HIKMAH SEDEKAH

Allah subhanahu wa ta'alaa akan menyelamatkan kita di bumi yang fana, yang penuh dengan tarikan syetan, godaan duniawi yang begitu dahsyat. Sampai - sampai Allah subhanahu wa ta'alaa mengingatkan kita agar berhati - hati dalam urusan dunia.

Allah subhanahu wa ta'alaa ingatkan didalam QS. Ali imran:185.

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ۗ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ۖ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ ۗ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ

"Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Dan hanya pada hari Kiamat sajalah diberikan dengan sempurna balasanmu. Barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, sungguh, dia memperoleh kemenangan. Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya."

Dalam suatu riwayat, diceritakan oleh Abu Hurairah ra. "Suatu ketika di jaman Rasulullah, ada seorang dermawan diam - diam ingin memberikan sedekah kepada seseorang pada malam hari. Dia berharap tindakannya itu tidak di ketahui orang lain dan semata mata karna Allah saja. Kemudian pada pagi harinya, terjadi kegaduhan karna ternyata si dermawan itu memberikan sedekahnya kepada seorang pelacur. Karena ia tidak tau, ia kemduian berdo'a kepada Allah, memohon ampun atas tindakannya tersebut.
Kemudian besok malam harinya, Si dermawan itu bersedekah lagi kepada seseorang. Lagi lagi pada pagi harinya gaduh karena orang yang ia berikan sedekah adalah seorang yang kaya raya. Lalu ia berdoa lagi memohon ampun kepada Allah.
Malam ketiga ia kembali lagi bersedekah, lahi lagi terjadi kegaduhan pada pagi hari, karena yang ia berikan sedekah adalah seorang pencuri.
Akhirnya pada malam berikutnya, ia bermimpi bertemu dengan malaikat, dan didalam mimpinya malaikat menceritakan bahwa sesungguhnya sedekah yang engkau berikan itu sudah sampai kepada Allah subhanahu wa ta'alaa. Lalu malaikat mendoakan sedekah yang kau berikan kepada seorang pelacur dimalam pertama itu berharap bahwa pelacur itu akan berhenti dari pekerjaannya. Dan mendoakan Si orang kaya agar dermawan layaknya engkau, dan mendoakan Si pencuri agar tifak mengulagi lagi perbuatanya."

Hikmah daripada riwayat diatas ialah
1. Bahwa amalan ikhlas sangat dipandang oleh Allah subhanahu wa ta'ala.
2. Lebih utama bersedekah secara sembunyi - sembunyi.

Dari Abu Hurairah ra, Nabi Shalallahu 'alaihi wasalam bersabda 7 golongan yang di naungi oleh Allah pada hari tidak ada naungan kecuali naungan-Nya yakni seaeorang yang bersedekah lalu ia menyembunyikan sehingga tangan kirinya tidak tau apa yang di infakan tangan kanannya.

Ustadz Khairuddin S,Pdi

November 2018
candra kurniawan


Agenda Terdekat

Rabu, 12 Des - 16.30 | Lain-lain
Tahsin Al Qur'an Bersanad Masjid Al Haqqul Mubiin Karawang PT Astra Honda Motor

Berita Terkait