Menyongsong Bulan Suci Ramadhan

Mengenai bulan sya'ban :
• Pada bulan ini diangkatlah catatan amal pahala, maka Rasululloh mengajarkan bahwasanya beliau ingin saat diangkatnya catatan pahala ialah saat beliau beribadah, seperti puasa yaumul bid (tengah bulan) sya'ban
• Diampuni dosa-dosa, kecuali dosa syirik dan permusuhan terhadap sesama manusia. Maka hendaklah memintalah maaf pada sesama manusia kemudian meminta maaf kepada Allah subhanahu wa ta'ala.

Amalan Nabi Muhammad saw d.bulan Sya'ban :
1. Puasa (Senin Kamis, Yaumul Bid)
2. Shalat malam
3. I'tikaf setelah subuh sampai syuruk, lalu mengerjakan shalat isyrak
4. Memperbanyak membaca Al Quran
5. Beramal dan shodakoh

2 golongan manusia di bulan Ramadhan menurut Rasululloh :
1. Mendapat ampunan dan pahala yang besar dari Allah subhanahu wa ta'ala
2. Orang yang berpuasa namun hanya dapat lapar dan dahaga

Kunci utk menjadi golongan pertama ialah dengan tawakal.
Ibnu taimiyah menjelaskan, ada beberapa tahapan untuk bisa menjadi golongan yang pertama, diantaranya :
1. Tawakal (pasrah) kepada Allah saat menjalani puasa,
2. Puasa dengan ikhlas karena Allah dan ikhlas menjalankan syarian yang dicontohkan oleh Rasululloh,
3. Perbanyak istigfar supaya diterima segala amal ibadah oleh Allah karena kita makluk yang tak lepas dari khilaf,

Bertaubat sebelum ramadhan (At Tahrim ayat 8)

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا تُوبُوٓا إِلَى ٱللَّهِ تَوْبَةً نَّصُوحًا عَسَىٰ رَبُّكُمْ أَن يُكَفِّرَ عَنكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّٰتٍ تَجْرِى مِن تَحْتِهَا ٱلْأَنْهَٰرُ يَوْمَ لَا يُخْزِى ٱللَّهُ ٱلنَّبِىَّ وَٱلَّذِينَ ءَامَنُوا مَعَهُۥۖ نُورُهُمْ يَسْعَىٰ بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَٰنِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَآ أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَٱغْفِرْ لَنَآۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

"Wahai orang-orang yang beriman! Bertobatlah kepada Allah dengan tobat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhan kamu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak mengecewakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersama dengannya; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka berkata, “Ya Tuhan kami, sempurnakanlah untuk kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sungguh, Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.”

Terkait taubat, Imam an nawawi juga menjelaskan bahwa taubat itu ada tahapan-tahapanya, yaitu:
1. Meninggalkan kemaksiatan yang pernah dilakukan,
2. Menyesali dengan sepenuh hati akan kemaksiatan yang telah dilakukan,
3. Bertekad kuat untuk tidak melakukannya lagi,
4. Bila dosa berkaitan dengan manusia atau orang lain, maka wajib meminta maaf dahulu pada orang terkait atau yang telah didholimi.

Benteng terhadap godaan-godaan di bulan puasa :
✓ Puasakan lisan, pendengaran, dan penglihatan. Tidak hanya menahan haus dan lapar, namun semua anggota tubuh juga hendaknya ikut berpuasa dengan cara menahan dari berbagai macam hal negatif, tidak bermanfaat, dan terutama dari kemaksiatan.
✓ Prioritaskan yang wajib (jangan sampai sunah mengalahkan/melalaikan yang wajib). Misalnya ada sebuah pengajian (ta'lim) dari jam 2 siang sampai jam 5 sore sehingga shalat asyarnya mundur, semangat membaca Al Quran karena mempunyai target untuk 5 kali khatam dalam bulan ramadhan namun pada saatnya adzan masih juga duduk membaca Al Quran dan menunda shalat, maka yang demikian itu kurang tepat dan harapanya kita bisa menjalani puasa ramadhan ini dengan sebaik-baiknya sesuai syariat dari Allah subhanahu wa ta'ala dan tuntunan Rosululloh sholallohu 'alaihi wa salam, aamiin.

by : Drs Masnif Sofwan

Mei 2018
budiman


Agenda Terdekat

Senin, 28 Mei - 12.00 | Kajian Akhwat

Kajian Spesial Ramadhan : Wanita-wanita Syurga di Bumi-Nya
Ustadzah Supriyani

Masjid Al Haqqul Mubiin Pegangsaan
PT Astra Honda Motor

Berita Terkait