Training Pelatihan Ilmu Waris

Ilmu Hitung Warits, sepintas ruwet, biasanya orang Indonesia menjauhi yang namanya hitung-hitungan, tapi sebentar, dicoba dulu sedikit, lama-lama terbiasa dan menyenangkan.

Cara perhitungan harta warits semuanya tertulis di dalam Al-Qur'an, sudah ada rumusnya, betapa sempurnanya Islam. Sesungguhnya ilmu ini diperuntukan untuk yang masih hidup agar tetap mengingat mati. Dan tidak mungkin juga yang sudah meninggal dapat menghitung sendiri hartanya, biasa disebut muwarrits orang yang meninggalkan hartanya, ingat yang sudah meninggal yaa yang dalam bentuk jasadnya terlihat maupun dalam versi hukum, misalnya ketika sebuah pesawat terbang menghilang dan penumpangnya tidak diketahui keberadaannya sehingga pemerintah menyatakan telah meninggal semua.

Kalau kata Ustadz Saiful Akib, harta hanya untuk penompang hidup, jika telah meninggal seluruh hartanya diserahkan kembali kepada Allah. Jadi, jangan meremehkan ilmu perhitungan harta waris, yang aman yang mengikuti aturan Al-Qur'an. Si mayit mendapatkan pahala begitu juga si warits (orang yang mendapatkan pembagian harta warisan).

1/8, 1/6, 1/4, 1/3, 1/2, 2/3 ayo diulang-ulang rumusnya biar cepat paham, perhitungan harta hanya berdasarkan pembagian tadi tidak akan ada perubahan. Ustadz Irham Trisofyat memberikan berbagai contoh soal dalam menghitung harta warits. Menghitung meski awalnya bingung jadi menyenangkan.

Lalu, ada Ustadz Indra Hermansyah mengenalkan aplikasi i-Waris untuk semua tipe handphone, tinggal masukan jumlah harta dan setelahnya aplikasi yang bicara berapakah jumlah yang diterima harta warisan per-orang. Lebih cepat dan mudah. Tapi, yang utama harus paham dulu siapa yang disebut ushul, furu', hawasyi dan ashabah. Semuanya dijelaskan dalam workshop satu hari, dari jam 08.00 - 16.00 WIB, Minggu, 28 Augustus 2016 di Masjid Al-Haqqul Mubiin Pegangsaan.

Dimulai dengan pre-test untuk mengetahui sejauh mana peserta tahu tentang ilmu hitung warits, lalu ditutup dengan test lagi, mengecek sejauh mana peserta paham ilmu yang telah dijelaskan. Para peserta bersemangat mengikuti workshop ini. Meski libur, cari ilmu ga boleh kendur. Bismillah :)

Agustus 2016
Anonymous


Agenda Terdekat

Selasa, 24 Apr - 18.00 | Kajian Rutin
Begadang untuk Membicarakan Ilmu
Ustadz Firanda Andirja, MA
Masjid Astra Sunter, PT Astra International Tbk


Berita Terkait