Kajian Tafsir Juz 30 QS. An-Naas

Ada yang baru pada kajian masjid Al Haqqul Mubiin Pegangsaan kali ini. Kajian Tafsir Qur'an yang Insya Allah diadakan rutin pada minggu pertama hari selasa setiap bulannya oleh Ustadz Ahzami Samiun Jazuli Lc MA. Pengasuh Pondok Pesantren YAPIDH Bekasi dan pengisi kajian Tafsir TVRI dan TV one, dimulai jam 16.00 sampai maghrib. Alhamdulillah

Untuk pembukaan hari ini ustadz menjelaskan dasar-dasar ilmu tafsir.

Sebelumnya Ustadz Ahzami menjelaskan bahwa Ahluk Qur'an adalah keluarga Allah,
belajar Al qur'an merupakan skala prioritas yang harus ditanamkan dan diajarkan sejak anak-anak dan belajar Al qur'an adalah hal yang paling utama.

Lalu pengertian ilmu tafsir itu sendiri yang secara bahasa adalah membuka tabir dan menjelaskan kandungan dan secara istilah berarti ilmu yang berbicara tentang Al-Qur'an yang berkaitan dengan makna yang Allah kehendaki sesuai kemampuan manusia. Jadi, menafsirka Al-Qur'an harus dan wajib pakai ilmunya, sebab penafsir yang tidak memiliki ilmu tempatnya di neraka.

Metode-metode yang digunakan dalam ilmu tafsir, seperti :
1.Tafsir Ijmali (global)
2.Tafsir At Tahlili (analisis)
3.Tafsir Maudu'i (tematik)
4.Tafsir Muqorin (perbandingan)

Ustadz Ahzami melanjutkan mengupas tafsir surat An-Naas secara Tahlili, bahwa surat An-Naas yang berbicara tentang meminta pertolongan hanya kepada Allah dari segala bentuk godaan yang datangnya dari bangsa jin dan juga bangsa jin berbentuk manusia.

Meski hanya sekali setiap Bulan,mudah-mudahan peserta tetap semangat mengikutinya dan menjadi sesuatu yang dirindukan.
Aamiin...

Agustus 2016
Anonymous


Agenda Terdekat

Rabu, 12 Des - 16.30 | Lain-lain
Tahsin Al Qur'an Bersanad Masjid Al Haqqul Mubiin Karawang PT Astra Honda Motor

Berita Terkait