Bekal Para Pengawal Ramadhan

PTUT. Jam menunjukkan pukul 17.15 ketika satu persatu karyawan UT menuju ke masjid Al Furqaan ( 28/5). Saat masuk waktu shalat maghrib sudah terkumpul sekitar 40 orang yang sudah konfirmasi akan mengikuti pembekalan panitia ramadhan.

Usai shalat maghrib berjamaah segera saja semua berkumpul di aula masjid. Setelah melakukan absensi , pembagian kendaraan dan snack , semua bergerak ke mobil masing-masing. Ada 8 mobil berkonvoi menuju masjid Ukhuwah Islamiyah UI Depok.

Sekitar jam 20.30 WIB semua sudah sampai dengan selamat di masjid. Segera saja peserta ambil wudhu dan shalat Isya berjamaah. Setelah melepas penat sejenak lalu mereka beranjak ke ruang meeting yang di setting untuk tempat pembekalan panitia ramadhan di lantai 2.

Ustadz Fatudin Ja'far, MA memberi motivasi kepada para panitia bahwa menjadi panitia itu tugas yang mulia. " Allah beri penghargaan yang betlipat kepada orang yang mau memfasilitasi orang agar konsisten beribadah apalagi bulan Ramadhan", kata sang ustadz.

Usai diberi bekal oleh ustadz Fatudin, peserta menyantap hidangan malam dan setelah itu beristirahat. Muslimah dimuliakan dengan dipersilakan tidur di dalam ruangan. Untuk semua panitia laki-laki tidur di luar ruangan dengan karpet yang sudah disiapkan oleh DKM masjid UI.

Jam 03.00 WIB peserta dibangunkan untuk melaksanakan shalat malam. Suasana masjid yang tanpa dinding dan indahnya imam shalat malam dalam bacaan shalat Miftahudin, Lc Al Hafidz memberikan kesejukan bagi sanubari peserta. Usai shalat malam, peserta menunggu shalat subuh sambil bertilawah dan sebagian berdzikir.

Usai shalat subuh berjamaah, ustadz Miftahudin memberikan kultum bagaimana keutamaan berinteraksi dengan Al Qur'an.

Usai kultum peserta melakukan olahraga ringan di sekitar kampus UI. Nasi uduk dan susu segar menunggu peserta usai berolahraga. Sambil melingkar menikmati sarapan Achyar Sutami ketua panitia ramadhan mengajak diskusi ringan seputar persiapan ramadhan.

Sekitar pukul 07.30 WIB ustadz Daniel Barkah, S. Sy , memberikan materi manajemen masjid yang membuka wawasan peserta tentang tata kelola masjid yang baik dan mendatangkan manfaat yang maksimal untuk umat.

Usai kajian dhuha, Teguh Prayitno membuat workshop singkat seputar website kemasjid.com yang menjadi salah satu media publikasi kegiatan ramadhan dan AGI 2016. Targetnya adalah peserta familiar dengan kemasjid.com , bisa memberikan komentar, upload foto atau video serta kabar ramadhan. Alhamdulillah target itu bisa tercapai dengan diunggahnya komentar, foto dan kabar ramadhan dari peserta pada hari itu.

Usai ditutup oleh ketua panitia, peserta berkemas untuk perjalanan pulang ke UT, dan sebagian langsung pulang ke rumah masing-masing. Alhamdulillah dari informasi grup WA Panitia, semua pulang dengan selamat. (Tgh)

Mei 2016
Teguh Prayitno


Berita Terkait