PUASA & KESALEHAN SOSIAL (BUKA PUASA BERSAMA ANAK YATIM)

PERISAI ASTRAGRAPHIA

30 Juni 2016.

Perisai Musholla Astragraphia menutup rangkaian sajian Ramadhan 1437 H dengan acara puncak berupa Tabligh Ramadhan IV & Buka Puasa Bersama Anak Yatim. Seperti Ramadhan tahun – tahun sebelumnya, acara buka puasa bersama anak yatim ini selalu dijadikan acara puncak penutup. Dimana pertimbangan utamanya adalah mencintai anak yatim adalah salah satu anjuran mulia dari Rasulullah yang mana menyebutkan bahwa para pemerhati yatim memiliki jarak yang dekat dengan Rasulullah seperti jarak antara jari telunjuk dan jari tengah.

Perlu diketahui bahwa sebelum acara ini dimulai, tim Aksi Peduli Ramadhan 1437 H telah berhasil mengumpulkan santunan anak yatim sebanyak 66 paket (@Rp. 200.000) ditambah perisai musholla Astragraphia mendapat bantuan distribusi paket bingkisan anak Yatim dari pihak Lazis Astra sebanyak 30 buah paket. Dari total santuan dan bingkisan yatim yang berhasil dikumpulkan rencananya akan didistribusikan ke seluruh panti asuhan yang berlokasi di sekitar kantor pusat Astragraphia yang mana salah satunya diwakili oleh 15 anak yatim binaan Masjid Al Furqan Dewan Dakwah Indonesia yang lokasinya bersebelahan dengan kantor pusat Astragraphia.

Acara yang dimulai pukul 17.00 bertempat di ruang makan karyawan Astragraphia ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh salah seorang anak Yatim yaitu Adik Tegar yang membacakan hapalan surat Al A’la. Acara kemudian dilanjutkan dengan tausiyah. Sedianya yang mengisi tausiyah adalah ustadzah Fahira Fahmi Idris, namun karena yang bersangkutan mendadak harus kunjungan ke luar jakarta maka terpaksa dibatalkan. Adapun ustadz pengganti adalah ustadz Achmad Syaichu yang sudah biasa mengisi kajian Dhuhur di gedung AGIT ANZ. Ustadz Achmad membawakan materi berjudul Puasa & Kesalehan Sosial. Poin penting yang disampaikan oleh ustadz adalah ibadah shaum mempunyai dimensi horisontal dimana kita diperintahkan untuk berempati merasakan penderitaan rasa lapar saudara – saudara kita. Yang mana selain shaum, kita pun diminta memperbanyak ibadah horisontal lain berupa infaq dan shodaqoh. Dan pada akhirnya di penghujung Ramadhan, kita menutupnya dengan sebuah ibadah wajib lain yaitu zakat fitrah sebagai pilar ke empat rukun islam

Tausiyah diakhiri sesaat menjelang berbuka puasa. Setelah menyantap sajian takjil, dilaksanakan shalat maghrib berjamaah diimami oleh ustadz Achmad Syaichu. Usai shalat maghrib, para jamaah muslim astragraphia berbaur dengan anak yatim menyantap sajian makan berbukan puasa. Acara diakhiri dengan pemberiaan santunan yatim dan bingkisan yatim dari lazis serta foto bersama

Dengan berakhirnya acara ini maka rampung sudah sajian Ramadhan Perisai Musholla Astragraphia. Alhamdulillah meskipun ada beberapa halangan, namun secara keseluruhan rangkaian kegiatan ramadhan dari minggu pertama hingga minggu terakhir dapat dijalankan dengan baik. Mewakili segenap pengurus Perisai Musholla Astragraphia, memohon maaf jika ada sajian yang kurang berkenan. Semoga kita masih diberik kesempatan untuk menutup ramadhan tahun ini dengan khusnul khatimah dan Allah SWT meridhoi amal ibadah kita tahun ini....Aamiin Ya Rabb.

Juni 2016
Anonymous


Agenda Terdekat

Rabu, 25 Jul - 16.30 | Lain-lain

Tahsin Al Qur'an Bersanad

Masjid Al Haqqul Mubiin Karawang
PT Astra Honda Motor

Berita Terkait