Tarhib Ramadhan Astra “Akankah Ini Menjadi Ramadhan Terbaikku?”

Kajian Tematik
Kamis, 18 Mei 2017, 10:00

Kamis, 18 Mei 2017 ruang Auditorium lantai 3 PT Astra International Tbk – Head Office dipadati oleh muslim Astra dari berbagai anak perusahaan di Jakarta dan sekitarnya. Mereka terlihat antusias mengikuti acara Tarhib Ramadhan tahun ini dengan tajuk “Akankah ini Menjadi Ramadhan Terbaikku?” dengan pembicara Ustadz Bendri Jaisyurahman yang merupakan konselor anak, remaja dan pernikahan di salah satu lembaga konseling Jakarta.
Tarhib Ramadhan ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh PERISAI Astra untuk menyambut hadirnya tamu yang sangat ditunggu-tunggu umat muslim seluruh dunia yaitu bulan ramadhan.
Bulan ramadhan yang spesial tentu tidak ingin dilewatkan begitu saja oleh muslim Astra, terlihat dari antusias mereka yang hadir mengikuti acara hingga akhir, dan aktif bertanya saat sesi tanya jawab berlangsung.
Ustadz Bendri sendiri menyampaikan perihal 7 keutamaan bulan ramadhan, yaitu:
1. Bulan diturunkannya Al-Qur’an
2. Amal sholeh yang berlipat ganda: Seperti yang diriwayatkan oleh HR Bukhori-Muslim “Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu,nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadhan”
3. Bulan penuh keberkahan: Ramadhan memang bulan penuh keberkahan karena dibuka pintu- pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka, dan dibelenggu syaitan- syaitan, serta akan dijumpai suatu malam yang nilainya lebih berharga dari seribu bulan
4. Ramadhan bulan pengampunan dosa: “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan ihtisab, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu.” (HR. Bukhari)
5. Bulan pendidikan untuk mencapai ketaqwaan: “Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang yang sebelum kamu agar kamu bertaqwa (QS. Al Baqarah 183)
6. Dibuka Pintu Surga, Ditutup Pintu Neraka: “Jika datang Ramadhan, maka dibukalah pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka dan syetan dibelenggu.” (HR. Muslim).

7. Terdapat Malam yang Penuh Kemuliaan dan Keberkahan yaitu Lailatul Qadar
“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr 1-3)
Acara tersebut selesai tepat Pkl 20.00 WIB dengan penekanan dari Ustadz bahwa tujuh keutamaan bulan ramadhan tersebut merupakan sebuah keberkahan dan kerahmatan yang diberikan oleh Allah SWT kepada setiap hambanya, tetapi semua itu akan benar-benar menjadi sebuah keutamaan apabila dijalankan dengan benar dan sungguh-sungguh (Red: Murni Anggraeni/ Musholla Al-Hayya AI-HO)