Tafsir - Dua panggilan dalam hidup; panggilan Adzan dan panggilan Maut

Sunah-sunah sebelum shalat :
1. Adzan (pemberitahuan/seruan)
Seruan untuk memberitahukan akan masuknya waktu shalat dan mengundang umat untuk berjamaah, serta sebagai syiar, dan pemberitahuan tempat untuk melaksanakan shalat berjamaah. Pada umumnya hidup kita adalah menunggu 2 panggilan, yaitu panggilan adzan dan panggilan maut.
Tinggal bagaimana kita menjalaninya, apakah dengan sukarela/semangat ataupun dengan enggan/terpaksa. Adzan itu termasuk dzikir, karena didalamnya terdapat kalimat-kalimat yang mengingatkan kita pada Allah subhanahu wa ta'ala, kalimat yang kata-katanya tertentu dan paten tanpa bisa diubah-ubah.

Sejarah adzan. Di masa itu (Nabi Muhamad sholallohu 'alaihi wa salam masih hidup) diadakan musyawarah mengenai bagaimana cara mengumpulkan umat untuk melaksanakan shalat. Ada yang mengusulkan pada Nabi untuk memanggil umat untuk melaksanakan shalat dengan terompet, tapi Nabi menolak karena hal itu seperti kaum Yahudi, keudian ada yang mengusulkan denganmenyalakan api tapi ditolak juga karena seperti kaum majusi, kemudian ada juga yang engusulkan dengan membunyikan lonceng , namun tetap ditolak karena seperti kaum Nasrani. Lalu ada seorang sahabat yang menyampaikan mimpinya kepada Rasul, yaitu menyeru shalat dengan kalimat-kalimat Allah/adzan dan disetujui serta disahkan oleh Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wa salam sebagai penyeru umat Islam untuk melaksanakan shalat yang wajib. Setiap umat islm diwajibkan terlibat dalam seruan adzan, yaitu menjawab dan berdoa setelah adzan, bersiap-siap untuk menunaikan shalat, berwudhu, memakai wangi-wangian dan berangkat ke tempat shalat dengan tidak tergesa-gesa.

Keutamaan adzan, Fushshilat 41:33
وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلًا مِّمَّن دَعَآ إِلَى ٱللَّهِ وَعَمِلَ صَٰلِحًا وَقَالَ إِنَّنِى مِنَ ٱلْمُسْلِمِينَ
Dan siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah dan mengerjakan kebajikan dan berkata, “Sungguh, aku termasuk orang-orang muslim (yang berserah diri)?”

Muadzin adalah orang yang terbaik dari sisi ucapan dan perilaku, orang yang paling ontime dengan kewajibannya, orang yang menjadi ciri khas muslim. Akan diampuni dosa seorang muadzin sejauh suaranya didengar oleh yang hidup maupun yang mati, dan akan didoakan ampunan oleh yang mendengarkan adzan oleh mahluk yang basah maupun yang kering. Akan mendapat pahala sebanyak orang yang berjamaah karena mendengar seruan adzanya.
Adzan bukan ajang pamer suara, tapi niatkan karena Alloh subhanahu wa ta'ala dengan ketulusan hati dan semoga yang mendengar akan terketuk hatinya untuk mengingat Allah dan segera ke masjid untuk menunaikan shalat berjamaah.

2. Iqomah
Kalimat-kalimat mengingat Allah subhanahu wa ta'ala untuk membangkitkan atau memberikan orang yang sudah ada didalam masjid untuk melaksanakan shalat.

Bersambung...

Januari 2018
budiman


Agenda Terdekat

Berita Terkait