Gadis Kecil itu Bernama Amelia

Masjid Al Barokah (16/6) Kutai Timur
Meriah, itulah kata yang bisa dipakai untuk menggambarkan suasana masjid Pama Al Barokah. Malam itu (16/6 ) adalah final Pemilihan Dai Cilik Pama Sangatta.

Dari total 14 Tpq yang didaftarkan, setelah melalui proses audisi dan penyisihan terpilih 10 besar finalis. Nilai yang terpaut cukup tipis, namun dewan juri harus memutuskan 10 terbaik dari anak anak penerus para ulama ini.

Salah satu finalis terfavorit adalah Amelia. Putri cantik kelahiran Makasar, yang masuk Pildacil darl Pesantren Alquran Sangata Taqwa (Paqusata). Malam itu amel begitu lincah bertutur kata, begitu lihai mengaduk aduk perasaan dan jiwa para penonton. Judul yang dibakan adalah Anak Sholeh berbakti kepada orang tua.

Penonton yang hadir adalah jamaah masjid pama, orang tua murid dan beberapa dari masyarakat sekitar mess yang biasa sholat taraweh dimasjid.

Juri dan jamaah tak kuasa menahan airmata saat amelia bercerita tentang kunci surga. Apalagi saat gadis cantik ini memohon doa untuk kesembuhan ayahanda nya yang menderita stroke. Ayah mana yang tidak bangga, siang hari dia belajar dengan keras, cita citanya ingin menjadi dokter hafidzoh, agar bisa mengobati ayahandanya. Sore nya dia belajar Alquran agar bisa menjadi hafidzah, Menjadi dokter yang mulia akhlaknya karena hafal Alquran.

Gadis kecil itu bernama Amelia..
Suaranya nyaring mempesona,
Semangatnya menggelora..membakar dada
Para juri dibuat terpana, jamaahpun meneteskan air mata..

Amelia,
Kau sampaikan kunci surga
ada ditangan orang tua..
Lebih mulia jika dia sedang sakit dirundung duka
Karena menjaganya adalah utama
Kaupun lakukan itu untuk ayahanda,

Amelia,
Malam ini kau menjadi pelipur lara
Dihati kami para orang tua..
Yang sangat jauh dari sempurna

Amelia,
Dari Paqusatta engkau bermula
Menjadikan kami melawan lupa
Dari mana kami berada..
Lupa akan jasa jasa orang tua
Lupa akan pengorbanan dan darahnya
Lupa akan perih dan tangisnya..
Lupa bahwa Ridho Allah ada
karena Ridho Orgtua..
~~~~~
Para juri yang malam itu datang memberikan nilai nyaris sempurna. Dari 5 juri yang ada hanya satu juri yang memberikan nilai 9, 4 yang lain memberikan nilai sempurna 10.

Terimakasih amelia, pildacil ini sejatinya buat kami para orang tua, agar menjadi orang tua yang baik untuk anak anaknya.
(aris pama sangata)

Juni 2017
Muhammad Aris Setiawan


Agenda Terdekat

Rabu, 24 Apr - 16.30 | Tabligh Akbar
Warna-warni Ramadan Ustadz Dery Sulaiman
Musholla Al Hayya - AIHO Astra International Tbk - HO

Berita Terkait