Hijrah Sakti SO7

Masjid AlBarokah,Sangata 2016.
Tidak seperti biasa,suasana masjid AlBarokah sore itu ada tamu special.Banyak bapak bapak paruh baya dengan pakaian serba putih,lengkap dengan surban dan gamis panjangnya.Ada kurang lebih 20 orang yang nampak berdiskusi di masjid bagian belakang,tepat di sebelah lemari perpustakaan.

Mereka membuat lingkaran atau halaqoh,ada salah satu yang memimpin taklim sambil menunggu datangnya sholat Maghrib.

Para karyawan pama yang baru pulang dari tambang,lengkap dengan seragamnya pun sudah berdatangan,bus berhenti tepat disamping masjid.Sambil beberapa bersendau gurau,mereka bergegas mengambil air wudhu untuk melaksanakan sholat magrib berjamaah.

Selesai sholat,imam masjid Ust Rusydiansyah mengumumkan jika malam ini kedatangan 'ustadz artis' dari Yogyakarta,yang akan berbagi pengalaman hijrah dari musisi menjadi da'i.Beliau adalah Ust Sakti Al Jugjawy,mantan gitaris SO7.

Malam itu konsep acara memang berbeda,kalau biasanya ceramah dari ust kemudian tanya jawab diakhir,sekarang menggunakan konsep Islamic Talkshow,mirip acara Kick Andy di metro tv.Acara berjalan sangat meriah.Jama'ah yang datang dari sebelum magrib,yang memakai baju serba putih berada di barisan paling depan,menyimak dengan serius acaranya.Kadang diselingi dengan joke joke dari moderator yang malam itu dibawakan langsung oleh ketua umum DKM Pama,Aris Stiyawan.

Perjalanan hijrah Ust Sakti dibedah tuntas malam itu.Memberikan inspirasi pada jama'ah untuk tergerak hijrah memperbaiki diri.Selain ust sakti,malam itu panitia juga mengundang ust hamim untuk menerangkan makna hijrah dari pandangan syar'i.

Lengkap sudah,jama'ah pulang dengan membawa bekal ilmu yang sangat berharga malam itu.Tidak menyia nyiakan kesempatan juga untuk berfoto bersama.

Panitia berharap acara ini bisa menginspirasi para karyawan untuk berlama lama dan betah dimasjid sebagai markas cahaya.(Aris)

April 2016
Aris Stiyawan


Berita Terkait