Tafsir Surat Al Falaq

Ini yang ditunggu-tunggu karyawan Masjid Al-Haqqul Mubiin 2 jam pulang kerja, kajian tafsir QS Al-Falaq, yang sebelumnya bulan lalu belajar tafsir QS-An Nass. Ust Ahzami memang pandai menjelaskan setiap ayat, menafsirkan surat pendek saja bisa habis hampir satu jam, menjadikan peserta tidak bosan mendengarkannya.

Ust Ahzami menjelaskan bahwa ayat yang turun setelah huruf Qul adalah sesuatu yang besar. Kalau kita yakin kepada Allah, maka tak ada rasa takut dalam menghadapi urusan dunia, musuh-musuh Allah. Hal apapun yang berada di hadapan Allah begitu kecil.

Dan diayat selanjutkannya menunjukkan bahwa kejahatan ada dimana-mana. Setiap makhluk memiliki sisi kejahatan. Maka, setiap muslim harus selalu waspada. Nabi mengajarkan setiap sebelum tidur membaca QS Al-Ikhlas, An-Nass juga Al-Falaq agar terhindar dari kejahatan malam, jin, orang yang dengki, sihir. Agar kita selalu dilindungi oleh Allah bacalah selalu dzikir atau ayat-ayat Quran.

Tidak semua ayat Al-Qur'an turun ada sebabnya. Ada yang turun memang sebagai perlindungan sehari-hari, contohnya surat ini.

Diujung kajian peserta diperbolehkan bertanya. Selasa, 6 September 2016 bertambah ilmu, bertambah yakin bahwa apa yang diturunkan oleh Allah adalah bentuk begitu besarnya kasih sayangNya kepada hambaNya. Alhamdulillah.

September 2016
Anonymous


Agenda Terdekat

Rabu, 26 Sep - 16.30 | Lain-lain

Tahsin Al Qur'an Bersanad

Masjid Al Haqqul Mubiin Karawang
PT Astra Honda Motor

Berita Terkait