Keutamaan Bulan Dzulhijah

Jumat, 3 Juni 2022. Sholat Jumat kali ini merupakan sholat Jumat pertama di bulan Dzulqaidah yang sama tanggalnya yaitu 3 Dzulqaidah 1443 H, 36 hari menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1443 H. Momentum sholat Jumat ini sebagai momentum yang baik dan pas untuk menyampaikan fadhilah-fadhilah bulan Dzulhijah, sehingga Jamaah lebih tersegarkan tentang keutamaan dari salah satu bulan mulia yang penuh berkah.

khutbah
Suasana Jamaah menyimak Khutbah 

Khotbah yang dibawakan oleh Ust. Ahmad Sulaiman, MA, kembali mengusung tema tentang Idul Adha 1443H dengan bahasan yaitu Keutamaan Bulan Dzulhijah, yang mana terdapat dua ibadah dengan keutamaan yang sangat besar di bulan Dzulhijah yaitu sebagai berikut

  1. Ibadah Haji. Setelah dua tahun ditunda keberangkatan haji, tahun ini, Indonesia kembali memberangkatkan jamaah haji-nya ke Baitullah, Mekkah untuk memenuhi kewajiban Rukun Islam yang terakhir. Semoga para Jamaah yang berangkat menjadi haji yang mabrur dan seluruh amaliah ibadah di Baitullah diterima oleh Allah SWT dengan sebaik-baik penerimaan.
  2. BerqurbanBagi yang belum mendapatkan kesempatan untuk menunaikan ibadah haji, kita juga disyariatkan untuk berqurban. Mari kita bertekad untuk dapat melaksanakan Qurban tahun ini dengan sebaik-baik sembelihan hewan qurban dan semoga Allah SWT menerima ibadah qurban yang kita lakukan. Tentunya semata-mata untuk meraih ridha dan pahala dari Allah SWT dan menjadi bukti kecintaan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

“Terakhir, bagi tahun ini yang belum bisa menunaikan ibadah Haji, semoga Allah SWT mudahkan untuk meniatkan dan disegerakan keberangkatannya dan bagi yang akan berqurban di tahun ini, semoga Allah mudahkan untuk bisa berqurban.” Pungkas Ust. Ahmad Sulaiman dalam khotbahnya.

Yuk, kita niatkan dalam hati kita untuk dapat berqurban tahun ini, dengan dilanjutkan dengan tindakan nyata yaitu memulai untuk menganggarkan biaya qurban, saat ini, dan jika niat kita benar dan ikhlas karena Allah SWT, Insyaa Allah akan mudahkan, segala urusannya. Wallahu’alam

Tupon Setiawan - DKM Baitussalam PT Akebono Brake Astra Indonesia