Birrul Walidain

Nama Penulis: 
i_sur
Perusahaan: 
Astra Daihatsu Motor
Naskah Cerpen: 

Ridho Allah Ridho Orang Tua
Kasih Orang Tua sepanjang masa, kasih anak sepanjang galah. Rasanya tidak berlebihan pribahasa yg sering kita dengar waktu sekolah dulu. Suatu hari di bulan July, Banyak Deadline Kejar tayang yg mesti kelar akhir minggu ini, sampai sampai ga enak makan kepikiran kerjaan. Terbersit dalam Hati, Ya Allah begitu banyak dan berat kerjaan ini jadi tdk tahu harus bagaimana dan mana dulu yang dikerjakan. Tiba tiba serasa ada jawaban atas kegundahan hati, bersamaan dengan lantunan Adzan yang mengalun syahdu di Pabrik Mobil Daihatsu. Astagfirullah, Ini sdh waktunya shalat dan waktunya doa minta petunjuk Allah atas permasalahan yg ada ini. Segera kaki melangkah ke Masjid Abu Bakr untuk shalat ashar. Segera setelah shalat Ku panjatkan doa dengan khusyu, namun saat doa belum selesai terdengar pengumuman dari DKM bahwa akan ada kajian akbar di masjid sore nanti. Akhirnya dengan mantap ku tutup doa dan kembali ke tempat kerja supaya segera kelar dan berencana mendengar kajian akbar sore nanti pikirku.
Ku berjalan menuju Masjid, sore setelah jam kerja berakhir dan benar banyak jamaah sedang mendengar kajian ustadz. Dalam satu penyampaian sang ustad dengan sabar panjang lebar dan menangis menyampaikan tentang Ridho Allah adalah Ridho Orang tua, dan Murka Allah adalah murka Orang Tua. Tanpa terasa paparan ustadz membuat hati meleleh juga, jadi tergerak dan bertekad untuk Aku lakukan. Dan terfikir juga hal ini supaya tdk hanya ku seorang saja, tp juga menjadi inspirasi temen temen di Kantor.
Tergagas ide untuk membuat acara gathering special yg tidak hanya mengajak anak istri tetapi juga melibatkan orang tua karyawan seperti yg di sampaikan ustadz beberapa waktu lalu untuk membahagiakan orang tua. Dan belum pernah ada sampai saat ini rasanya. Adapun biaya menjadi biaya pribadi masing masing. Ide pun di luncurkan kesemua teman teman. Alih - alih mendapat dukungan penuh dari semua member, yang terjadi justru sebaliknya, terjadi pro kontra terkait acara ini. Selidik punya selidik, ternyata tergambar fakta yg beragam dengan alasan yang beraneka ragam namun, secara umum terbagi dalam 3 kelompok besar, yaitu kelompok 1 adalah kelompok yang Pro acara dilakukan dengan mengikutsertakan orang tua, dan siap dengan segala konsekuensinya seperti akomodasi, dan lain - lain. Kelompok 2 adalah kelompok yg Pro Acara, namun tidak siap dengan masalah finansial, dan Kelompok 3 adalah kelompok yg tdk setuju dengan acara namun tidak jelas alasannya. Penasaran dengan ini akhirnya mencoba mendalami secara personal alasan yg ada. Dengan pendekatan yang baik alhamdulillah akhirnya semua setuju mengadakan acara ini. Yang menggetarkan adalah salah satu pernyataan karyawan yg mengatakan
“Sesungguhnya Ridha Allah adalah ridha orang tua. Kita tdk pernah tahu sampai kapan kita di dunia ini, dan apakah masih bisa membahagiakan orang tua kita. Jadi meskipun tidak memiliki uang cukup, saya akan usahakan demi menghadirkan sang orang tua, dan Saya berharap ini bisa menjadi salah satu amalan pemberat saya di Yaumul akhir”.
Masya Allah mendadak mata sembab basah meleleh air mata jatuh ke pipi, bener sekali ucapan karyawan ini. Dan kalimat inilah yg meluluhkan semua hati karyawan.
Alhamdulillah akhirnya hari yang ditentukan di bulan agsutus tiba. Teman teman ada yang mendatangkan orang tua dari Surabaya, Tasik, Kuningan, bahkan sampai dengan Palembang. Baik dengan bis, mobil, kereta sampai pesawat terbang. Banyak terlihat rambut yg memutih berjalan pelan menggandeng cucu dan keluarga turun dari kendaraan dan ada pula yg hadir dengan kursi roda, semua menuju aula restro untuk menghadiri acara ini.
Baru saja acara dimulai sudah terlihat banyak yg menitikkan air mata karena baru pertama kali nya kami bisa mengadakan acara gathering keluarga juga mengikutsertakan orang tua karyawan. Tak habis habisnya kalimat keluar dari setiap orang tua yg hadir yang sangat mengapresiasi kegiatan ini Segera tersadar bahwa ini dapat menjadi momen dan kesempatan untuk menyatukan hati yg terserak dan cerai berai kembali terjalin silaturahmi yang baik.
Ada satu momen dimana semua orang tua duduk di atas panggung dan semua karyawan mulai dari manager sampai operator bersimpuh di depan orang tua masing masing untuk memberikan suapan makan kepada ibunda tercinta . Semua tdk kuasa mengangkat sendok yang berisi makanan untuk mensuapi ibunda, karena semua menitikkan airmata, teringat betapa besarnya jasa orang tua semua sehingga menjadikan anak anaknya berhasil sampai hari ini. Hingga akhirnya setelah acara ini, beban pekerjaan serasa menjadi lebih ringan, karena adanya doa, dan motivasi dari para orang tua kami untuk bekerja lebih giat lagi di perusahaan kami, dan memberikan manfaat kepada orang lain melalui pekerjaan yang kami lakukan. Apapun pangkat dan jabatan kita di kantor, tetaplah kita seorang anak dihadapan orang tua kita. Smoga Allah panjangkan umur para orang tua kita dalam keberkahan dan ketaatan pada Allah. aamiin aamiin aamiin ...

Lomba Cerpen

No. Judul Cerpen Nama Penulis Perusahaan
1 Makkah, I'm coming Zain Udin AS Astra Daihatsu Motor
2 Mengetuk Pintu Langit daitoryoo_95 Astra Daihatsu Motor
3 Gerakan 1000 Masjid Fadlu Rohman Astra Daihatsu Motor
4 Birrul Walidain i_sur Astra Daihatsu Motor
5 Dermawannya Rosulullah SAW Ahmad Rosyidi Chuhatsu Indonesia
6 Hikmah Kisah Nabi Allah Yusuf AS Jajat Supriatna Astra Daihatsu Motor
7 BUKAN ORANG BAIK Part 1. Yudha Prawira Gatra Putra United Tractors
8 BUKAN ORANG BAIK Part 2. Yudha Prawira Gatra Putra United Tractors
9 BUKAN ORANG BAIK Part 3. Yudha Prawira Gatra Putra United Tractors
10 BUKAN ORANG BAIK Part 4. Yudha Prawira Gatra Putra United Tractors
11 Rezeki Terbaik dari Ar-Razzaq @putripramudyo Astra Daihatsu Motor
12 Allah pasti beri jalan terbaik Part 1 Dani Herdiana Astra Daihatsu Motor
13 Allah pasti beri jalan terbaik Part 2 Dani Herdiana Astra Daihatsu Motor
14 Allah pasti beri jalan terbaik Part 3 Dani Herdiana Astra Daihatsu Motor
15 Allah pasti beri jalan terbaik Part 4 (End) Dani Herdiana Astra Daihatsu Motor
16 Kacang dan Kulitnya - Part 1 armelyadhika Astra Daihatsu Motor
17 Kacang dan Kulitnya - Part 2 armelyadhika Astra Daihatsu Motor
18 Kacang dan Kulitnya - Part 3 (END) armelyadhika Astra Daihatsu Motor
19 Manfaat Tak Terbatas Tempat - Part 1 Dini Kurnia Wardhani Astra Agro Lestari
20 Manfaat Tak Terbatas Tempat - Part 2 (End) Dini Kurnia Wardhani Astra Agro Lestari
21 Broker Hidayah Dini Kurnia Wardhani Astra Agro Lestari
22 BUKAN ORANG BAIK Part 5. Yudha Prawira Gatra Putra United Tractors
23 BUKAN ORANG BAIK Part 6. Yudha Prawira Gatra Putra United Tractors
24 BUKAN ORANG BAIK Part 7. Yudha Prawira Gatra Putra United Tractors
25 BUKAN ORANG BAIK Part 8. Yudha Prawira Gatra Putra United Tractors
26 BUKAN ORANG BAIK Part 9 END. Yudha Prawira Gatra Putra United Tractors
27 Belajar Peduli Andika Dwi Saputra Pamapersada Nusantara
28 Ustadz Ku Motivasi Hidup Ku USTUKRI Astra Graphia
29 Dunia Di Balik Helm - Part 1 Soni Guandis TOYOTA
30 Dunia Di Balik Helm - Part 2 Soni Guandis TOYOTA
31 Inovasi, Motivator Muljono AUTO 2000
32 Bermanfaat Meski Tanpa Materi Andika Dwi Saputra Pamapersada Nusantara
33 Samurai Paling Tajam Di Dunia Soni Gunadis TOYOTA
34 BERSYUKUR ATAS NIKMAT ALLAH Jajat Supritana Astra Daihatsu Motor
35 Pejuang Sodaqoh Fadlu Rohman Astra Daihatsu Motor
36 MUSLIMAH IN ACTION Devi Feriyanjani Astra Agro Lestari
37 [Bukan] Jumpa Yang Terpaksa Soni Gunadis TOYOTA
38 HABLUM MINALLAH HABLUM MINANNAS Brian Edwin Astra Daihatsu Motor
39 HABLUM MINALLAH HABLUM MINANNAS Brian Edwin Astra Daihatsu Motor
40 HABLUM MINALLAH HABLUM MINANNAS Brian Edwin Astra Daihatsu Motor
41 Ketika Hidayah Menyapa Basyiruddin Asyrof Astra Daihatsu Motor
42 RAMADHAN HENING Devi Feriyanjani Astra Agro Lestari
43 MENGGAPAI ASA Devi Feriyanjani Astra Agro Lestari
44 Aku Anak Sawit Gede Ardiantara, S.Pd. Gr. Astra Agro Lestari
45 DETAK REKAM JEJAK Dita Ramadhani Astra Daihatsu Motor

Cerpen Nominasi

Belum ada cerpen yang masuk dalam tahap nominasi.

Bermuamalah di Amaliah