KEUTAMAAN MENUNTUT ILMU

Allah berfirman dalam QS. Al-Mujādalah : 11

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, "Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis, " maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, "Berdirilah kamu, " maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan.

Ketika Allah ingin mengangkat derajat seseorang, bukanlah harta yang di berikan, bukan pula jabatan yang tinggi. Tetapi Allah mengangkat seseorang dengan ilmu nya.

Perintah untuk menuntut ilmu tidak hanya ditujukan kepada umat jaman sekarang, bahkan Nabi Muhammad SAW di perintah agar memohon kepada Allah SWT, ilmu. Ilmu yang bermanfaat. Dan Rasulullah pun mengajarkan kita untuk berdo'a agar dihindarkan dari ilmu yang tidak bermanfaat.

Sering kali orientasi kehidupan kita sebagai manusia memandang bahwa dunia begitu besar. Padahal, kalo kita renungkan kembali usia yang Allah anugrahkan kepada kita tidaklah seberapa dibandingkan usia kehidupan setelah kematian kita.

Oleh karena itu, marilah kita rubah orientasi yang kita pahami dahulu karena begitu singkatnya kehidupan di dunia daripada di akhirat. Bahwa menuntut ilmu itu amatlah penting. Beramal tanpa ilmu pun akan tertolak. Berilmu tapi tak diamalkan pun akan sia -sia. Tidak memberikan manfaat untuk dirinya sendiri atau oranglain.

Ustadz Ir. Ahmad Margono

September 2018
candra kurniawan


Agenda Terdekat

Selasa, 23 Okt - 12.00 | Lain-lain

Tahsin Al Qur'an
Ustadzah Marlina

Masjid Al Haqqul Mubiin Sunter
PT Astra Honda Motor

Berita Terkait