Kelompok Manusia Dalam Menyikapi Al-qur'an

QS-Fāṭir : 32

ثُمَّ أَوْرَثْنَا الْكِتَابَ الَّذِينَ اصْطَفَيْنَا مِنْ عِبَادِنَا ۖ فَمِنْهُمْ ظَالِمٌ لِنَفْسِهِ وَمِنْهُمْ مُقْتَصِدٌ وَمِنْهُمْ سَابِقٌ بِالْخَيْرَاتِ بِإِذْنِ اللَّهِ ۚ ذَٰلِكَ هُوَ الْفَضْلُ الْكَبِيرُ

"Kemudian Kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami, lalu di antara mereka ada yang menzalimi diri sendiri, ada yang pertengahan, dan ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan dengan izin Allah. Yang demikian itu adalah karunia yang besar."

Di dalam surat diatas, Allah membagi menjadi 3 kelompok manusia dalam menyikapi Al-Qur'an:
1. Mendzolimi diri sendiri
2. Pertengahan
3. Cepat menerima kebaikan

Rasulullah SAW bersabda, adapun mereka yang termasuk golongan yang mendzolimi dirinya sendiri, dan orang-orang yang mendzolimi dirinya sendiri yaitu mereka yang nanti Allah kumpulkan di padang mahsyar dalam masa yang panjang.

Siapakah mereka? Mereka yang mengaku muslim tetapi masih suka maksiat, berbuat dosa dan meninggalkan kewajiban sebagai seorang muslim.

Adapun mereka yang di kelompokan dalam golongan pertengahan, nanti di hari kiamat mereka akan dihisab dengan hisab yang mudah.

Siapakah mereka? Mereka yang mengaku muslim sudah melakukan kewajibanya sebagai seorang muslim namun kurang maksimal dalam pengerjaannya.

Adapun mereka yang tergolong kelompok yang cepat menerima kabaikan, di yaumul akhir kelak mereka akan masuk surga tanpa hisab.

Siapakah yang termasuk dalam golongam ini? Yaitu mereka yang senantiasa istiqomah menjalankan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya, serta tidak melupakan sunnah- sunnah Rasul.

Sebagai bahan instropeksi diri, seorang Abdurahman bin Auf seorang yang dermawan dan taat beribadah dalam suatu riwayat masuk surga dalam kondisi MERANGKAK.
Lalu bagaimana dengan KITA?

Ustadz Ahmad Damiri

November 2018
candra kurniawan


Agenda Terdekat

Rabu, 21 Nov - 16.30 | Lain-lain
Tahsin Al Qur'an Bersanad Masjid Al Haqqul Mubiin Karawang PT Astra Honda Motor

Berita Terkait