Merenungi Nikmat Kemerdekaan

وَقُلِ الْحَـقُّ مِنْ رَّبِّكُمْ ۙ فَمَنْ شَآءَ فَلْيُؤْمِنْ وَّمَنْ شَآءَ فَلْيَكْفُرْ ۙ اِنَّاۤ اَعْتَدْنَا لِلظّٰلِمِيْنَ نَارًا ۙ اَحَاطَ بِهِمْ سُرَادِقُهَا ؕ وَاِنْ يَّسْتَغِيْثُوْا يُغَاثُوْا بِمَآءٍ كَالْمُهْلِ يَشْوِى الْوُجُوْهَ ؕ بِئْسَ الشَّرَابُ وَسَآءَتْ مُرْتَفَقًا
Dan katakanlah (Muhammad), "Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu; barang siapa menghendaki (beriman) hendaklah dia beriman, dan barang siapa menghendaki (kafir) biarlah dia kafir." Sesungguhnya Kami telah menyediakan neraka bagi orang zalim, yang gejolaknya mengepung mereka. Jika mereka meminta pertolongan (minum), mereka akan diberi air seperti besi yang mendidih yang menghanguskan wajah. (Itulah) minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek.
[QS. Al-Kahf: Ayat 29]

Ustadzah Dedeh membaca ayat tersebut pelan-pelan, kata perkata sehingga karyawan muslimah yang hadir di kajian keputrian kali ini lebih mengerti artinya. Dimana disitu tertulis kemerdekaan adalah pilihan. Seperti sebuah pilihan mau menjadi kafir atau menjadi yang tunduk kepadaNya. Semua ada akibatnya.

Jika ada kelompok muslim yang menderita, seharusnya kita merasakan juga. Dulu, saat negeri ini baru merdeka, ada Mesir yang turut membantu. Seharusnya dari situ kita dapat belajar, di negeri lain yang sedang terjajah kita harus membantu juga. Ada Palestina, Suriah, Afghanistan, Pakistan, mereka saudara kita yang membaca syahadat yang sama.

Jumat ini, 26 Agustus 2016, jam istirahat siang ini betul-betul mengistirahatkan pikiran tentang masalah sendiri. Memikirkan bahwa ada yang lebih sulit hidupnya, ada yang lebih berat cobaannya, yang juga berbanding dengan tingkat keimanannya.

Di Ruang Candy Orange, ruangan paling pojok, di majelis kecil Plant Pegangsaan sayup-sayup lirih penuh harap berdoa bersama, semoga pemimpin kita adalah yang bersungkur sujud kepada Allah, yang sama-sama shaum karena Allah, yang menjadikan Allah tempat bergantung satu-satunya.

"Barang siapa yang membantu muslim yang sedang kesulitan maka Allah akan memudahkannya di akhirat."

September 2016
Anonymous


Agenda Terdekat

Rabu, 25 Jul - 16.30 | Lain-lain

Tahsin Al Qur'an Bersanad

Masjid Al Haqqul Mubiin Karawang
PT Astra Honda Motor

Berita Terkait