Perspektif Kepemimpinan dalam Islam

Kamis, 22 September 2016 Masjid Al Haqqul Mubiin Pegangsaan mengadakan kajian yang bertema Perspektif Islam dalam Kepemimpiman yang dimulai jam 16.30 dan dibuka dengan pembacaan ayat Al Quran oleh akhina Taufik Iskandar.

Selanjutnya Ustadz Nur Rohman pun memulai kajian dengan mengatakan bahwa pahala menuntut ilmu, baik dengan mengikuti kajian yang saat ini berlangsung adalah sama dengan berjihad dan membangun taman taman didalam surga, aamiiinnnn.
Allah menjadikan manusia sebagai khalifah, sebagai pemimpin seperti yang Allah firmankan dalam surat Al- Baqoroh ayat 30, dan ustadz menjabarkan ayat tersebut.
Dan setiap manusia adalah pemimpin dan akan Allah mintakan pertanggung jawabannya. Setiap posisi manusia adalah pemimpin, contohnya di dalam sholat berjamaah maka kita diwajibkan memilih imam untuk dijadikan pemimpin sholat berjamaah. Seorang imam bagi kaum muslimin haruslah seorang muslim, dan ikhtiar kita semua pun akan dipertanyakan dalam suatu pemilihan seorang pemimpin.

Ali bin Abi Thalib berkata, "Banyaknya kejahatan, banyaknya kedzoliman bukan karena banyaknya orang dzolim, tetapi banyaknya orang baik yang hanya diam."

Maka dari itu janganlah kita sebagai umat Islam memilih golput, dosa golput bisa lebih besar daripada memakan babi, sebab efek nya bisa menimpa orang banyak.

Kepemimpinan adalah urgensi, jangan sampai kita dipimpin orang jahat. Jika orang jahat menjadi pemimpin maka kejahatan pasti merajalela. Sebaliknya kekuasaan dapat menghilangkan kemaksiatan, sebab tanpa kekuasaan akan lebih sulit menghilangkan kemaksiatan yang ada.

Ustadz Nur Rohman menutup kajian dengan menjelaskan kandungan surat Al-Maidah 51, bahwa memilih pemimpin dari golongan muslim adalah wajib bagi kita. Larangan keras dari Allah menjadikan yahudi dan nasrani sebagai pemimpin, sebab jika kita memilih mereka sebagai pemimpin maka Allah katakan kita sebagai golongan mereka, naudzubillahi min dzalik.

Sebelum kajian ditutup, acara diselingi dengan penyerahan Santunan Yatim dan Dhuafa dari Masjid Al Haqqul Mubiin Pegangsaan ke Yayasan Husnul Khotimah Kuningan Jawa Barat. Dana santunan diserahkan oleh Bapak H.Sugiarta selaku Ketua Umum Masjid Al Haqqul Mubiin Pegangsaan dan diterima oleh Ustadz Nur Rohman selaku Wakil Yayasan. Alhamdulillah. (AN)

Oktober 2016
Ahmad Nurfadilah


Agenda Terdekat

Rabu, 21 Nov - 16.30 | Lain-lain
Tahsin Al Qur'an Bersanad Masjid Al Haqqul Mubiin Karawang PT Astra Honda Motor

Berita Terkait