KiBAR- RAMADHAN AT-TARBIYAH 1437 H

Kajian Tematik
Selasa, 7 Juni 2016, 8:30

Kajian Singkat Ba'dha Ashar (KiBAR)

Ikhwaty fidiin, luangkanlah waktu berdzikir dan mendengarkan kultum selepas sholat Ashar berjama'ah, yang dilaksanakan setiap hari di mushala Ukhuwah Taqwa UTNB dan HO.
Selain sebagai bentuk amal ma’ruf dan nahi munkar, kegiatan ini juga sebagai bentuk pengamalan dari kewajiban berdak’wah sesuai kemampuan yang diamanahkan kepada para pimpinan kita.
Semoga percikan ilmu dan semangat berbagi ini menjadi tonggak semangat mencari tetesan-tetesan ilmu untuk berdak'wah dari setiap insan AHEME.

=========================
Berdakwahlah Sesuai Kemampuan

Setiap kita punya kewajiban untuk berdakwah. Harus ada yang menunaikannya di suatu negeri. Jika tidak ada yang menunaikan dakwah, maka semuanya berdosa. Jika sudah ada yang menunaikan, maka yang lain gugur kewajibannya. Namun dakwah di sini sesuai kemampuan. Karena demikianlah yang namanya kewajiban. Para ulama memberikan kaedah, “Kewajiban itu tergantung pada kemampuan”. Demikianlah dalam dakwah.

Allah azza wa jalla berfirman :

كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ

“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah” (QS. Ali Imron: 110).

وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلًا مِمَّنْ دَعَا إِلَى اللَّهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَقَالَ إِنَّنِي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang menyerah diri?” (QS. Fushshilat: 33).

وَأْمُرْ بِالْمَعْرُوفِ وَانْهَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَاصْبِرْ عَلَى مَا أَصَابَكَ إِنَّ ذَلِكَ مِنْ عَزْمِ الْأُمُورِ

“Dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah)” (QS. Luqman: 17).

Wallohu bishawab

Dipetik dari : rumaysho.com/berdakwahlah-sesuai-kemampuan