🎙️Ustadz Iwan Sofwan حفظه الله تعالى
📚*Jangan Sia-siakan Romadhon kita*
🕌*DKM Al-Kautsar*
24 Maret 2023
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ                        
Khutabah pertama

Alhamdulillah kita sudah memasuki Bulan suci Romadhon, Bulan yg diberikan keberkahan di dalamnya yg hnya untuk umatnya baginda Nabi Muhammadﷺ.

Karenanya sudah sepatutnya dimimbar yg mulia ini khotib berpesan dan mengajak khususnya kpd khotib pribadi dan umumnya untuk kita semua, Mari kita tingkatkan iman & taqwa kita kpda Allah ﷻ
Kita manfaatkan bulan Romadhon ini untuk meningkatkan kualitas, & kuantitas ketaqwaan kita kpd Allah. 
Sehingga pada akhir romadhon kita terdengar oleh Allah menjadi org² yg bertaqwa Aamiin Allahuma Aamiin.

Hadirin Rohimakumullah Romadhon sungguh hadiah terindah yg Allah berikan kepada kita, Di dalamnya banyak terkandung keberkahan, Dan Terkandung suatu amalan yg Allah ganjarkan berkali² lipat. Kalo hari² biasa Allah berikan 10-700x lipat tetapi di bulan Romadhon Allah berikan berlipat² pahalanya tidak terbatas yg tau hanya Allahﷻ.

Kemudian Romadhon jika Allahﷻ berikan suatu waktu, waktu yg mustajab waktu yg Allah kabulkan ketika hambanya berdoa yaitu apa yaitu ketika kita berbuka puasa. Karena org yg berpuasa ada 2 kenikmatan
Dalam hadits qudsi Allah Ta’ala berfirman,

للصائم فرحتان، فرحة عند فطره، وفرحة عند لقاء ربه

“Bagi orang yang melaksanakan puasa ada dua kebahagiaan; kebahagiaan ketika berbuka, dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabbnya.” (muttafaq ‘alaihi).

Saking hebatnya Bulan Romadhon maka ada suatu kisah dlm kitabunnasih di kisahkan Bahwa Nabiyallah Musa 'Alaihisalam Allahﷻ Anugrahkan Nabi Musa dapat bercakap dgn Allah. Apa kata Nabi Musa 'Alahisalam "Ya Allah adakah org yg engkau berikan Anugrah selain dari pada Aku". Lalu Allah menjawab "Wahai Musa nanti di akhir zaman aku hadiahkan aku turunkan Kaum yg dimana kaum itu lebih naik dari engkau kenapa? Karena klo engkou bicara dgn Allah masih ada hijab seribu kali hijab, Tapi ketika nanti di akhir zaman Allah ﷻakan hpus hijabnya bagi umat besar Nabi Muhammad ﷺ.

Yaitu ketika saat berbuka puasa, ketika Mulut kita memutih, Muka memerah, pada kehausan akan tetapi ketika berbuka puasa
Itulah Allah hadir bersama kita, makanya dianjurkan ketika kita berbuka puasa perbnyaklah berdoa kpd Allah ﷻ.

Hadirin Rohimakumullah kemudian banyak
Amal² yang Allah anjurkan untuk dilaksanakan dibulan romadhon karena berlipat² pahalanya. Seperti sedekah/memeberikan makan kpd orng yg hendak berbuka puasa karena pahalanya sama seperti org yg berpuasa. Dan bnyk skli amalan lain seperti membaca Alqur'an dan sebagainya.

Namun Hadirin Rohimakumullah sadarkah kita, Bahwa kita beramal kebaikan namun kadang² kita suka terlena dgn hal² yg dapat menyia²kan amalan kita dibulan Romadhon.

Hal² yg dapat menyia²kan amalan kita dibulan Romadhon diantaranya :

• Amalan yang dapat menghapus pahala jika seorang hamba melaksanakan amalan tersebut yaitu ada 5 ;
1. Ghibah yaitu suka membicarakan orang lain kadang² kita suka mengatakan kepada teman kita jangan bilang² ya tapi kenyataanya dia bilang itu sama aja Ghibah, Apakah itu bisa dikatakan Ghibah??

Ghibah itu adalah ketika orang itu tau apa yg kita bicarakan maka dia akan marah itulah Ghibah.

2. Kemudian Namimah yaitu suka mengadu domba orng lain ngadu domba teman atou misal teman kantor kita tau suka mengadu domba tetangga dan sebagainya y suka mengadu domba satu sama lain.

3. Al kadzib suka berbohong atou berdusata kadang² kita suka lupa untuk kepentingan kita ketika berbicara yg tidak benar padahal itu sangat dibenci oleh Allah
Sebagaimana Rosulullah 
قُلِ الْحَقَّ وَإِنْ كَانَ مُرًّا

“Katakan kebenaran, sekalipun itu pahit”.
(Hr. Al Baihaqi).

4. Annadhoru Bisyahwat yaitu memandang wanita dgn Syahwat, Apalagi kita sbagai karyawan yg iteraksi bukan hanya dgn sejenis melaikan dgn lawan jenis untuk berhubungan dgn pekerjaan kita berhubungan hnya sekedarnya saja, Jangan sampai kita setitik saja terjerumus ke dlm perbutan zina Naudzubillah min dzalik.

5. Sumpah palsu apakah kita suka bersumpah untuk mendapatkan sesuatu padahal sumpahnya itu tidak benar, Sumpah yg kita berikan sumpah palsu yg membahayakan orang lain ketika itu dilakukan maka dosanya luar biasa. Pahala² kita yg sudah disebutkan tadi akan menjadi rusak dan sia².

• Berpuasa akan tetapi niatnya karena dunia bukan semata² karena Allah sebagaimana dalam Hadits Rosulullah Dari Abu Hurairah, ia berkata,
مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Barangsiapa berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.”  (HR. Bukhari no. 38 dan Muslim no. 760).

Yang dimaksud berpuasa atas dasar iman yaitu berpuasa karena meyakini akan kewajiban puasa. Sedangkan yang dimaksud ihtisab adalah mengharap pahala dari Allah ﷻ.

Puasa itu harus Ikhlas karena Allahﷻ.
tapi niat kita belok karena seseorang baik karena mertua atou calon mertua dan orng yg lainya, Akan tetapi kita harus meluruskan Niat Ibadah kita hanya untuk Allah ﷻ semata² tidak untuk yg lainya.

• Ketika berbuka puasa hendaknya kita memperhatikan makanan kita apakah halal atoupun haram, Apakah kita dapatkan dari rizki yg halal atoukah yg haram maka hendaknya kita hindari karena hal tersbut bisa menyia²kan pahala puasa kita smua.

Hadirin Rahimakumullah pesan khotib yg terakhir sebelum menutup khutbah yg pertama ini khotib mengajak teman² semuanya Marilah kita berusaha melaksanakan amalan yg berlipat ganda pahala dan menghindari perbuatan² terlarang yg membuat pahala menjadi sia².
Juga Tingkatkan ibadah kita amal² kita, Dari awal kita bekerja sampai kita pualng kerumah kita akan ditanya apa yg kita lakukan apakah kita sholat kemesjid kita bilang cape dan lelah. Lalu bagaimana dikantor sayang kita sudah lelah dikantor tapi kita punya istri , Kita punya kegitan di DKM ini yg harus kita laksanakan, yang harus kita tingkatkan sehingga kita meraih pahala Allahﷻ.

Tidak hanya kita bekerja tapi kita manfaatkan bulan romadhon secara maximal.

• Apa yg kita lakukan jauh dari pada Allahﷻ itulah yg akan ditanya di akhirat.

• Apa yg kita lakukan dimata Allahﷻ padaku untuku padahal semua telah aku berikan kepadamu.

Dan nikmat waktu kesempatan dan lain sebagainya tapi kita menyia²kan hal demikian karena apa karena kita masih cinta kepada dunia hubuddunia itu boleh tapi ingat ada batasanya dan ingat tujuan hidup kita adalah akhirat Meraih Syurganya Allahﷻ dan kekal selama lamanya.

Demikian Khutbah yg singkat ini smoga kita diberikan kemudahan untuk menjalankan secara baik sehat wal afiyat diberi kemudahan segala urusan dan diakhir romadhon Allahﷻ berikan kita sebagai orang² yg bertaqwa Aamiin Allahuma Aamiin.

 

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه
Demikian semoga Bermanfaat
Barakallahu fiikum... 

✍️"Al Faqir Abu Ibrohim"