرَجَةً عِنْدَ اللَّهِ ۚ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْفَائِزُونَ

"Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah, dengan harta dan jiwa mereka, adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah. Mereka itulah orang-orang yang memperoleh kemenangan."

4.Mereka sebaik baik manuaia dalam mengutamakan saudaranya.
Sesungguhnya Dialah Allah yang membuat kalian kaya dan berkecukupan. Dan ketahuilah semua itu adalah titipan Allah.

5. Mereka adalah orang orang terdepan dalam menegakkan kalimat Allah subhanahu wa ta'ala.

Agustus 2018
candra kurniawan


Agenda Terdekat

Selasa, 23 Okt - 12.00 | Lain-lain

Tahsin Al Qur'an
Ustadzah Marlina

Masjid Al Haqqul Mubiin Sunter
PT Astra Honda Motor

Berita Terkait