Kajian Fiqih - Persiapan menyambut bulan Ramadhan bersama Ust Hamim Thohari

Senang akan datangnya bulan ramadhan yang disertai dengan segala persiapanya, insyaallah akan salah satu sikap mulia yang akan menjauhkan kita dari api neraka.
Persiapan menjelang bulan Ramadhan :
1. Mempersiapkan keilmuan menyangkut Bulan Ramadhan. Amal yang tidak dibarengi dengan ilmu maka amalnya akan tertolak dari pahala.
2. Mempersiapkan hati, mental, dan tekad kuat untuk mampu menjalani puasa dengan sepenuh hati dan iman serta sekuat tenaga. Mempunyai harapan yang kuat akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dan yakin dengan balasan pahala yang berkali lipat dari Allah subhanahu wa ta'ala.
3. Mempersiapkan dari segi fisik (jasmani). Maka mulai dari bulan Rojab dan Sya'ban tubuh mulai disiapkan kesehatanya, pola makan juga. Bisa juga dengan belajar berpuasa dibulan sebelum ramadhan, melatih diri untuk menahan makan dan minum.
4. Mempersiapkan hati sepiritual kita. Yaitu mendidik hati kita bisa mulai dari bulan sya'ban untuk mengelola amarah, belajar ihklas, berusaha memperbaiki bacaan Al Quranya, bisa juga bersiap dengan berpuasa supaya bisa belajar mengontrol amarah, menahan hawa nafsu.
5. Mempersiapkan bekal materi. Untuk beramal, bersodakoh, memberi makan untuk berbuka, maka itu semua memerlukan materi yang cukup mengingat di bulan yang penuh keberkahan ini demi memaksimalkan amal dan ibadah kita untuk memperoleh balasan terbaik dari-Nya.

April 2018
budiman


Agenda Terdekat

Rabu, 21 Nov - 16.00 | Kajian Rutin
Kajian Rutin Tafsir QS. Adh Dhuhaa Ustadz Ahzami Sami'un Jazuli, MA, DR
Masjid Al Haqqul Mubiin Pegangsaan PT Astra Honda Motor

Berita Terkait